Gudetama: Kisah Kuning Telur yang Mendunia

10 months ago
Gudetama (Sumber: pinterest)

Kuning, pemalas, bentuknya telur, tapi bisa ngomong. Apa hayo? Yup, siapa lagi kalo bukan Gudetama? Karakter lucu asal Jepang ini memang menggambarkan spirit animal kita banget ya? Mau ngapa-ngapain aja rasanya mager banget! Maunya tidur-tiduran aja tapi tetep terlihat imut (mau dong se-imut Gudetama). Ditambah suaranya yang menggemaskan  yang terdengar dalam setiap video pendeknya. Makin kepincut deh dengan karakter telur yang emesh ini!

Gudetama (Sumber: tumblr)

Gudetama (Sumber: tumblr)

Gudetama ‘dilahirkan’ oleh perusahaan Jepang ternama yaitu Sanrio. Pasti kamu uda ga asing lagi dengan namanya, karena perusahaan ini juga lah yang melahirkan karakter-karakter lucu populer seperti Hello Kitty, Keroppi, Purin, dan masih banyak lagi. Karakter Gudetama pertama kali lahir dari kompetisi besar yang diselenggarakan Sanrio tahun 2013. Tema dari kompetisi tersebut adalah membuat ide karakter yang berbentuk makanan. Namun sayangnya Gudetama sempat kalah voting dari karakter manis berbentuk Salmon Fillet, Kirimchan. Walau hanya sebagai runner-up, Sanrio memutuskan untuk tetap memproduksi produk karakter Gudetama. Produksi dilakukan setelah Sanrio sudah mencetak banyak produk dari karakter Kirimichan. Semenjak dirilis, karakter ini semakin populer dan membuat banyak orang tergila-gila untuk mengoleksinya.

Gudetama gemesshh!! (Sumber: tumblr)

Gudetama gemesshh!! (Sumber: tumblr)

Tampilan Gudetama memang berbeda dengan karakter kartun lainnya yang kebanyakkan terlihat imut dan Kawaii. Gudetama lebih terlihat melankolis dan gak ceria sama sekali. Padahal kebanyakan karakter populer, identik dengan mata besar dan wajah cheerful sebagai penyemangat bagi penggemarnya. Pokoknya sangat berbanding terbalik dengan konsep personality Gudetama yang terlihat malas dan pesimis. Tapi disadari atau nggak, kebanyakan karakter kartun imut dari Jepang memiliki satu personality trait yang sama, yaitu terlihat menggemaskan. Sampai-sampai kita jadi ingin sekali untuk memelihara mereka. Banyak seniman Jepang berpendapat kalau hal ini muncul dengan sebuah alasan.

Duhhh! imut banget sih! (Sumber: superthumb)

Duhhh! imut banget sih! (Sumber: superthumb)

Kawaii (Sumber: redbubble.com)

Kawaii (Sumber: redbubble.com)

Budaya Kawaii ini disebut memiliki hubungan sebagai efek dari perang dunia kedua. Saat itu, masyarakat Jepang merasakan duka dan kehilangan mendalam akibat dari perang yang terjadi, sehingga mereka jadi rentan dan merasakan trauma. Munculnya tren Kawaii ini menjadi sebagai salah satu obat dari rasa sedih yang mereka rasakan saat itu. Lama kelamaan tren Kawaii pun berkembang hingga sekarang. Tren Kawaii semakin dipopulerkan oleh perempuan muda Jepang yang mencoba untuk mengekspresikan perasaan mereka. Ekspresi tersebut biasanya disalurkan lewat tulisan, gambar dan gaya fashion mereka. Gaya fashion yang dipakai juga mencerminkan kalau mereka gak ingin ‘terlihat sama’ di mata society yang menekan mereka dalam bersikap sehari-hari.

Gudetama (kao-ani.com)

Gudetama (kao-ani.com)

Karakter-karakter imut ini berfungsi sebagai obat penghilang stress orang Jepang, karena orang Jepang biasanya mendapatkan banyak tekanan di lingkungan sosialnya, baik sekolah maupun pekerjaan. Tampilan cute diharapkan dapat menghilangkan stress saat orang lain melihatnya. Berbagai personality juga ditambahkan supaya karakter terlihat hidup dan real seperti manusia. Gudetama yang terlihat murung membuat kita semakin merasa relateable dengan karakter ini.

Ada kalanya, saat melihat Gudetama, kita jadi merasa nyaman, santai, dan juga tertawa dengan tingkahnya yang lucu. Saking imutnya karakter ini, setiap lihat telur jadi ingat Gudetama ya?

Jadi ga tega makan telur (Sumber: sociorocketnewsen)

Jadi ga tega makan telur se-imut ini (Sumber: sociorocketnewsen)

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Komik Komedi Online

Top 10 Komik Comedy di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Nah, di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2, sudah terkumpul nominasi Top 10 komik comedy yang sudah dikurasi oleh pa.. more

Sumber: http://bumilangit.com/

Komik Origins: Gundala

Di tengah maraknya komik superhero Amerika, creator Indonesia juga punya cerita superhero andalan pada jamannya. Apa aja.. more

Patut Dicontoh, Berikut 5 Daftar Selebriti yang Berbisnis Sambil Beramal!

Lima seleb ini punya metode yang lebih seru. Mereka menjalankan bisnis sambil sekalian beramal saat melakukannya. Siapa .. more

Game Nintendo di smartphone itu nyata. Sumber gambar: techcrunch.com

Saat Nintendo Menyerah Pada Popularitas Smartphone

Jangan harap memainkan game Mario di PlayStation secara resmi, misalnya. Tidak akan terjadi... more

Sumber gambar: businessinsider.com

Gempita Kesuksesan Launching Roket Falcon Heavy SpaceX dan Harapan Perjalanan ke Mars

Tapi semua itu tidak menghalangi Elon Musk, yang sering disebut sebagai “Tony Stark kehidupan nyata”, untuk mencoba .. more