Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

1 year ago

Bro sis, udah pada nonton Koe no Katachi belum?

Anime ini diangkat dari manga yang berjudul sama, Koe no Katachi. Manga nya sendiri ada tujuh volume. Kalo yang udah khatam sama manga nya nih, kira-kira cukup nggak yah untuk dijadikan satu film aja? Ternyata Kyoto Animation cukup total menggarap adaptasinya. Mereka mengadaptasi manga tersebut menjadi film yang berdurasi 130 menit, atau setara dengan 2 jam 10 menit.

Film ini berkisah mengenai Ishida Shouya, yang hidupnya berubah seratus delapan puluh derajat sejak ia mem-bully Nishimiya Shouko, murid pindahan tuna rungu di SD-nya.

Cover Koe no Katachi versi manga (myanimelist.com)

Cover Koe no Katachi versi manga (myanimelist.com)

Setelah Nishimiya pindah sekolah akibat tidak tahan di-bully, Shouya justru menjadi objek bully teman-temannya, membuat kepribadiannya berubah dari ceria menjadi canggung dan pemurung.

New student (mangathering.wordpress.com)

New student (mangathering.wordpress.com)

Memasuki dunia SMA, Shouya yang masih dibayang-bayangi oleh perilakunya di masa lalu mencoba menemui Nishimiya untuk menebus kesalahannya.

Social anxiety in a nutshell (niusnews.com)

Social anxiety in a nutshell (niusnews.com)

Karena telah membaca manganya terlebih dahulu, plot dan alur ceritanya terasa familiar bagi saya. Memang film ini sangat setia pada sumber aslinya, terutama di bagian awal film. Ini juga yang bisa membuat beberapa penonton merasa pace dari anime ini agak lambat, apalagi jika dibandingkan dengan beberapa anime yang bukan hasil adaptasi.

Teasing gone too far (thehypedgeek.com)

Teasing gone too far (thehypedgeek.com)

Di lain pihak, mungkin karena keterbatasan waktu, ada beberapa bagian plot yang dihilangkan, padahal menurut saya justru bagian yang dihilangkan tersebut cukup penting terhadap dinamika hubungan Shouya dengan Shouko dan karakter lainnya. Tetapi secara keseluruhan, inti cerita Koe no Katachi sudah tersampaikan dengan baik.
Desain karakter anime ini juga mengikuti desain karakter manganya. Pengisi suaranya oke, saya terkesan dengan pengisi suara Shouko. Sementara itu, animasi latar belakangnya cukup enak dilihat, walaupun belum sekelas Makoto Shinkai atau Mamoru Hosoda. Background musik untuk film ini pun terasa pas dengan tema filmnya. Selain tema penebusan dosa dan persahabatan, Koe no Katachi juga memaparkan pentingnya komunikasi dalam menjembatani perbedaan, melalui cerita yang mengalir dan menyentuh hati. Overall, anime ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton.

Berikut trailernya:

About Author

Tanti K

Tanti K

An introvert who finds solace in books, manga, boardgames, and a particular Japanese mmorpg.

Comments

Most
Popular

Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii / Love is Hard for Otaku. (Sumber: fandompost)

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Otaku dan Anime Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii, Love is Hard for Otaku

Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii mengisahkan pasangan kantor yang keduanya otaku. Apakah kehidupan otaku bisa harmonis dengan.. more

Sumber gambar: businessinsider.com

Gempita Kesuksesan Launching Roket Falcon Heavy SpaceX dan Harapan Perjalanan ke Mars

Tapi semua itu tidak menghalangi Elon Musk, yang sering disebut sebagai “Tony Stark kehidupan nyata”, untuk mencoba .. more

sumber: www.the-arcade.ie

Blunder George Clooney Lewat Suburbicon Soal Rasisme dan Pembunuhan Paling Keji

Suburbicon, film kombinasi antara Coen Bersaudara dengan George Clooney yang terbilang rasis. .. more

meme qasidah desktop

Berkat Meme, Anak Muda Mulai Tertarik Dengan Musik Qasidah

Potongan video klip lagu qasidah menyebar meme. Media sosial dan grup chatting kini berhias meme qasidah. Kok bisa demik.. more

solo-a-star-wars-story-desktop

Review Solo: A Star Wars Story – Kisah Han Solo Baru Dimulai

Kisah Han Solo berakhir di The Force Awakens. Namun perjalanan hidupnya tetap abadi lewat film prekuel Solo: A Star Wars.. more