Kesan Awal TV Anime Terbaru Lupin The Third: Part 5

2 months ago
Sumber: HorribleSubs

Serial Lupin The Third adalah satu dari beberapa serial manga atau anime klasik favorite saya sejak lama. Sepertinya semua anime dan movie dari franchise ciptaan Monkey Punch ini sudah pernah saya tonton. Diciptakan sejak 1967, Lupin The Third alias Lupin Sansei tetap mampu menyesuaikan diri dengan modernisasi dunia. Seperti franchise James Bond, Lupin The Third dapat dinikmati di segala era. Tidak akan pernah terasa ketinggalan jaman.

Sebagai salah satu fans lama, tentu saja saya girang saat pengumuman kalau TV anime Lupin The Third terbaru akan rilis di bulan April 2018.

Sumber: HorribleSubs

Sumber: HorribleSubs

Bersama-sama dengan anime klasik lainnya yang mendapat season baru seperti GeGeGe no Kitaro, Lupin The Third menjadi salah satu TV anime musim ini yang tidak boleh dilewatkan.

Tapi perlu diingat, kalau anime “GeGege no Kitaro” adalah anime yang ditujukan untuk semua umur. Sementara Lupin The Third, sejak dulu, merupakan anime dengan target pasar penonton usia dewasa. Atau setidaknya remaja. Anime ini sama sekali tidak diperuntukkan untuk penonton anak-anak, yang belum mampu mencerna tontonan dengan baik.

Anime komedi aksi untuk pemikiran dewasa. (Sumber: HorribleSubs)

Anime komedi aksi untuk pemikiran dewasa. (Sumber: HorribleSubs)

Episode perdana TV anime Lupin The Third: Part 5 baru saja ditayangkan dan beredar luas di internet.

Seperti di trailer iklan yang sebelumnya bisa dilihat di YouTube, Lupin The Third: Part 5 berlokasi di Perancis. Atau mungkin tidak hanya di kota Paris? Masih belum jelas. Lupin The Third: Part 4 sebelumnya mengambil setting di Italia. Mungkin wilayah Eropa jadi favorit untuk ‘lokasi syuting’ TV anime ini, karena Lupin The Third biasa berkeliling dunia.

CD Soundtrack Lupin The Third: Part IV. (Sumber: MusicBazaar)

CD Soundtrack Lupin The Third: Part IV. (Sumber: MusicBazaar)

Dari episode awal bisa terlihat kalau tokoh-tokoh sentralnya masih ada dan tak tergantikan. Lupin The Third masih dengan jas, kemeja dan dasi yang menjadi   dia. Kanichi Kurita masih menjadi nyawa alias seiyuu dari karakter ini. Jigen Daisuke (seiyuu: Kiyoshi Kobayashi), Ishikawa Goemon XIII (seiyuu: Daisuke Namikawa), Mine Fujiko (seiyuu: Miyuki Sawashiro) & Zenigata (seiyuu: Kouichi Yamadera) juga masih muncul seperti di anime-anime sebelumnya.

Para tokoh utama franchise Lupin The Third. (Sumber: HorribleSubs)

Para tokoh utama franchise Lupin The Third. (Sumber: HorribleSubs)

Miyuki Sawashiro bahkan menyanyikan ED song berjudul “Seine no Kaze ni… (Adieu)”. Sementara untuk OP theme, seperti biasa, ini merupakan ‘jatah’ untuk maestro Yuji Ohno. Kali ini rendition beliau diberi judul “Lupin Trois 2018” dan masih bernuansa jazzy lengkap dengan alunan melodi alat musik accordeon khas Perancis.

OP theme Lupin The Third selalu diisi oleh Yuji Ohno. (Sumber: HorribleSubs)

OP theme Lupin The Third selalu diisi oleh Yuji Ohno. (Sumber: HorribleSubs)

Beberapa perubahan bernuansa modern langsung terasa, seperti penggunaan teknologi IT yang modern, jika dibandingkan anime-anime dulu. Pemakaian tablet, smartphone dan internet dan media sosial yang berperan penting dalam cerita (setidaknya di episode awal ini).

