Kimono Bikin Kim Kadarshian Ditegur Wali Kota Kyoto, Kok Bisa?

3 months ago
00-kim-kimono-thumb

Kim Kadarshian, siapa sih yang gak kenal dia? Mempunyai nama asli Kimberly Noel Kardashian West, Kim merupakan seorang aktris, bintang reality show, model dan sosialita berkebangsaan Amerika Serikat. Kim dikenal publik di dalam serial yang ditayangkan E! sebuah acara reality show yang berjudul Keeping Up with the Kardashians. Acara yang membahas kehidupan sehari-hari dalam keluarga Kardashian.

Kim_Keluarga Kadarshian
Sumber: Independent.co.uk

Kim juga dikenal dengan bisnisnya KKW Beauty yang pada 2018 telah memiliki keuntungan 1,4 triliun rupiah, selain itu ada juga game Kim Kardashian: Hollywood serta bisnis real estate yang dijalani bersama sang suami Kanye West.

Namun, dibalik prestasinya, Kim juga dikelilingi berbagai skandal dalam hidupnya.  Saudari kandung dari Kourtney, Khloé, Kendall dan Kylie ini mempunyai kisah hidup yang rumit. Mulai dari Ayah kandungnya yang meninggal karena kanker, video syur bersama Ray J yang bocor di internet hingga ayah tirinya yang menjadi transgender.

Kim Kadarshian dan Skandal, Seperti Tak Bisa Dipisahkan, Kali ini Kimono

Kim Kadarshian Baru Saja Merilis Produk Shapewear dengan Nama Kimono

Kim_KimonoScandal
twitter.com/KimKadarshian

Baru-baru ini, Kim Kadarshian sepertinya menambah daftar skandalnya. Pada hari Selasa, Kim memamerkan potongan busana koleksi terbarunya di media sosialnya. Kim memang sedang mengembangkan sebuah bisnis baru pakaian dalam.

Dia mengaku terinspirasi dari kesulitannya mencari pakaian dalam yang cocok ketika hendak mengenakan dress atau rok. Kurangnya ragam bentuk dan warna yang beredar di pasaran membuat Kim ingin mencari solusi dengan membangun brand-nya sendiri. Brand ini pun diberi nama ‘Kimono’. Terus kenapa?

Kim Dituduh Melakukan Perampasan Budaya Hingga Dapat Kecaman Netizen

Kim_Kimono
Sumber: Los Angeles Times

Kim dituduh melakukan perampasan budaya. Kim dikecam karena menggunakan nama Kimono untuk merek pakaian dalamnya ini. Padahal seperti yang kita tau, kimono merupakan busana tradisional Jepang. Pastinya kimono memiliki makna kuat dan sakral. Netizen pun mempertanyakan mengapa Kim menggunakan nama kimono untuk busana yang sama sekali jauh dari kimono Jepang. 

Menurut laporan AS, tahun lalu Kim mengajukan hak paten dengan nama Kimono Intimates. Hak paten inilah yang juga membuat banyak orang kesal. Beberapa orang menyatakan kemarahannya karena nama koleksi tersebut. Hal ini dianggap sebagai contoh dari ketidaktahuannya. 

Terdengar Hingga Ke Wali Kota Kyoto

Kim_Wali Kota Kyoto
Sumber: Japan Forward

Hashtag #KimOhNo pun mulai ramai di twitter. Sepertinya memang kekuatan netizen twitter begitu besar. Rupanya hal ini juga sampai ke telinga wali kota Kyoto, Daisaku Kadokawa.

View this post on Instagram

Ms. Kim Kardashian West Kimono Intimates, Inc. I am writing this letter to convey our thoughts on Kimono and ask you to re-consider your decision of using the name Kimono in your trademark. Kimono is a traditional ethnic dress fostered in our rich nature and history with our predecessors’ tireless endeavours and studies, and it is a culture that has been cherished and passed down with care in our living. Also, it is a fruit of craftsmanship and truly symbolizes sense of beauty, spirits and values of Japanese. In recent years, we see not only Japanese but also many foreign tourists wearing Kimono and strolling around in Kyoto and cities in Japan. It is a proof that Kimono, that we are proud of as our traditional culture, is loved by people from around the world. We are currently undertaking initiatives nationally to make “Kimono Culture”, symbol of our culture and spirits, registered to UNESCO’s Intangible Cultural Heritage list. We think that the names for “Kimono” are the asset shared with all humanity who love Kimono and its culture therefore they should not be monopolized. I would like you to visit Kyoto, where many Japanese cultures including Kimono have been cherished, to experience the essence of Kimono Culture and understand our thoughts and our strong wish. Yours Sincerely, Daisaku Kadokawa Mayor of Kyoto #KIMONO

A post shared by 門川大作 (@kadokawadaisaku) on

Yth. Kim Kardashian West,

Saya menulis surat ini untuk menyampaikan pemikiran kami tentang Kimono dan meminta Anda untuk mempertimbangkan kembali keputusan Anda menggunakan nama Kimono dalam merek dagang Anda.

