Kenalan sama Mugi Tanaka, Anime Creator yang Menginspirasi

9 months ago
Sumber: park-harajuku.com

Yang punya cita-cita jadi Anime Creator, kenalan sama Mugi Tanaka yuk! Cewek berumur 26 tahun ini bakal menginspirasi kamu dengan kisah perjalanannya sampai ia berhasil menjadi pembuat anime. Awalnya, Tanaka bekerja sebagai sales di perusahaan percetakan kecil di Tokyo sambil terus mendalami hobinya sebagai penggemar style anime. Dalam waktu beberapa tahun, sudah ada beberapa hasil komik karya Tanaka yang di-publish. Saat itu, komiknya masuk ke dalam market pasaran komik Indie. Saat menghadiri acara Comiket untuk para animator Indie, pemilik PARK (toko baju dengan tema Harajuku dan Anime) mampir ke stand Tanaka dan sangat menyukai hasil karyanya. Akhirnya Tanaka diminta untuk menggambar karakter mascot khusus untuk PARK dan malah berkesempatan untuk bekerja di Crunchyroll sebagai animator dalam pembuatan sebuah ilustrasi mascot.

Maskot karya Tanaka untuk PARK’s store di Harajuku. Source : park-harajuku.com

Maskot karya Tanaka untuk PARK’s store di Harajuku. Source : park-harajuku.com

Oya, sedikit info mengenai PARK. PARK merupakan toko baju dengan perpaduan fashion, otaku dan creation. Toko ini cukup populer di Harajuku, begitu pula dengan ketiga karakter maskotnya buatan Mugi Tanaka.

Produk T-shirt yang bergambarkan salah satu karakter mascot. Source 5: animeherald.com

Produk T-shirt yang bergambarkan salah satu karakter. Source : animeherald.com

Awal mula Tanaka menjadi otaku dimulai sejak Ia menonton Gundam Seed sekitar 10 tahun lalu. Semenjak jadi otaku, Tanaka juga mulai tertarik dengan banyak video game. Video game yang sering dimainkan membuat Ia terinspirasi dengan artwork atau seni ilustrasi anime. Lalu inspirasi itu dipakai sebagai motivasi Tanaka dalam berlatih menggambar karya anime. Sejak sekolah dasar, ia memang mempunyai hobi menggambar yang didukung pula dengan pekerjaan orang tua Tanaka yang notabene adalah pemilik toko buku bekas. Jadi Ia sering banget menghabiskan waktu untuk membaca dan melihat gambar dari buku sejak masih berumur 5 tahun. Tanaka mengaku kalau karyanya dipengaruhi oleh hasil karya fan art buatan Tohou seperti Mota dan John Hathway.

Sumber: park-harajuku.com

Sumber: park-harajuku.com

Style dari hasil karya Tanaka berasal dari inspirasinya di kehidupan sehari-hari. Misalnya pakaian dari anime buatan Tanaka berasal dari baju yang ia baru beli di sebuah toko. PARK juga mempunyai karakter mascot dengan gaya fashion yang unik. Ada Rito Sudou yang suka mengenakan gaya street fashion, Kotoko Watatsumugi dengan preppy style yang dipakai, dan ada Mari Shirako yang dikenal akan Lolita fashion. Muncul juga objek unik dalam ilustrasi anime buatannya seperti pistol mainan Nerf yang Tanaka ingat seru banget saat main itu dengan teman-temannya dulu. Staff dari PARK meminta Tanaka untuk membuat karakter yang menggambarkan kebiasaan anak SMP. Hal ini pun diterapkan Tanaka dengan karakternya yang terlihat terus-terusan belajar.

Sumber: park-harajuku.com

Sumber: park-harajuku.com

Setelah Tanaka menggambar untuk karakter mascot dari PARK, bakatnya diakui oleh Crunchyroll. Ia pun diberi kesempatan untuk menerbitkan novel ilustrasi berjudul ‘PARK: Harajuku Crisis Team!’. Baru-baru ini, Mugi Tanaka baru aja merilis art book berjudul URBAN yang berisi ilustrasi berwarna dengan isi 130 halaman. Di dalam bukunya juga berisi perjalanan Tanaka sejak jadi karyawan biasa hingga membuat TV anime series CO;RYU dan URAHARA dengan karakter mascot PARK. Menginspirasi banget kan guys? Terus berkreasi dengan hasil karyamu ya!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: immediate.co.uk

10 Mantra Harry Potter yang Memiliki Manfaat Besar Bila Digunakan di Dunia Nyata

Nyatanya, seperti yang kita baca di novelnya atau lihat di filmnya, terdapat juga beberapa mantra yang memiliki manfaat .. more

Astro Boy dan Osamu Tezuka (dailygeekshow.com)

Osamu Tezuka, “The Godfather Of Manga”

Sebagai pecinta komik sejati, Kamu perlu kenalan sama seorang sensei yang keren banget. Siapa dia? Tidak lain dan tidak .. more

Sumber: coproductionoffice.eu

Seni Kontemporer yang Diolok-Olok dalam Film The Square

The Square memberitahu kita, bahwa seni bisa datang dari mana saja. Khususnya seni kontemporer. .. more

Kunjungan Tim CIAYO Comics kedua kalinya ke Bumi Langit (CIAYO Pictures)

CIAYO Comics Merapat ke Bumi Langit, Sarang Superhero dan Pendekar

Bumi Langit? Ketemu superhero dan pendekar?.. more

Sumber: fr.ign.com

Lagi Cari Tema Komik yang Asik? Cobain Deh Tema Komik Anti-Mainstream ini!

Kalau kamu merasa bingung dan mumet pikirannya saat menentukan tema yang akan di pakai, cobain deh bikin komik dengan me.. more