Kenali Dulu Concert Hall Ini Sebelum Kamu Nonton Konser Di Jepang

1 year ago
(Sumber: tumblr)

Di Jepang, ada lebih dari 70 arena indoor yang dipakai untuk menggelar acara musik. Sedikit berbeda dengan Indonesia, masyarakat Jepang menkategorikan tingkat kepopuleran idol dan pemusik dengan ukuran venue concert hall yang digunakan untuk show. Jika kamu ada rencana untuk nonton konser di Jepang, informasi ini penting banget untuk diketahui. Terutama kalau kamu adalah salah satu penggemar musik Jepang atau JPOP. Karena masing-masing venue mempunyai view, kapasitas dan euphoria juga otomatis berbeda. Makanya kenali dulu yuk venue-venue di Jepang di bawah ini.

1. Tokyo Dome

(Sumber: onehallyu.com)

(Sumber: onehallyu.com)

Stadium ini terletak di daerah Bunkyo, Tokyo. Pertama kali dibuka pada tahun 1988. Tokyo Dome mampu menampung kapasitas penonton kurang lebih berjumlah 55.000 orang (tergantung dengan tata panggung dan kursi penonton). Artis yang berani menggelar konser di stadium ini biasanya tergolong artis papan atas yang punya penggemar lebih dari puluhan ribu di seluruh Jepang. Karena itulah banyak banget penyanyi yang menggantungkan mimpi untuk bisa melakukan show di Tokyo Dome. Sebuah prestasi tersendiri bagi pemusik kalau sudah melakukan konser di Tokyo Dome, karena secara gak langsung mereka menggelar acara musik di tempat yang sama dengan pemusik dunia seperti: Mick Jagger, Bon Jovi, dan Michael Jackson yang pernah menggelar konser tour disana. Artis besar Jepang seperti L’Arc~en~Ciel dan Hey! Say! JUMP juga sudah mencicipi stadium terbesar di Jepang ini. Ada banyak idol Kpop juga yang berlomba untuk menggelar konser di Tokyo Dome.

2. Fukuoka Dome

(Sumber: tumblr)

(Sumber: tumblr)

Sebenarnya Fukuoka Dome dipakai sebagai stadium baseball dengan kapasitas lebih dari 35000 kursi penonton. Dome ini dibuat berdasarkan sponsorship. Selain menjadi lapangan olahraga baseball, Fukuoka Dome juga sering digunakan untuk acara konser dan event-event besar di Fukuoka. Michael Jackson pun pernah menggelar konser empat kali pada tahun 1990an di venue ini. Fukuoka Dome juga menjadi tempat dimana Frank Sinatra terakhir melakukan konser di tahun 1994. Idol-idol yang pernah melakukan konser di venue ini antara lain AKB48 serta boyband Kpop yaitu Bigbang dan JYJ.

3. Nippon Budokan

(Sumber: aflowerinjapan.com)

(Sumber: aflowerinjapan.com)

Struktur octagonal dari Nippon Budokan terinspirasi dari Hall of Dream di Kuil Horyuji, Nara. Hal ini terlihat dari bangunannya yang sangat kental dengan aksen tradisional Jepang. Kapasitas dari Budokan dapat menampung kurang lebih 15000 orang. Awalnya, Budokan sendiri dibuat untuk kompetisi Judo di tahun 1964 dalam acara Tokyo Olympics. Budokan punya kesan tersendiri bagi artis maupun penggemar musik yang datang untuk menonton konser. Mengapa? Karena venue ini sudah berdiri lebih dari 40 tahun dan menjadi saksi bisu pertunjukkan Bob Dylan, Sadao Watanabe, Utada Hikaru dan nama besar lainnya. Venue Nippon Budokan terletak di Chiyoda, Tokyo.

4. Makuhari Messe

(Sumber: en.barks.jp)

(Sumber: en.barks.jp)

Convention Center atau gedung serbaguna ini berlokasi sangat dekat dengan Tokyo Disney Resort di Urayasu, tepatnya di Chiba City. Dengan kapasitas lebih dari 7000 kursi, bangunan Makuhari Messe jadi tempat berbagai acara musik, acara olahraga, Expo anime dan event games yang dibuka secara internasional. Saking besarnya, gedung ini hampir terlihat seperti bandara. Venue ini biasanya menjadi favorit bagi para band musik rock Jepang karena speaker yang jernih dan terdengar menggema. Cocok banget nih, kalau kamu pengen denger musik penuh dengan instrument.

5. Zepp Hall

(Sumber: wowjapan.asia)

(Sumber: wowjapan.asia)

Zepp Music Hall adalah sebutan untuk kumpulan dari banyak aula musik di seluruh Jepang. Ada Zepp Sapporo, Sendai, Tokyo, Nagoya, Osaka, dan Fukuoka. Kapasitas masing-masing hall berjumlah 1500 sampai 2700 kursi penonton. Hall ini memang agak kecil kalau dibanding dengan venue yang lain. Zepp hall merupakan buatan Sony Music Entertaiment Jepang. Sony Music sudah mulai memperluas jaringan Zepp diseluruh asia seperti Singapura dan Kuala Lumpur. Zepp merupakan hall awal bagi artis yang baru ingin melakukan debut di Jepang atau baru memulai tur konser keliling Jepang.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Anime Dragon Ball yang Terbaru: Membawa Son Goku ke Level Berikutnya

Bro Sis ada yang tahu gak, kalo sampai sekarang Goku dan kawan-kawan masih berpetualang dalam seri Dragon Ball terbaru .. more

Rediscover: Fear

Hanya tinggal 2 minggu tersisa sebelum CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dimulai. Kalau kamu belum punya ide komik bertema R.. more

00-d-reverse-project

Reverse Project: Kisah Post Apocalypse Dalam Sajian Artwork dan Musik

Reverse Project menggabungkan elemen ilustrasi dan musik untuk menyampaikan cerita bertema post apocalypse... more

Steam, perusahan milik Valve (Sumber: legitreviews)

Steam Mulai Memalak Developer Game $100 Per Game

Steam mengumumkan di web resminya bahwa Steam Greenlight resmi digantikan dengan Steam Direct mulai 13 Juni 2017... more

Belum Hadir di TV, Respon Negatif Muncul Untuk Produce 48

Mnet baru saja mau mencoba proyek idol survival show terbaru di tahun 2018 nanti. Bernama “PRODUCE 48”, acara ini na.. more