Kimono adalah pakaian etnis tradisional yang dipupuk dalam kekayaan alam dan sejarah kita dengan upaya dan studi tak kenal lelah para pendahulu kita, dan itu adalah budaya yang telah dihargai dan diwariskan dengan hati-hati dalam kehidupan kita. Juga, ini adalah buah dari keahlian dan benar-benar melambangkan rasa keindahan, semangat, dan nilai-nilai Jepang.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita melihat tidak hanya orang Jepang tetapi juga banyak turis asing yang mengenakan Kimono dan berjalan-jalan di Kyoto dan kota-kota di Jepang. Ini adalah bukti bahwa Kimono, yang kami banggakan sebagai budaya tradisional kami, dicintai oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Kami saat ini sedang melakukan inisiatif secara nasional untuk membuat “Budaya Kimono”, simbol budaya dan semangat kami, terdaftar di daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Kami berpikir bahwa nama-nama untuk “Kimono” adalah aset yang dibagikan kepada semua umat manusia yang mencintai Kimono dan budayanya oleh karena itu mereka tidak boleh dimonopoli.

Saya ingin Anda mengunjungi Kyoto, di mana banyak budaya Jepang termasuk Kimono telah dihargai, untuk mengalami esensi Budaya Kimono dan memahami pikiran dan keinginan kuat kami.

Salam,
門川 大作
Daisaku Kadokawa

Walikota Kyoto

Kim_KimonoShapewear
twitter.com/KimKadarshian

Kim sendiri telah merespon tuduhan masyarakat mengenai dirinya. Dalam sebuah pernyataan kepada New York Times pada hari Kamis dia mengatakan dia mengerti dan sangat menghormati arti penting kimono dalam budaya Jepang. Kim menambahkan bahwa nama itu (Kimono) dimaksudkan bahwa dia mengakui keindahan dan detail yang masuk ke dalam pakaian.

Lebih jelasnya dia mengatakan bahwa dia tidak memiliki rencana “untuk merancang atau merilis pakaian apa pun yang dengan cara apa pun akan menyerupai atau tidak menghormati pakaian tradisional” namun dia juga tidak akan mengubah nama (kimono).

Pendiri KKW ini menambahkan: “Merek pakaian solusi saya dibangun dengan inklusivitas dan keanekaragaman pada intinya dan saya sangat bangga dengan apa yang akan datang.”

Sampai artikel ini dituliskan, Kim juga telah menambahkan tulisan brand kimono di bio Instagramnya. Menurut kalian sendiri gimana? Dilihat dari pengaruhnya pada masyarakat, menurut penulis, hal ini wajar sekali untuk dikhawatirkan.

Sebagai penikmat pop culture, kita pasti akan merasa aneh apabila nantinya orang akan lebih tau “kimono” sebagai merek shapewear, bukan pakaian tradisional Jepang. Apalagi dengan masyarakat Jepang sendiri. Sudah sepatutnya mereka takut budaya mereka akan disalah artikan.

Kita aja bisa panas mendengar kasus Batik dengan negara tetangga kan? Apalagi mereka. Jangan sampai di masa depan, masyarakat yang tidak mengetahui kimono menjadi mengasosiasikan kimono sebagai merek pakaian dalam, pakaian berbahan spandex, yang pada kenyataannya adalah sesuatu yang sangat disakralkan ditempat lain.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more

Sumber: tripzilla.com

Permasalahan Sajaegi dalam Industri Musik Korea

Kalau musimnya boyband dan girlband di Korea Selatan sedang comeback atau merilis lagu baru, muncul deh kesempatan skand.. more

Game klasik sepanjang masa. Sumber gambar: nintendo.co.uk

Game 3D Super Mario: Dari Era Super Mario 64 Sampai Super Mario Odyssey

Game 3D terkini Mario akan dirilis Oktober 2017 ini untuk console hybrid Nintendo yang sedang populer, yaitu Nintendo Sw.. more

Angelyn Hirawan. Sumber: Angelyn Hirawan

Angelyn Hirawan, Primadona Panggung-Panggung Pop-Culture!

Penampilannya selalu meramaikan panggung utama! Yap, inilah Angelyn Hirawan, penyanyi cover lagu-lagu Jepang ini selalu .. more

Undangan Terbuka Untuk Komikus dan Penerbit Komik di Seluruh Indonesia

Kami dengan surat ini ingin mengajak para komikus lepas (freelance) tanah air untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics m.. more