Kolaborasi Unik DC Comics: Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe

6 months ago
Sumber gambar: Inverse

DC Comics, sebagai satu dari dua penguasa bisnis buku komik superheroes dunia, tentu memiliki banyak judul dan serial di bawah bendera mereka.

Mulai dari Action Comics sampai Justice League; hampir seluruh produk komik DC Comics memiliki pangsa pasar yang baik walau bersama Marvel saat ini DC Comics memang sedang tidak berada dalam kondisi terbaik mereka di bisnis komik. Namun kondisi yang kurang bagus tidak membuat DC Comics kehilangan akal maupun kreativitas. Mereka terus berusaha melakukan inovasi-inovasi demi mendongkrak volume penjualan buku komik DC. Salah satu cara yang digunakan adalah membuat kolaborasi. Bekerja sama dengan pemegang IP populer lain.

Hal itu terlihat dari kolaborasi DC Comics dengan IP terkenal lain. Setelah dulu ada Scooby Doo “Scooby Apocalypse” dari Hanna-Barbera (dengan art dari seniman top DC Jim Lee), kini mari bersiap-siap menyambut “Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe” dari pabrik mainan besar Mattel.

Sumber gambar: Scoobypedia

Sumber gambar: Scoobypedia

Sebenarnya He-Man bukan tokoh asing di DC Universe, karena komik DC “He-Man and the Masters of the Universe” sudah pernah diterbitkan pada tahun 2012. Kali ini He-Man berkolaborasi dengan karakter DC Universe lain di storyline “Injustice” yang kontroversial.

Sumber gambar: Wikia

Sumber gambar: Wikia

Serial Injustice adalah serial komik DC yang dibuat sebagai background story video game dari Netherrealm Studio. Mungkin awalnya tidak direncanakan sebagai serial panjang dengan kontinuitas, namun serial Injustice ternyata disukai hingga terbit sampai Year Five hingga sekarang.

Sumber gambar: Bailedosenxutos

Sumber gambar: Bailedosenxutos

Jadi ada dimana posisi Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe” di universe Injustice?

Sepertinya ada di ‘alternate universe’. Tapi masih memiliki keterikatan dengan komik canonical Injustice. Masih berada dalam universe Injustice. Dan Superman masih seorang diktator sialan yang mengangkat dirinya sebagai Tuhan untuk umat manusia.

Diktator dari Planet Krypton. Sumber gambar: Polygon

Diktator dari Planet Krypton. Sumber gambar: Polygon

Dan itu memang benang merah di semua inkarnasi Injustice; baik di buku komik maupun di video game.

Di Injustice, Superman adalah si brengsek yang mengubah tata dunia. Dari independen demokrasi menjadi totalitarian diktatorisme. Dengan alasan keamanan dan ketertiban dunia, Superman mengambil alih pemerintahan Amerika (dan dunia) ke tangannya sendiri. Sebuah skenario “apa yang terjadi jika Superman, makhluk terkuat di dunia, memutuskan menjadi seorang diktator?”. Semua terjadi akibat rasa marah dan sedih kehilangan istri dan anak yang dikandung istrinya akibat ulah The Joker.

Superman yang menakutkan. Sumber gambar: Pinterest

Superman yang menakutkan. Sumber gambar: Pinterest

Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe akan terdiri dari enam volume buku dan akan bercerita soal Batman yang berasal dari alternate-reality Injustice universe bekerja sama dengan Prince Adam aka. He-Man, Teela, Orko dan Battlecat dari Eternia (belum ada indikasi kehadiran Man-At-Arms) untuk menghadapi Superman.

Sumber gambar: Polygon

Sumber gambar: Polygon

Dari sinopsis resmi yang dirilis pihak DC Comics disebutkan kalau “setelah membebaskan kerajaannya dari cengkeraman robot, Prince Adam kedatangan pengunjung dari dimensi lain yang meminta bantuan untuk mengalahkan mantan superhero yang berubah menjadi diktator. Dia setuju untuk membantu. He-Man bersama rekan-rekan setianya dari Eternia dan sekutu baru dari dimensi asing, Batman, akan menghadapi bahaya baru serta musuh-musuh familiar dimana kini tidak ada dunia dan dimensi yang aman dari diktator dan kejahatan”.

Komik miniseri “Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe” ini naskahnya ditulis oleh Tim Seeley. Seeley sebelumnya menulis cerita untuk komik “Nightwing” dan “Green Lanterns”. Untuk grafis akan ditangani oleh illustrator yang sebelumnya menangani “He-Man/Thundercats” serta “Batman/Teenage Mutant Ninja Turtles”, yaitu Freddie E. Williams II. Personally, saya penasaran gimana hasilnya kalau ilustrasi ditangani mantan penciler DC Comics, Ardian Syaf? Tapi sepertinya itu mustahil untuk terjadi.

Batman/Teenage Mutant Ninja Turtles. Sumber gambar: DC Comics

Batman/Teenage Mutant Ninja Turtles. Sumber gambar: DC Comics

Dengan adanya Injustice terbaru di luar Injustice canonical, bisa dikatakan kalau serial Injustice masih akan bertahan lama di pasaran. Kita lihat saja apakah benar seperti itu atau tidak? Komik Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe mulai terbit 18 Juli 2018.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Variety

Disney Akuisisi Aset Film dan TV Fox: Apa Untungnya Bagi Disney?

Nah, apa sih arti akuisisi aset Fox ini buat Disney?.. more

CIAYO Pictures

Dari Challenge Hingga Official, Wonder Sweet

CIAYO Comics One Shot Challenge sudah selesai digelar. Event ini gak hanya meramaikan CIAYO Comics aja, tapi juga mengas.. more

Sumber: www.youtube.com

Narratage: Satu Lagi Film Cinta Tak Berbalas

Narratage (baca: Narrataju), sebuah film romantis yang ceritanya diadopsi dari novel terlaris karya Ryo Shimamoto. Film .. more

Belum Hadir di TV, Respon Negatif Muncul Untuk Produce 48

Mnet baru saja mau mencoba proyek idol survival show terbaru di tahun 2018 nanti. Bernama “PRODUCE 48”, acara ini na.. more

Sumber gambar: gizmodo.com.au

Laporan CES 2018: Intel & AMD Bekerja Sama Ciptakan Chip Mobile

Kerjasama ini mungkin untuk menjegal Nvidia?.. more