17 Komik Anak Bangsa yang Berhasil Mewarnai Media Sosial Milenial Indonesia

3 weeks ago
00-d-komik-anak-bangsa

Sekarang ini, media sosial sudah jadi konsumsi wajib bagi masyarakat. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk update status dan membagikan meme, ada sejumlah anak bangsa yang menggunakan media sosial untuk menyalurkan kreativitas mereka! Sadar nggak kalau ada banyak komik anak bangsa yang senantiasa mewarnai laman media sosial di Indonesia?

Apa saja judul komik anak bangsa yang beredar di media sosial Indonesia dan siapa sih komikus di baliknya? Mari, simak ulasannya di sini!

Daftar Komik Anak Bangsa yang Beredar Bebas di Media Sosial

1. Si Juki – Faza Ibnu Ubaidillah (Faza Meonk)

Komik Anak Bangsa

Sumber: Si Juki

Facebook: @JukiHoki | Instagram: @jukihoki

Si Juki memang sudah jadi serial komik anak bangsa yang terkenal. Tidak hanya diangkat ke layar lebar dalam film animasi di tahun 2017, serial komik Juki juga sudah diangkat oleh penerbit dan dapat ditemukan di berbagai toko buku Indonesia.

Pada tahun 2010, Faza menciptakan komik si Juki sebagai satir kehidupan mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual). Meskipun awalnya komik itu hanya dibaca oleh teman-temannya saja, lama-lama si Juki juga dipublikasi dalam forum KasKus dan juga Facebook. Setelah lama menemani media sosial milenial Indonesia, karakter bergigi tonggos satu ini akhirnya sudah terjun ke dunia mainstream!

2. GHOSTY’s COMIC – Fajar Hadria Putra (GHOSTYCORP)

Sumber: GHOSTY's COMIC

Sumber: GHOSTY’s COMIC

Facebook: @GHOSTY.COMIC | Instagram: @ghosty_comic

GHOSTY’s COMIC menjelajahi sisi kehidupan seorang Jaret dalam dunia perhobian, terutama mengenai pengeluaran, dengan nuansa jenaka. Dalam komik yang digambarkan secara simpel ini, para karakter berhadapan dengan lika-liku seorang hobbyist. Mulai dari dilema pengeluaran akibat membeli action figure, kesulitan mengurus figure, harus akal-akalan dengan pengeluaran untuk beli figure, sampai bangkrut gara-gara khilaf beli figure!

Bagi kamu yang terjun di dunia perhobian, GHOSTY’s COMIC mampu mengubah emosi akibat dompet kosong menjadi guyonan yang dapat dinikmati bersama di media sosial.

3. TheAlaGator – Ala Ahdika

Sumber: TheAlaGator

Sumber: TheAlaGator

Facebook: @TheAlaGator

Bila kamu pernah melihat komik strip dengan duo karakter beruang bertopi kepala buaya (Beruang Gator) dan penguin di timeline Facebook-mu, kemungkinan besar kamu baru saja melihat karya TheAlaGator. Komik TheAlaGator dapat ditemukan di akun Facebook Typorangers dari tahun 2015-2016 dan mulai diterbitkan di akun TheAlaGator sendiri mulai dari 2017.

Guyonan dalam komik ini seringkali menggunakan permainan kata dan plot twist yang absurd. Di luar itu, TheAlaGator juga sempat memberikan tips yang cukup menyeluruh untuk mengikuti event creator’s market. Tentunya tips tersebut dibungkus secara jenaka dalam bentuk komik yang menghadirkan Beruang Gator dan Penguin.

4. KOSTUM (komik strip untuk umum) – Haryadhi

Sumber: Kostum

Sumber: Kostum

Facebook: @KOSTUMKOMIK | Instagram: @kostumkomik

KOSTUM bisa dibilang merupakan salah satu komik anak bangsa yang lebih sensitif dan senang menyorot isu-isu hangat di masyarakat. Tidak hanya membahas soal isu politik saja, KOSTUM juga seringkali memberi sudut pandang alternatif mengenai reaksi masyarakat dengan cara yang relatif masuk akal.

Di tengah perdebatan karena perbedaan pendapat, KOSTUM yang terpampang di halaman media sosial dapat melepaskan sedikit ketegangan dengan humor.

