Kirby Battle Royale: Saat Kirby Melawan Dirinya Sendiri

7 months ago
00 kirby cover d

Nintendo 3DS sudah mulai mendekati masa-masa akhirnya dengan keluarnya Nintendo Switch sebagai penerus Wii U dan 3DS. Namun, Nintendo tidak mau menelantarkan 3DS begitu saja. Masih banyak game-game yang dikeluarkan untuk 3DS sebagai pendamping Switch. Salah satunya adalah Kirby Battle Royale, yang diumumkan bersamaan dengan Kirby Star Allies untuk Switch.

Kirby Battle Royale menceritakan tentang perjalanan Kirby dan temannya, Waddle Doo yang mendapatkan undangan dari King Dedede. Dia menyelenggarakan turnamen berhadiah kue terenak di seluruh kerajaan! Namun, King Dedede tentunya tidak akan tinggal diam dan membiarkan Kirby menang. Dia memiliki alat baru, yang bisa membuat klon dari Kirby sebagai bawahannya! Dengan hadirnya karakter lain seperti Meta Knight, tentunya turnamen ini tidak akan membosankan.

01 kirby battle royale

Sumber: nintendoeverything.com

Namun sayangnya, kisah di dalam Story Mode ini hanya mencakup 10 mini-games yang bertujuan untuk mengajarkan pemain agar siap bermain Online Mode. Kumpulan mini-games ini menarik, menyenangkan, dan cukup variatif, namun sangat repetitif karena jumlanya terbatas. Apa saja mini-games tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

02 kirby modes

Sumber: Youtube

  • Battle Arena: Mode game dimana para pemain harus bertarung mengalahkan pemain lain untuk mendapatkan poin. Sangat sederhana.
  • Apple Scramble: Pemain dibagi menjadi dua tim untuk mengumpulkan apel ke dalam area masing-masing demi mendapatkan poin.
  • Coin Clash: Pemain harus mengumpulkan koin di dalam rumah hantu. Ada hantu yang bisa merasuki para pemain dan mengambil koin pemain pelan-pelan. Hantunya bisa dioper ke pemain lain. Cepat, rusuh, dan menyenangkan.
  • Crazy Theater: Variasi dari Battle Arena. Objektif akan diberikan setiap awal ronde dan pemain harus menyelesaikan objektif sambil menghalangi pemain lain.
  • Attack Riders: Variasi lain dari Battle Arena, namun berbentuk side-scrolling. Pemain harus mengambil koin dari lawan dan bertahan dari serangan. Seiring permainan, akan muncul kendaraan dan senjata untuk menambah kekuatan pemain.
  • Rocket Rumble: Pemain diberikan roket dan harus mengisi bahan bakar roket. Roket yang terbang paling tinggi saat permainan selesai menjadi pemenangnya.
  • Ore Express: Pemain berlomba mengumpulkan hasil tambang ke dalam kabin kereta yang terbuka dan sedang berjalan. Desain level yang tidak monoton membuat mini-game ini tidak membosankan.
  • Robo Bonkers: Berbeda dengan yang lain, game ini merupakan game kooperatif antara semua pemain. Pemain harus mengalahkan robot raksasa di tengah arena sambil mengumpulkan poin untuk mereka sendiri.
  • Slam Hockey: Game dimana pemain harus mengalahkan pemain lain menggunakan biji hoki raksasa.
  • Flagball: Salah satu mini-game yang paling unik di antara semua mini-game yang ada dalam Kirby Battle Royale. Flagball membagi pemain menjadi dua tim yang bertugas untuk memasukan bola ke bendera masing-masing. Baik bendera dan bola bisa dibawa oleh pemain. Setelah pemainan berlangsung setengah jalan, dua bendera itu akan berkurang menjadi satu dan memaksa pemain untuk menggunakan strategi yang berbeda.