Media sosial dan internet jadi tema penting kali ini. (Sumber: HorribleSubs)

Media sosial dan internet jadi tema penting kali ini. (Sumber: HorribleSubs)

Salah satu lainnya yang menarik adalah ‘objek pencurian’ yang akan di maling oleh team Lupin The Third. Objek tersebut adalah crypto currency alias mata uang digital kriptografi seperti Bitcoin dan sejenisnya. Hal ini semakin menambah nuansa modern pada Part 5 ini.

Uang digital atau uang lembaran, sama saja. (Sumber: HorribleSubs)

Uang digital atau uang lembaran, sama saja. (Sumber: HorribleSubs)

Seperti yang diketahui, Lupin The Third adalah seorang maling. Bukan sembarang maling, pastinya. Lupin adalah maling penuh gaya dan selalu melakukan aksinya secara ‘flashy’ alias jor-joran.

Bukan sembarang maling. (Sumber: HorribleSubs)

Bukan sembarang maling. (Sumber: HorribleSubs)

Karena itu pula dia dan timnya selalu jadi buronan tim ICPO alias Interpol yang dipimpin oleh Inspektur Zenigata. Kejar-kejaran antara Lupin dan Zenigata selalu berakhir dengan berhasil kaburnya Lupin.

Inspektur Zenigata dari ICPO selalu gagal menangkap Lupin The Third. (Sumber: HorribleSubs)

Inspektur Zenigata dari ICPO selalu gagal menangkap Lupin The Third. (Sumber: HorribleSubs)

Konsep di Part 5 ini hampir sama seperti Part 4, di mana satu episode tidak ‘selesai’ begitu saja karena langsung bersambung ke episode berikutnya. Jadi petualangan tim Lupin The Third akan terasa seamless dan membuat penasaran akan kelanjutannya. Di tambah lagi adanya tokoh baru seperti Ami (yang sepertinya seorang hacker) dan kelompok misterius yang mengendalikan situasi dari balik layar akan membuat Part 5 ini semakin menarik untuk diikuti.

Hacker misterius Ami. (Sumber: HorribleSubs)

Hacker misterius Ami. (Sumber: HorribleSubs)

Untuk yang belum familiar dengan Lupin The Third, mungkin perlu melihat edisi-edisi sebelumnya untuk mengenali model cerita anime ini. Tidak punya banyak waktu untuk menonton TV anime versi lamanya? Ada banyak OVA dan Theatrical dari Lupin The Third untuk ditonton; termasuk saat duet bareng icon terkenal lainnya, Detektif Conan, di “Lupin vs Conan”. Atau tonton film bioskop Lupin The Third yang dibintangi aktor keren Jepang Shun Oguri. Dijamin terhibur!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Siap-siap, Komik Terbaru Vandaria Saga “Red Deimos” Akan Diluncurkan

Komik terbaru dari seri Vandaria Saga akan segera diluncurkan di CIAYO Comics. Dengan judulnya yaitu Red Deimos, komik i.. more

Boku dake ga Inai Machi (Erased). Sumber: myanimelist

5 Rekomendasi Anime Bergenre Psychological

Banyaknya anime dengan konsep romance, fantasy, comedy dan yang itu-itu aja pernah ngebuat kamu bosan ga sih? Nah, kala.. more

Nintendo Kembali Kena Tuntutan Hukum!

Gamevice menuntut Nintendo karena desain Joycon dari Nintendo Switch meniru desain produk mereka. Tuntutan mereka tidak .. more

ANIMETOKU CON 2017

Sepinya ANIMETOKU CON 2017. Kenapa Ya?

Kalau dengar kata “toys” dan “games” semua orang kayaknya suka. Apalagi bro sis yang pecinta mainan. Nah, tangga.. more

Berlari seperti Naruto. Sumber gambar: centraltrack.com

[TRENDING] Yuk, Intip Kehebohan Naruto’s Run dan Scream Like Goku!

Naruto’s Run dan Scream like Goku. Internet memang merupakan tempat yang ajaib. Banyak hal yang lahir dan populer .. more