5. Komik Ga Jelas (KGJ) – Jasmine Surkatty

Sumber: Komik Ga Jelas

Sumber: Komik Ga Jelas

Facebook: @KomikGaJelas | Instagram: @komikgajelas

Sesuai dengan namanya, Komik Ga Jelas (KGJ) seringkali memberikan *punchline* yang, maaf, ga jelas. Bisa jadi *absurd*, bisa jadi receh, namun selalu menghibur. Dari segi presentasi, KGJ memiliki gambar minimalis dengan detail hiperbola yang ditekankan secara sesuai untuk menciptakan nuansa tertentu.

Terkadang, KGJ juga menyelipkan musik dan juga video dalam komiknya. Hal tersebut menjadikan KGJ sebagai salah satu komik anak bangsa yang cocok sekali untuk kamu follow di Instagram.

6. Si Timoon – Ferdinandus Rieky (Kyriepoda)

Sumber: Timoon

Sumber: Timoon

Facebook: @TimunBloon | Instagram: @timunbloon

Keunikan dari komik strip Si Timoon dapat terlihat langsung pada karakter dan juga latar yang diangkat olehnya. Soalnya, karakter-karakter dari komik Si Timoon merupakan tokoh-tokoh dari kisah dongeng nusantara. Penasaran bagaimana sang komikus, Ferdinandus Rieky membayangkan ulang tokoh seperti Timun Mas, Tumang, Bawang Putih, ataupun Keong Emas? Ikuti saja seri komik online-nya!

7. Maghfirare – Adelia Maghfira

Sumber: Maghfirare

Sumber: Maghfirare

Facebook: @maghfirare Instagram: @maghfirare

Komik satu ini memang seringkali tidak dapat ditebak, entah itu kontennya ataupun tanggal update-nya. Namun, penantian para penggemar selalu terbayarkan dengan penuh ketika Adelia Maghfira menerbitkan karya terbarunya! Karena temanya yang beragam (mulai dari guyonan soal percintaan, dilema kehidupan, sampai parodi pop-culture), komik dari Adelia akan selalu menjadi kejutan tersendiri bagi penggemarnya di media sosial.

Baca Juga: Adelia Maghfira : Berkarya dengan Tujuan ‘Berkarya’, Bukan untuk Nyari Uang

8. Komplek Tanpa Faedah – Patrick Jonbray

Sumber: Komplek Tanpa Faedah

Sumber: Komplek Tanpa Faedah

Instagram: @jonbrayy

Dalam komik yang “tidak ada faedahnya” ini dari Patrick Jonbray, kamu harus siap dibuat ketawa gara-gara punchline dalam bentuk lirik lagu luar.

Dalam salah satu komiknya di Instagram, seorang pria menanyakan arah jalan.  Ketika kamu membuka slide selanjutnya, kamu dapat mendengar lagu New Rules-nya Dua Lipa. Di saat itulah pembaca juga sadar bahwa pelafalan “I’ve got new rules, I count ‘em” dapat terdengar seperti “Agak lurus ke kanan”. Tidak ada cara yang paling tepat untuk menjelasakan pembawaan jenaka komik ini selain dengan melihatnya secara langsung.

Baca Juga: Patrick Jonbray: Komik Saya Paling Gak Ada Faedahnya

9. Komik Lieur – Sagus

Sumber: Komik Lieur

Sumber: Komik Lieur

Facebook: @komiklieur | Instagram: @komiklieur

Bila kamu mengikuti Komik Lieur, kamu bakal dapat melihat bahwa bukan hanya anak bocah saja yang tingkahnya aneh-aneh. Nyatanya, komik satu ini menggambarkan bahwa semua orang bisa bertingkah konyol. Mulai dari bocah, anak remaja, hingga aki-aki!

