Ketika Meme Terus Berputar di Kepala

3 months ago
meme desktop

Sebelum berangkat pergi, kamu menyempatkan diri untuk menonton sebuah video clip populer yang muncul di kolom suggestion aplikasi Youtube milikmu. “Intronya catchy ya.” Pikirmu sambil terus mendengarkan lagunya. Setelah selesai, kamu berangkat pergi dan menaiki angkutan umum seperti biasanya. Eh, di angkutan umum itu juga lagu yang sama diputar. Kamu kemudian berasumsi kalau lagu itu memang sedang populer dan ikut mendengarkannya juga.

Sesampainya di tempat tujuan, malah lagu itu yang berputar sendiri di kepalamu. Padahal tidak ada yang menyetel lagunya sama sekali. Awalnya kamu merasa biasa saja. Ya, anggap lah mendengarkan musik tanpa ear phone. Tapi lagu itu terus berulang dan tidak bisa lepas dari kepala sampai membuatmu risih. Aduh, gimana nih?

Teret Tet Tet Tet Teret (sumber: polka)

Teret Tet Tet Tet Teret (sumber: polka)

Fenomena earworm seperti itu terjadi pada lebih dari 90% orang. Biasanya objek earworm adalah lagu-lagu pop yang populer dan memang sengaja dibuat supaya mudah diikuti sehingga akhirnya mudah terpatri di kepala kita. Tapi selain dari sekedar lagu pop, justru ada objek lain yang punya kemungkinan lebih besar untuk jadi earworm dan mungkin akan sangat lebih mengganggu juga. Apa itu? Tentu saja meme.

We’re No Strangers To Love… (sumber: inverse)

We’re No Strangers To Love… (sumber: inverse)

Semua ide yang terus menerus disampaikan secara berulang bisa disebut meme. Meme biasanya berupa gambar, tapi ada juga yang berupa musik dan video. Meskipun kebanyakan meme dibuat sebagai bahan tertawaan, banyak juga objek yang menjadi meme hanya karena terlalu populer sampai jadi redundant atau sekedar membuatmu bertanya kenapa. Misalnya seperti Globglogabgalab dan ketika kamu terlalu banyak kehilangan.

Karena popularitas meme dan cara penyampaiannya yang berulang-ulang, akan sangat besar kemungkinan bagi sebuah meme untuk menempel di otak. Karenanya juga meme tersebut punya kemungkinan lebih besar untuk jadi earworm. Selain itu, meme earworm  juga bisa dipicu dengan maraknya trigger berupa potongan gambar atau lirik yang mengingatkan kita pada objeknya. Mungkin kita lebih familiar dengan sebutan “gambar yang bisa kau dengar” dari fenomena tersebut.

Dr. Pavel… (sumber: 4plebs)

Dr. Pavel… (sumber: 4plebs)

Sebutan ilmiah bagi fenomena mendengar gambar adalah Visually Evoked Auditory Response (vEAR). Singkatnya, manusia bisa mendengar melalui penglihatan. Hal itu terjadi karena kita pernah mendengar sesuatu yang memiliki hubungan dengan objek yang kita lihat, sehingga otak kita dengan cepat berusaha menghubungkan relasi di antara keduanya.

I DID NOT- (sumber: youtube)

I DID NOT- (sumber: youtube)

Selain bisa menghubungkan indra penglihatan dengan pendengaran, manusia juga punya kemampuan untuk menghubungkan indra-indra lainnya lho. Misalnya, beberapa orang mampu merasakan manis dan segarnya minuman seperti mereka sedang meminumnya sendiri setiap kali melihat iklan sirup. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh pihak marketing produk minuman dan makanan untuk memberikan presentasi produk pada iklan sebaik mungkin agar bisa membuat target konsumennya ngiler duluan, terlepas dari apakah presentasi produk aslinya sebagus di iklan atau tidak.

Apakah Kau Merasakan Kesegarannya? (sumber: youtube)

Apakah Kau Merasakan Kesegarannya? (sumber: youtube)

Cara untuk menghentikan relasi antar indra khususnya gambar yang bisa didengar dan juga earworm hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Solusi sementaranya adalah mencari distraksi dan tidak mengosongkan pikiran agar otak kita tidak langsung memutar memori akan lagu atau meme yang dimaksud. Namun terkadang solusi tersebut gagal untuk beberapa orang dan akhirnya tetap saja sangat terganggu dengan meme yang terus berputar di kepala. Maka dari itu kawan, vEAR the memes.

About Author

Nana Hanifah

Nana Hanifah

Salah satu penulis dalam circle Rimawarna. Baru lulus SMA dan sekarang butuh uang karena supply uang jajan berhenti.

Comments

Most
Popular

Sumber: fandompost.com

Kappa: Siluman Air dari Jepang yang Mendunia, Nyata atau Tidak?

Pernah dengar legenda dari Jepang tentang makhluk siluman bernama Kappa? Kappa memiliki arti river child yang berasal da.. more

Faza Meonk & Walikota Seoul, Park Won Soon (pionicon.com/blog)

Faza Meonk, Duta Pariwisata Kehormatan Seoul

Kalo yang udah follow Instagramnya, pasti tahu dong timeline nya kemaren-kemaren. Faza main ke Korea!.. more

QuirkByte

Sama-Sama DC, Tapi Kenapa Arrow-verse Jauh Lebih Dipuja Ketimbang DCEU?

Walaupun dunia sinematik DC dan ranah serial TV DC, Arrowverse, sama-sama properti DC, namun kenyataannya, Arrowverse le.. more

BEKRAF Game Prime 2017, Hari Raya Bagi Gamers dan Insan Kreatif

BEKRAF Game Prime 2017 sukses digelar. Tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bekerjasama dengan Duniaku Network dan .. more

20 Film Yang Bersaing Di Golden Globe Dengan Kategori Berbeda. Ada Favoritmu?

Tahun ini acara penghargaan untuk insan perfilman dunia yaitu Golden Globe Awards memasuki tahun ke 75. Akan banyak film.. more