Kisah Nyata Kelompok Shinsengumi Jepang di Anime Samurai X

2 months ago
(zerochan.net)

Siapa sih yang gak kenal dengan anime Samurai X, yakni cerita Si Batosai Sang Pembantai. Yup, udah pasti kalian tahu semua dong karena anime ini termasuk anime terlaris sepanjang masa. Anime yang memiliki judul asli Rurouni Kenshin ialah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang.

(animewallpapershd.net)

(animewallpapershd.net)

Film ini bercerita tentang seorang samurai dari kelompok Chosu yang telah berhasil memenangkan pertempuran pada zaman ke-shogun-an Tokugawa yang pada akhirnya membentuk zaman baru di Jepang yang disebut zaman Meiji. Di zaman tersebut, si tokoh utama Kenshin Himura atau lebih dikenal sebagai “Hitokiri Battousai” atau Batosai si pembantai, menyesali perbuatannya di masa lampau yang telah membunuh banyak orang. Dia bersumpah untuk tidak membunuh orang lagi. Untuk itu Kenshin menggunakan pedang “Sakabatou” yang bermata tajam terbalik.

(gambarnaruto.com)

(gambarnaruto.com)

Tapi kalian tahu gak sih guys, ternyata kisah Samurai X ini diambil dari kisah nyata yang ada di Jepang. Sang author, Watsuki ternyata emang nge-fans berat dengan kelompok Shinsengumi. Hampir semua tokoh karakter yang ia buat di Samurai X ini diambil berdasarkan tokoh-tokoh asli kelompok Shinsengumi di Jepang.

(zerochan.net)

(zerochan.net)

Shinsengumi sendiri merupakan pasukan yang bertarung untuk melindungi keshogunan Tokugawa Bakufu dari orang-orang yang anti terhadap dirinya. Yang menarik, tujuan awal kelompok ini dibentuk adalah justru untuk menjatuhkan Bakufu.  Ketika itu, orang-orang yang berkeinginan untuk menjatuhkan Bakufu berkumpul dan membuat suatu kelompok. Namun kelompok tersebut pada akhirnya malah menjadi pasukan yang bertugas untuk melindungi Bakufu sehingga akhirnya disebut sebagai budak Bakufu (karena sangat setia kepada Bakufu). Di dalam kelompok shinsengumi, terdapat 1 orang komandan dan 1 orang wakil komandan. Di bawah mereka terdapat 10 regu pasukan yang masing-masing terdiri dari seorang kapten dan prajurit.

Yuk, mari kita kupas satu persatu tokoh-tokoh nyata Shinsengumi yang diangkat di serial anime Samurai X ini :

1. Shishio Makoto

(zerochan.net)

(zerochan.net)

Tokoh anime ini diambil dari sosok nyata bernama Serizawa Kamo. Ia merupakan Komandan pertama dari Shinsengumi. Dikenal sebagai pribadi yang tidak menyenangkan. Ia sering membawa kipas besi. Selama memegang kekuasaan sebagai kapten Shinsengumi, ia sering mengunjungi rumah-rumah pelacuran, membunuh orang-orang tanpa alasan, mabuk-mabukan dan melakukan hal-hal yang tidak sopan.

Ia mempelajari ilmu pedang (Kenjutsu) dari Togazaki Kumatarou, dengan aliran Shintou Munen, hingga mencapai level Menkyou Kaiden, di mana status itu adalah status tertinggi yang dapat diraih oleh seorang jago pedang. Artinya bahwa ia telah menguasai setiap aspek dari gaya ilmu pedang termasuk ogi, teknik tersembunyi. Dan ia dapat mengajarkannya kepada orang lain. Karena Serizawa lah, maka lahir Serigala Mibu (Mibu-ro). Serizawa dan beberapa anggota korup lainnya akhirnya dibunuh oleh pasukan Shinsengumi.

2. Aoshi Sinomori

(naokochan.altervista.org)

(naokochan.altervista.org)

Sosok yang dijadikan model dari karakter Aoshi Shinomori ini adalah Hijikata Toshizou yang merupakan wakil komandan Shinsengumi. Hal ini berbeda dengan posisi Aoshi Shinomori sebagai pemimpin Oniwabanshu di manga atau animenya. Sepertinya sang author Watsuki telah memodifikasi tokoh ini secara ekstrem.

Tapi memang benar bahwa sejarah Hijikata selalu mengenakan Kodachi yaitu sepasang pedang kembar, semacam pisau panjang. Dan uniknya Hijikata ini juga salah satu petarung yang sangat disegani dalam sejarah Jepang dengan menggunakan kenjutsunya yang khas, yaitu “Shinsengumi-kenjutsu” gaya bertarung dari Tennen Rishin-ryu.

Hijikata meninggal dalam pertempuran Hakodate dan sampai sekarang belum tahu di mana dia dikubur, tetapi nisan peringatannya bisa kita lihat di dekat Itabashi Station, Tokyo.