Baca Juga: Sagus: Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil

10. Tahilalats (Mind Blowon) – Nurfadli Mursyid

Sumber: Tahilalats

Sumber: Tahilalats

Facebook: @tahilalats | Instagram: @tahilalats

Satu lagu komik anak bangsa yang sudah amat populer di dunia media sosial. Mind Blowon yang juga lebih dikenal dengan judul Tahilalats adalah bukti betapa ampuhnya lawakan receh dalam menemani keseharian orang-orang. Saat artikel ini ditulis, akun Instagram Tahilalats sudah memiliki 2,9 juta followers. Seperti kata komik ini, “Kalo bengong ntar kerasukan!! Mending baca komik Tahilalats aja!!”

11.  Komik Faktap – Iskandar Salim

Sumber: Komik Faktap

Sumber: Komik Faktap

Facebook: @komikfaktap | Instagram: @komikfaktap

Dengan tagline “Opini random oom-oom millenial”, Komik Faktap juga menjadi salah satu komik strip yang sering menyerempet permasalahan hangat dalam masyarakat Indonesia. Mulai dari permasalahan soal maraknya berita hoax, animo masyarakat dalam Asian Games, perilaku anggota DPR, sampai perburuan hewan di Indonesia, semua tampaknya tak luput dari sorotan Komik Faktap dan dibawa lebih dalam lagi dalam kesadaran netizen Indonesia.

Baca Juga: Komik Faktap dan Perbincangan Seru di Kantor CIAYO Comics

12. MlemBlemMlem – Yozhman

Sumber: Yozhman

Sumber: Yozhman

Facebook: @yozhmann | Instagram: @Yozhman

Lawakan receh, kebun binatang yang tiba-tiba keluar tanpa peringatan, sedikit 18+, dan terkadang dapat tidak terduga kelam. Itulah unsur-unsur yang dapat diharapkan oleh penikmat komik MlemBlemMlem. Bagi para pengguna media sosial yang menyukai lawakan kasar, delivery yang dibawakan oleh karakter-karakter imut nan cartoonish bisa jadi pengalaman tersendiri.

13. Soekirman – Zainul Moza & Yogadanu

Sumber: Soekirman

Sumber: Soekirman

Facebook: @komiksoekirman | Instagram: @komiksoekirman

Siapa sangka lawakan dengan sudut pandang tukang parkir dapat menjadi suatu hal yang menghibur? Komik anak bangsa satu ini tidak hanya menawarkan guyonan ringan, namun juga terkadang memberikan komentar soal perilaku masyarakat. Contohnya, Soekirman sempat mengomentari orang yang bermotor, namun menaruh helm di dengkul dan bukan di kepala!

Baca Juga: Yogadanu: Di Balik Kesuksesan Soekirman, Mbok De dan Galaxin

14. Tuti and Friends – Raden Mohamad Fajar

Sumber: Tuti and Friends

Sumber: Tuti and Friends

Facebook: @TutiAndFriends | Instagram: @tutiandfriends

Komik unyu Tuti and Friends sudah mengisi halaman Facebook netizen Indonesia sejak tahun 2013. Dengan gaya bicaranya yang amat khas dan kekanak-kanakan, tingkah Tuti yang lucu dan polos dapat menjadi senjata ampuh untuk menghangatkan hati di tengah kesibukan sehari-hari.

15. Komikman – Dirga Deka

Sumber: Komikman

Sumber: Komikman

Facebook: @komikmanstrip | Instagram: @komikman

Dengan karakter-karakter kartun putih polos yang minim detail, untuk sekilas kamu mungkin mengira komik strip ini memiliki lawakan ringan yang dapat membuat hati jadi hangat. Namun, bila kamu lebih teliti, hashtag #depressingman yang seringkali digunakan dalam Komikman bisa jadi petunjuk pertama soal konten komik strip ini.

Dirga Deka, sang komikus, menggambarkan karakter-karakter dalam Komikman sebagai sosok yang kurang empatis. Interaksi mereka seringkali menghasilkan tawa bagi pembaca yang harus dibayarkan dengan penderitaan para karakter kartun tersebut.

Baca Juga: Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

16. Komik si Abi – Abi Ma’ Ruf

Sumber: Si Abi

Sumber: Si Abi

Instagram: @si_abi

Komik si Abi karya Abi Ma’ Ruf ini suka sekali memasukkan pembaca ke dalam situasi konflik dan membalikkannya dengan lawakan permainan kata. Contohnya seperti kisah seorang pria yang ingin menceraikan isterinya dan menyatakan bahwa ia ingin ke meja hijau. Tentu saja, sang isteri membawakannya kemeja hijau dan membuat semua, termasuk pembaca, jadi speechless.

