Kesan Awal TV Anime GeGeGe no Kitaro Versi Terkini 2018

5 months ago
(Sumber gambar: HorribleSubs)

Oleh: @HarryRezqiano

Sudah nonton TV anime pengganti Dragon Ball Super (yang memasuki masa hiatus), “GeGeGe no Kitaro”?Anime action supranatural ini di adaptasi dari manga klasik bertema yokai (makhluk halus budaya Jepang yang juga sering dijadikan background IP pop culture seperti video game) ciptaan mendiang mangaka senior Shigeru Mizuki.

Makhluk halus budaya Jepang. (Sumber gambar: HorribleSubs)

Makhluk halus budaya Jepang. (Sumber gambar: HorribleSubs)

Sebelum adaptasi tahun 2018, manga GeGeGe no Kitaro sudah pernah dibuat versi animenya beberapa kali. Mulai tahun 1968 (saat itu dalam format hitam putih) hingga 2007. Wajar jika akhirnya terjadi beberapa perubahan desain pada karakter-karakter yang ada di GeGeGe no Kitaro. Walau perubahan yang terjadi tidak drastis hingga menghilangkan ciri khas jati diri yokai di serial ini.

Kitaro tetap dengan ‘geta’ (sandal kayu Jepang yang menimbulkan suara khas saat digunakan berjalan) sebagai alas kaki. Medama no Oyaji juga masih berbentuk bola mata gede dengan body yang kecil. Dan Neko Musume… Oke Neko Musume memang mengalami perubahan desain yang mengakibatkan tampilannya lebih ‘moe’ alias imut jika dibandingkan versi-versi sebelumnya (terutama versi 1968 dimana Neko Musume terlihat sedikit lebih seram dengan sorot mata laksana kucing). Tapi ciri khas dia masih tetap ada, seperti warna dan model baju yang sama.

Neko Musume dari masa ke masa. (Sumber gambar: Facebook)

Neko Musume dari masa ke masa. (Sumber gambar: Facebook)

Tak hanya perubahan desain karakter, GeGeGe no Kitaro versi 2018 juga mengadaptasi kondisi dan situasi yang lebih modern. Seperti misalnya penggunaan blog dan smartphone. Smartphone jelas bukan sesuatu yang lumrah di tahun ‘60-an seperti di tahun 2018 ini. Dan gap yang terjadi tereksplorasi dengan baik secara komikal melalui kebingungan Medama no Oyaji saat menggunakan benda itu.

Saat yokai melihat smartphone. (Sumber gambar: HorribleSubs)

Saat yokai melihat smartphone. (Sumber gambar: HorribleSubs)

Ada pula penambahan tokoh baru Mana Inuyama. Saya enggak terlalu familiar dengan lore di GeGeGe no Kitaro, tapi setahu saya Inuyama merupakan karakter baru yang diciptakan untuk anime versi 2018 ini.

Mana Inuyama. (Sumber gambar: HorribleSubs)

Mana Inuyama. (Sumber gambar: HorribleSubs)

Karakter Mana Inuyama digambarkan sebagai cewek sekolahan yang tegas dan ‘seigi’ alias menjunjung keadilan dan membela yang lemah. Saat Jepang dikejutkan oleh fenomena tumbuhnya pohon-pohon mistis (termasuk tengah-tengah landmark Tokyo “Shibuya Cross”) yang berasal dari manusia, tetangga Mana Inuyama yang bernama Yuuta percaya kalau itu adalah ulah yokai yang jahat.

Pohon misterius tumbuh mendadak di Shibuya Cross! (Sumber gambar: HorribleSubs)

Pohon misterius tumbuh mendadak di Shibuya Cross! (Sumber gambar: HorribleSubs)

Berawal dari iseng dan tidak terlalu yakin, mereka kemudian mengirim surat kepada Kitaro melalui Mailbox Yokai untuk meminta pertolongan. Tidak disangka Kitaro beneran datang! Mana Inuyama yang setengah percaya akan keberadaan yokai akhirnya jadi percaya saat dia melihat sendiri yokai yang mengubah orang-orang di Shibuya menjadi pohon.

