Kisah Sedih di Balik Kesuksesan Game Cuphead

3 months ago
(from : studiomdhr.com)

Cuphead adalah permainan aksi lari dan penggunaan senjata pistol klasik yang sangat fokus pada pertempuran mengalahkan para bos. Tak main-main, jumlah bos di game ini ada 30 bos lho. Uda jelas dong ya kalau game ini terbilang cukup susah namun bikin kita ketagihan buat main lagi dan lagi. Habisnya penasaran banget kalau belum bisa ngalahin satu bos ke bos berikutnya. Udah gitu, pas bisa ngalahin satu bos aja tuh berasa puasss banget ini hati. Hahaha

(from : studio MDHR)

(from : studio MDHR)

Seperti telah dijelaskan juga dalam artikel Cuphead: Gabungan Kartun 1930an, Smooth Jazz, dan Gameplay Dark Souls, game ini terinspirasi oleh kartun tahun 1930-an. Baik visual dan audionya dibuat penuh susah payah dengan teknik yang sama pada zamannya, yaitu gambar animasi gantung tradisional, latar belakang cat air, dan rekaman jazz asli.

Di sini, kalian bisa bermain sebagai Cuphead atau Mugman. Dalam game ini, kalian akan melintasi dunia aneh, mendapatkan senjata baru, belajar gerakan super yang hebat, dan menemukan rahasia tersembunyi saat mencoba membayar hutang kalian kepada sang iblis!

(from : studio MDHR)

(from : studio MDHR)

Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh StudioMDHR Entertainment. Cuphead dirilis di Microsoft Windows dan Xbox One pada tanggal 29 September 2017 dan langsung mendapatkan respon positif dari para penggemar games di seluruh dunia. Mereka sampai memberikan rating 10/10 di Steam lho untuk game Cuphead ini, ditinjau dari sisi grafis / audio-nya yang super keren hingga pujian tingkat kesulitan mengalahkan para bosnya. Buktinya game ini sudah terjual lebih dari satu juta kopi setelah dua minggu rilis guys. Uwooow..

(from : studio MDHR)

(from : studio MDHR)

Tapi kalian tahu gak Bro & Sis, kalau ternyata banyak kisah pilu dan sedih dalam proses pembuatan game ini. Seperti yang kalian tahu, jika proses pengembangan game memang begitu rumit dan butuh waktu lama untuk disempurnakan. Khususnya apabila kalian tidak memiliki jumlah staff yang banyak untuk membantu mengerjakan suatu proyek game ambisius. Apalagi game Cuphead berangkat dari game indie.

Cuphead pertama kali diperlihatkan pada E3 2014. Game yang berkali-kali ditunda rilisnya ini akhirnya mendapatkan tanggal rilis pasti yaitu pada 29 September 2017 lalu untuk Xbox One dan PC. Penundaan ini bukan karena tak ada alasan, namun karena game ini cuma dikerjakan 3 orang saja. Dan ketiganya punya pekerjaan lain. Praktis pembuatan game ini cuma bisa dikerjakan di saat weekend.

(from : dualshockers.com)

(from : dualshockers.com)

Puncaknya adalah ketika game ini mendapatkan kritikan pedas dari para pemain game yang mencoba game Cuphead di E3 2015. Mereka komplain jika game ini terlihat sangat membosankan jika hanya berisi boss fight saja. Nah, berawal dari sinilah Chad Moldenhauer (co-creator) dan saudaranya Jared Moldenhauer mulai berkomitmen penuh untuk membuat “game impian” mereka ini secara total hingga memutuskan untuk berhenti bekerja dan menggadai rumah mereka sebagai modal untuk pengembangan proyek game mereka.

(from : handeyesociety.com)

(from : handeyesociety.com)

Keputusan dari Chad dan saudaranya ini memang sangat beresiko, namun keberanian mereka ini harus diacungi jempol. Mereka sangat fokus dengan apa yang mereka buat dan benar-benar ingin menghasilkan proyek game sebagus mungkin. Sekarang studioMDHR memiliki 20 orang karyawan yang terdiri dari animator, designer, artis gambar-tangan hingga digital painters.

(from : studio MDHR)

(from : studio MDHR)

For your information nih guys, ternyata semua art-style kartun Cuphead ini digambar dengan menggunakan tangan aja lho. Pada setiap frame-nya harus dibuat dengan tepat, kalau salah sedikit saja bisa berakibat fatal. Contohnya saat proses pembuatan Boss Bunga, disebutkan memiliki lebih dari 100 frame animasi. Coba deh bayangkan berapa banyak frame yang telah mereka buat untuk satu game utuh. Salut banget yaa untuk semua dedikasinya.

(from : studio MDHR)

(from : studio MDHR)

Pada akhirnya pun, perjuangan Chad dan timnya telah membuahkan hasil yang sangat memuaskan bagi mereka. Dan mereka amat sangat berterimakasih kepada para penggemar game di seluruh dunia yang sudah sangat mengapresiasi game mereka. Hal ini tentu aja membuat mereka bersemangat lagi untuk membuat game lain yang sebagus Cuphead. Are you ready for it???

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

(etonline.com)

Kematian Chester Mengguncang Generasi 90an

Generasi 90an pasti ikut terguncang dengan berita mengejutkan tentang kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington. .. more

Chammyland - CIAYO Comics

Kangen Nggak Sama Coco, Chips, dan Crocket?

Hi Guys! Masih inget nggak sama Coco, Chips, dan Crocket? Yuk, kita inget-inget lagi karakter Coco, Chips, dan Crocket i.. more

Banner AFA 2017 Jakarta. Sumber: animefestival.asia

C3 AFA 2017 Jakarta: Perhelatan Akbar Para Penggemar Anime

Bulan Agustus telah tiba, yang artinya sebentar lagi akan digelar acara tahunan keren untuk para penggemar anime di Asia.. more

ANIMETOKU CON 2017

Sepinya ANIMETOKU CON 2017. Kenapa Ya?

Kalau dengar kata “toys” dan “games” semua orang kayaknya suka. Apalagi bro sis yang pecinta mainan. Nah, tangga.. more

James & Martha. Sumber: CIAYO Comics

Top 10 Komik Romance di CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Berikut komik romantis terpopuler yang bisa segera kamu baca di CIAYO Comics!.. more