3. Soujiro Seta

(wikiwand.com)

(wikiwand.com)

Karakter Soujiro Seta ini dibuat berdasarkan seorang samurai anggota Shinsengumi, sang kapten regu 1 kelompok Shinsen yang bernama Okita Souji.

Okita Souji adalah anggota Shinsengumi yang paling populer, di usianya yang masih sangat muda dia menguasai berbagai macam teknik pedang handal, dan pada usia 15 tahun lebih dia sudah menjadi seorang samurai yang ulung. Pedang yang ia gunakan adalah Kikuichi Narimune (dalam anime Rurouni Kenshin, pedang inilah yang digunakannya untuk bertarung melawan Kenshin pada pertarungan terakhir).

Okita terkenal sebagai ahli pedang terbaik yang dimiliki oleh Shinsengumi. Sayang sekali, pada umurnya yang ke-20 dia terserang TBC akut. Penyakit Okita mulai diketahui saat peristiwa Ikeda-ya. Dalam peristiwa Ikeda-ya terlihat Okita yang rubuh meskipun ia tidak terkena serangan musuh. Lalu setelah perang Boshin, ia masuk rumah sakit di Edo dan meninggal dalam usia 25 tahun.

4. Hajime Saito

(sf.co.ua)

(sf.co.ua)

Hajime Saito merupakan musuh bebuyutan Kenshin. Ia adalah kapten regu 3 kelompok Shinsengumi. Ternyata Hajime Saito merupakan tokoh yang benar-benar nyata dan memang pernah hidup pada zaman itu. Sebagai anggota dari shinsengumi, Saito dikenal sebagai seorang yang tertutup dan misterius. Dia bukanlah seseorang yang mudah diajak bicara, posisi aslinya di shinsengumi adalah sebagai fukucho jokin (wakil panglima). Tugas utamanya adalah sebagai pelatih kenjutsu dan kadang bertugas sebagai mata-mata.

Hajime Saito memiliki jurus yang sangat mematikan, yaitu jurus satu sabetan tangan kiri dan ini membuatnya menjadi orang terkuat di Shinsengumi bersama Okita dan Nagakura. Saito banyak membunuh para anggota korup Shinsengumi seperti Itou Kashitarou, Takeda Kanryuusai dan lain-lain. Setelah restorasi Meiji, Saito bekerja sebagai polisi di Tokyo dan mengubah namanya menjadi Fujita Goro. Dia juga pernah bekerja di Universitas Ochanomizu sampai akhirnya ia meninggal karena kanker usus pada tahun 1915 di umur 72 tahun.

5. Sanosuke Sagara

(naokochan.altervista.org)

(naokochan.altervista.org)

Karakter Sanosuke Sagara dibuat berdasarkan sosok kapten regu 10 Shinsengumi yaitu Harada Sanosuke. Harada lahir dari keluarga Chugen yaitu kasta terendah dari keluarga samurai. Dia terlatih sekali dalam menggunakan tombak dengan Hozoin-Ryu Style. Menurut sejarah, Harada Sanosuke sangat mirip dengan Sagara Sanosuke. Senang berkelahi, cepat marah dan sangat suka berduel. Senjata favoritnya adalah tombak. Sebelum ia bergabung dengan Kondou, Harada adalah pelayan dari beberapa orang bushis (samurai), dan status inilah yang menjadi titik lemahnya pada saat itu. Akan tetapi, ia benar-benar merawat para bushis yang menjadi majikannya. Harada Sanosuke meninggal pada saat Perang Boshin.

Itu dia guys beberapa kisah nyata sejarah Jepang khususnya kelompok Shinsengumi yang diangkat menjadi karakter-karakter anime di Samurai X. Semoga menambah wawasan kalian yah…

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

(Facebook Monopolis Board Game Store)

Main Board Game Bisa Nular? Masa Sih?

Hobi main board game bisa nular, bahkan bisa ngebentuk komunitas. Emang iya?.. more

Source 1: engadget.com

Sarahah: Platform Untuk Secret Admirer?

Kalau kamu penasaran kenapa ada banyak orang yang mengambil screenshot dari sebuah aplikasi bernama ‘Sarahah’, harus.. more

(Sumber: youtube)

Gaming Dengan Home Console vs Gaming Dengan PC, Pilih yang Mana?

Video game dulu berfungsi sebagai permainan hiburan di pusat perbelanjaan / keramaian. Yang sukses besar pada masanya ad.. more

(Sumber: pixabay.com)

7 Gaya Paling Enak Buat Baca Komik

Ini nih 7 gaya paling enak buat baca komik!.. more

Film superhero yang kini berstatus klasik. Sumber gambar: theactionelite.com

Film X-Men Terkini Akan Berjudul ‘X-Men: Dark Phoenix’

Tak perlu lama menunggu, pihak Marvel dan 20th Century Fox sebagai pemegang lisensi film bertema X-Men baru-baru ini men.. more