17. Mice Cartoon – Muhammad Misrad

Sumber: Mice Cartoon

Sumber: Mice Cartoon

Facebook: @micecartoonofficial Instagram: @micecartoon.co.id

Berbeda dengan kebanyakan komik strip lainnya, komik ini bisa dikatakan memiliki sejarah di media mainstream dan merambah ke media sosial. Serial komik ini sebelumnya memiliki nama Benny & Mice dan diterbitkan setiap hari minggu dalam koran Kompas.  Sekarang, Benny & Mice sudah berubah menjadi Mice Cartoon dan mulai menemani netizen Indonesia dari tahun 2013.

Masih setia dengan tema yang dibawakannya sejakan bertahun-tahun lalu, Mice Cartoon menawarkan kritik sosial untuk warga kota Jakarta dan berbagai aspek kehidupan mereka. Tentunya kritik tersebut dilakukan secara sopan dan juga bahasa yang menggelitik netizen.

Baca Juga: Mengenang Kembali Karya Mice di Pameran 20 Tahun Mice Berkarya

Masih banyak komik anak bangsa lainnya yang beredar di media sosial warganet nusantara

Sumber: MASDIMBOY

Sumber: MASDIMBOY

Selain delapan belas komik di atas, masih ada banyak anak bangsa lainnya yang berkarya dalam bentuk komik dan menerbitkannya di media sosial. Misalnya saja seperti GetGoh (karya Randy Indrayanto) yang menyorot kehidupan sepasang couple, Goh dan Minyi. Ada juga rysetcomic (Ryan Setiawan) yang ber-tagline “Slice of Laugh” dan Slengkiy yang mengikuti tokoh sejenis kucing antropomorfik. Selain itu, masih ada Komik Si Kardus (Faisal Firdaus) yang seringkali membawa tema rohani.

Belum lagi kalau kita menghitung komik-komik yang sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tidak update konten di media sosial. Contohnya seperti Masdimboy, Kartun Ngampus, Si Blank Comic, Komik Kentung, Komik Kampus Holic, dan Loading TCS.

Dapat dilihat, ada banyak sekali anak bangsa yang menuangkan karya mereka dalam media sosial warganet Indonesia. Semuanya berperan dalam menghibur dan mewarnai keseharian kita semua. Tentunya, pasti masih banyak komikus nusantara lainnya yang setia menghibur warganet. Bila kamu tahu komikus/serial komik online yang terlewat dalam daftar ini atau mungkin ada data yang kurang lengkap, jangan ragu untuk meninggalkan komen!

Dan, kalau kamu juga butuh hiburan komik online di luar daftar di atas, kamu dapat mengunjungi CIAYO Comics untuk menikmati komik anak bangsa dengan beragam genre.

Banner Komik Komedi

About Author

Maximilian Surjadi

Forever a writer. He’s almost able to write anything, from news piece to grooming tips. But, he especially have a deep interest in fiction, fantasy, history, and culture. Visit him at bearly-max.com and for tarnation sake, don’t feed him anything!

Comments

Most
Popular

00 d CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

CIAYO Comics mengadakan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 untuk komik miniseries dan one-shot. Berhadiah lebih dari 450 jut.. more

00-m-amaki-sally

Amaki Sally, Idol Jepang Yang Tingkahnya Nggak Kayak Idol

Amaki Sally adalah idol dari grup 22/7 bentukan Yasushi Akimoto. Ia blasteran Amerika, imut, dan ternyata kebanyakan mai.. more

Sumber gambar: playground.ru

Game Tembak Klasik The House of the Dead Kembali dengan ‘Scarlet Dawn’

Bro sis penggemar video game yang sempat merasakan kejayaan era arcade/dingdong tahun 90an hampir pasti pernah melihat d.. more

00-d-comifuro-11

CIAYO Comics Akan Bawa Nuansa Jejepangan ke Comifuro 11

CIAYO Comics bakal boka booth yang Jejepangan abis di Comifuro 11. Bakal ada games, portfolio review, meet and greet, da.. more