Menurut Medama no Oyaji, jika seseorang percaya akan keberadaan yokai, maka dia akan mampu melihat makhluk halus tersebut. Dan kondisi tersebut terjadi pada Mana Inuyama.

TV anime GeGeGe no Kitaro baru rilis satu episode saja sehingga perjalanan masih panjang. Masih banyak karakter yang belum muncul; walaupun sepertinya yang memberikan informasi soal Yokai Mailbox melalui internet kepada Mana Inuyama adalah Neko Musume. Ada pula sosok-sosok misterius lain yang sepertinya akan menjadi ‘yokai villains’ di serial terbaru ini.

Siapa dia?! (Sumber gambar: HorribleSubs)

Siapa dia?! (Sumber gambar: HorribleSubs)

Konsep yang digunakan di anime 2018 GeGeGe no Kitaro sepertinya mirip konsep ‘satu episode satu musuh’ ala genre mahou shojo. Di episode perdana kita bisa lihat Kitaro yang mengalahkan yokai penghisap darah manusia dan mengubahnya menjadi pohon: Nobiagari. Pertempuran seru antara Kitaro dengan Nobiagari dapat terlihat oleh Mana karena dia percaya akan keberadaan yokai.

Kitaro selain menggunakan senjata andalannya “Remote Controlled Geta” serta “Spirit Hair Chanchanko” (yang mirip cambukan dengan memanfaatkan rompi) dia juga menggunakan “Hair Needles” alias jarum-jarum yang berasal dari rambut. Dan sebagai finishing move, Kitaro menggunakan “Finger Gun” ; yang menurut saya mirip “Reigan” Urameshi Yusuke (dari manga/anime favorit saya Yu Yu Hakusho; tapi sepertinya Kitaro yang lebih dulu memakai teknik ini karena Kitaro lahir duluan sebelum Yu Yu Hakusho). Keren!

 Bukan Reigan! (Sumber gambar: HorribleSubs)

Bukan Reigan! (Sumber gambar: HorribleSubs)

Untuk fans Dragon Ball Super mungkin bisa menikmati serial baru ini. Apalagi seiyuu Medama no Oyaji adalah seiyuu So Goku juga. Lumayan masih bisa mendengar suara Masako Nozawa-sensei yang legendaris. Fun fact: Nozawa-sensei adalah seiyuu Kitaro di era 60-an!

GeGeGe no Kitaro. (Sumber gambar: Pinterest)

GeGeGe no Kitaro. (Sumber gambar: Pinterest)

GeGeGe no Kitaro adalah satu dari begitu banyak cara orang Jepang dalam mengolah budaya asli mereka ke dalam medium entertainment. Indonesia entah kapan bisa sampai ke level ini?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00 game boy desktop

Game Boy: Konsol Handheld Anak Emas Nintendo

Sebelum Switch, 3DS dan DS, Nintendo sudah jadi raja video game handheld. Semuanya berkat Nintendo Game Boy... more

presdir nintendo d

Profil Presiden Baru Nintendo: 11 Tahun Tinggal Di Jerman

Di bulan Juni tahun 2018 nanti, jabatan prestisius Presiden Nintendo Co. Ltd akan dipegang oleh Shuntaro Furukawa, eksek.. more

Sumber: www.wired.com

Banyak Kejutan Menanti di Film “Star Wars: Last Jedi”

Bro sis penggemar Star Wars sebentar lagi akan dimanjakan dengan seri film terbaru Star Wars yang berjudul “Star Wars:.. more

thumb-1

Kamu Penggemar Bleach? Siap-siap Untuk Film Bleach Live Action!

Aksi Ichigo Kurosaki sebagai seorang shinigami akan diwujudkan jadi kenyataan. Film Bleach live action akhirnya tampil l.. more

Jalanan yang bersih dan tertata. (Sumber: fecielo)

Ternyata Inilah Alasan Mengapa Orang Jepang Sangat Menjaga Kebersihan!

Kalau jalan-jalan ke Jepang, kita bisa dengan mudah menemukan tempat pemandian air panas untuk umum maupun private. Temp.. more