Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

7 months ago

Bro sis, udah pada nonton Koe no Katachi belum?

Anime ini diangkat dari manga yang berjudul sama, Koe no Katachi. Manga nya sendiri ada tujuh volume. Kalo yang udah khatam sama manga nya nih, kira-kira cukup nggak yah untuk dijadikan satu film aja? Ternyata Kyoto Animation cukup total menggarap adaptasinya. Mereka mengadaptasi manga tersebut menjadi film yang berdurasi 130 menit, atau setara dengan 2 jam 10 menit.

Film ini berkisah mengenai Ishida Shouya, yang hidupnya berubah seratus delapan puluh derajat sejak ia mem-bully Nishimiya Shouko, murid pindahan tuna rungu di SD-nya.

Cover Koe no Katachi versi manga (myanimelist.com)

Cover Koe no Katachi versi manga (myanimelist.com)

Setelah Nishimiya pindah sekolah akibat tidak tahan di-bully, Shouya justru menjadi objek bully teman-temannya, membuat kepribadiannya berubah dari ceria menjadi canggung dan pemurung.

New student (mangathering.wordpress.com)

New student (mangathering.wordpress.com)

Memasuki dunia SMA, Shouya yang masih dibayang-bayangi oleh perilakunya di masa lalu mencoba menemui Nishimiya untuk menebus kesalahannya.

Social anxiety in a nutshell (niusnews.com)

Social anxiety in a nutshell (niusnews.com)

Karena telah membaca manganya terlebih dahulu, plot dan alur ceritanya terasa familiar bagi saya. Memang film ini sangat setia pada sumber aslinya, terutama di bagian awal film. Ini juga yang bisa membuat beberapa penonton merasa pace dari anime ini agak lambat, apalagi jika dibandingkan dengan beberapa anime yang bukan hasil adaptasi.

Teasing gone too far (thehypedgeek.com)

Teasing gone too far (thehypedgeek.com)

Di lain pihak, mungkin karena keterbatasan waktu, ada beberapa bagian plot yang dihilangkan, padahal menurut saya justru bagian yang dihilangkan tersebut cukup penting terhadap dinamika hubungan Shouya dengan Shouko dan karakter lainnya. Tetapi secara keseluruhan, inti cerita Koe no Katachi sudah tersampaikan dengan baik.
Desain karakter anime ini juga mengikuti desain karakter manganya. Pengisi suaranya oke, saya terkesan dengan pengisi suara Shouko. Sementara itu, animasi latar belakangnya cukup enak dilihat, walaupun belum sekelas Makoto Shinkai atau Mamoru Hosoda. Background musik untuk film ini pun terasa pas dengan tema filmnya. Selain tema penebusan dosa dan persahabatan, Koe no Katachi juga memaparkan pentingnya komunikasi dalam menjembatani perbedaan, melalui cerita yang mengalir dan menyentuh hati. Overall, anime ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton.

Berikut trailernya:

About Author

Tanti K

Tanti K

An introvert who finds solace in books, manga, boardgames, and a particular Japanese mmorpg.

Comments

Most
Popular

The Kasuaris – Episode 1: Siapa Nama Gw?

Siapa nama gw? Salah besar kalo lo nanya gw. Asli, gw nggak inget apa-apa!.. more

Gintama (Sumber: littleanimeblog)

Gintama: Kisah Seorang Samurai yang Kini Menjadi Pekerja Serabutan

Gintama adalah sebuah manga Jepang yang berlatar belakang di jaman Edo karya Sorachi Hideaki. Manga ini pertama kali dip.. more

CIAYO Comics

Mengenal Oryza, Sosok Wanita Tangguh di Balik Consilium

Bro sis pasti udah gak asing sama film “Transformers” kan? Apalagi untuk penggemar adegan action atau genre sci−fi.. more

Sumber: The Japan Times

Funkot: Musik Dance Rasa Dangdut Yang Mengudara Hingga Jepang

Indonesia boleh berbangga karena memiliki ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, batik yang mendunia, kuliner yang bik.. more

Sabrina – Chapter 2: Berapa Lama Aku Harus Menunggu?

Siapa sih yang suka nunggu? Nggak ada yang suka nunggu lama-lama. Sabrina nyoba buat ngelatih kesabarannya. Tapi berapa .. more