Selain mini-game, Kirby Battle Royale juga mempunyai 14 mode berbeda yang dapat kita pilih sebelum memulai permainan. Hal ini sangat berbeda dengan game Kirby sebelumnya, dimana Kirby dapat merubah kekuatannya dengan menghisap dan menelan musuh.

03 kirby chara

Sumber: Youtube

Meskipun 10 mini-game tersebut berbeda-beda dengan objektif masing-masing, serta 14 mode Kirby yang variatif, cara memainkannya selalu sama. Bro sis cukup menghajar musuh agar mereka tidak mendapatkan poin. 10 mini-game yang disajikan terasa sedikit dan kurang memberikan variasi. Kebanyakan dari mini-game yang ada hanya berbeda dalam segi aturan saja dan inti setiap mini-game-nya tetap sama. Hanya Robot Bonkers dan Flagball yang mempunyai keunikan tersendiri. Mungkin akan lebih baik apabila jumlah mini-game ditambahkan.

04 kirby gameplay

Sumber: Exlibris

Apabila Story Mode dirasa membosankan, Multiplayer Mode cukup menghilangkan rasa bosan karena pengalaman bermain dengan orang lain itu jauh lebih asik dibanding dengan AI. Sayangnya, kita tidak bisa membuat ruangan privat untuk bermain bersama teman. Multiplayer Mode hanya menyediakan sistem matchmaking yang memasangkan kita dengan lawan acak. Sangat fatal, mengingat ini adalah sebuah party game yang seharusnya lebih mengasyikkan jika dimainkan di satu tempat bersama teman. Untungnya, masih ada fitur Download Play untuk orang-orang yang tidak mempunyai Kirby Battle Royale, namun ingin bermain bersama. Koin-koin yang didapatkan bisa ditukar dengan kostum, musik, power-up, dan lain-lain.

05 kirby online

Sumber: Gamestop

Meskipun target pasarnya adalah anak-anak, Kirby Battle Royale tetap menarik dimainkan oleh gamer semua umur, apalagi dengan teman-teman. Namun untuk pemain setia Kirby yang menginginkan cerita Kirby yang memuaskan, mungkin game ini bukan untuk bro sis sekalian.

Saya suka dengan gameplay-nya, dan memang menyenangkan. Namun, kalau tidak ada teman bermain, gamenya bisa  dengan cepat membuat bosan. Dibandingkan game Kirby Robobot sebelumnya, Kirby Battle Royale terasa inferior. Apakah bro sis fans Kirby? Apakah bro sis suka dengan game seperti ini? Berikan pendapat kalian di kolom komentar ya!

About Author

Yudha Tama

Yudha Tama

Seorang programmer, penikmat pop culture, dan a gamer at heart. Sekarang sedang mendalami dunia Speedrunning. Bisa dikontak lewat : prabaesayudhatama@gmail.com | facebook.com/maru027

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: technobuffalo.com

Komputer Gaming Mulai Lamban? Ini Solusinya Sebelum Di-Lembiru!

Secara umum komputer hanya akan bekerja sesuai kapasitas terbaiknya di tiga tahun pertama... more

Source 1: engadget.com

Sarahah: Platform Untuk Secret Admirer?

Kalau kamu penasaran kenapa ada banyak orang yang mengambil screenshot dari sebuah aplikasi bernama ‘Sarahah’, harus.. more

BEKRAF Game Prime 2017, Hari Raya Bagi Gamers dan Insan Kreatif

BEKRAF Game Prime 2017 sukses digelar. Tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bekerjasama dengan Duniaku Network dan .. more

(CIAYO Pictures)

Jason David Frank Menggebrak Panggung Indonesia Comic Con 2017

Kehadiran Jason David Frank di Indonesia Comic Con 2017 membangkitkan ingatan fans Power Rangers dan menggebrak panggung.. more

sumber: CIAYO Pictures

Jonbray Komik: “Di CCC Bisa Sharing Bareng Komikus”

CIAYO Comics Club telah selesai diselenggarakan. Banyak sekali komikus yang datang meramaikan perhelatan ulang tahun CIA.. more