Komik Cloverlines Akan Go International Lewat Kickstarter!

3 weeks ago
cloverlines

Berkat bantuan Kickstarter, banyak sekali kreator asal Indonesia yang berhasil menciptakan karya mereka dan go international. Sebut saja game Valthirian Arc dari Agate yang belum lama ini terbit di bawah naungan publisher Inggris PQube berkat Kickstarter mereka yang sukses. Ada lagi Target Acquired, DreadOut, serta Celestial Tales: Old North yang juga sukses dengan crowdfunding mereka.

Hal yang sama pun terjadi dalam skena pop culture Jejepangan di Indonesia, dengan visual novel Our Feelings dan One Last Crane yang akan segera hadir berkat crowdfunding Kickstarter-nya yang sukses. Kini, bakal ada komik Indonesia yang bakal segera menembus pasar internasional lewat Kickstarter. Komik tersebut adalah Cloverlines.

Apa Itu Cloverlines?

Cover volume pertama. Sumber: Scroll Down Comics

Cover volume pertama. Sumber: Scroll Down Comics

Cloverlines merupakan sebuah komik/webtoon yang tayang di Tapas serta LINE Webtoons Discover, yang mengangkat tema musik dan sci-fi. “Macross bertemu dengan Vocaloid,” begitu jelas Ababil Ashari, alias Ash, selaku project lead komik ini. Ash yang juga dikenal dengan nama pena Wednesday Ash merupakan penulis cerita komik dari Jakarta. Selain Cloverlines, Ash telah menulis beberapa judul komik seperti Entytas bersama Ellinsworth (author G0ZO), The Animator bersama Azam Raharjo (author Arif & Imam Polsek Benhil), serta Kat Story.

Selain komik, Cloverlines juga merupakan band yang juga digarap oleh Ash. Dalam proyek band Cloverlines yang sudah menghasilkan satu album ini, Ash menggunakan Vocaloid GUMI sebagai suara vokal Aimi, dan juga menggandeng berbagai musisi dari skena Vocaloid lokal.

Cloverlines bercerita tentang Yuuki, gitaris yang bermimpi menjadi rockstar populer di seantero galaksi. Datang ke bumi, ia bertemu dengan Aimi, vokalis band Cloverlines yang kebetulan baru saja kehilangan gitaris mereka tepat sebelum konser debut mereka! Yuuki juga bertemu dengan Damon, frontman band tersebut; serta mesin drum Rinne.

Yuuki datang ke bumi untuk menjadi musisi top. Sumber: Scroll Down Comics

Yuuki datang ke bumi untuk menjadi musisi top. Sumber: Scroll Down Comics

“Sangat menyenangkan menulis karakter-karakter tersebut,” ungkap Ash. “Dan ketika melihat subscriber terus menerus bertambah setiap bulan di LINE Webtoons Discover dan Tapas, rasanya sangat luar biasa! Melihat banyaknya minat untuk komik fisik pertama Cloverlines dari subscriber kami, yah kami mesti mencobanya lah!”

Komik Indonesia di Panggung Kickstarter

Untuk mewujudkan harapan para pembaca Cloverlines, Ash bekerja sama dengan Webtoons Hub, komunitas internasional pecinta komik webtoon yang berbasis di London untuk bisa memproduksi buku fisiknya lewat Kickstarter.

“Saya rasa Cloverlines bisa mendapatkan audiens yang lebih besar melalui komik fisiknya,” ungkap Nen selaku pemilik dan admin Webtoons Hub. “Kemudian karena teman saya sendiri, Ash, yang meminta bantuan saya… Saya tidak bisa berkata tidak, haha!”

Kehidupan Yuuki berubah setelah bertemu Aimi. Sumber: Scroll Down Comics

Kehidupan Yuuki berubah setelah bertemu Aimi. Sumber: Scroll Down Comics

Visual dari komik ini diciptakan oleh dua ilustrator asal Indonesia: asteRiesling sebagai desainer, dan nachocobana sebagai komikusnya. “Membuat design karakter yang berada di masa depan itu menyenangkan tapi juga menantang. Saya rasa, saya masih harus banyak belajar dan mengeksplor aspek-aspek futuristik pada tiap karakter. Tapi saya sangat senang para pembaca sudah bisa menikmatinya,” ujar asteRiesling.

“Bukan main! Ini mimpi yang saya pikir tidak akan pernah jadi nyata! Kerja keras memang tidak pernah mengkhianati.” tambah nachocobana. “Dan bagaimana kami bisa berada di sini, tentu tidak bisa lepas dari dukungan tim kreatif Cloverlines dan juga pembaca!”

Para crew Cloverlines: Ash, Nen, asteRiesling, nachocobana. Sumber: Scroll Down Comics

Para crew Cloverlines, dari atas ke bawah: Ash, Nen, asteRiesling, nachocobana. Sumber: Scroll Down Comics

Jika Kickstarter Cloverlines ini sukses, pembaca bisa mendapatkan berbagai perks dan rewards menarik. Selain buku komiknya, backer komik ini juga bisa mendapatkan art print eksklusif serta lagu-lagu baru dari Cloverlines! Rewards fisik bakal dicetak dan dikirim oleh Ka-Blam Digital Printing langsung dari Florida, Amerika Serikat.

“Hal tersulit dalam crowdfunding seperti ini adalah eksekusinya. Salah satu alasan kenapa kami memilih Kickstarter juga karena kecemasan kami saat sudah harus benar-benar mengirimkan reward – barang hasil penggalangan dananya,” ungkap Ash. “Tapi dengan Ka-Blam yang menyediakan jasa printing dan pengirimannya, saya jadi tenang karena semuanya dikerjakan oleh profesional.”

Komik Cloverlines berhasil memenuhi goal Kickstarter-nya! Sumber: Kickstarter

Komik Cloverlines berhasil memenuhi goal Kickstarter-nya! Sumber: Kickstarter

Pada saat artikel ini ditulis, Kickstarter Cloverlines terlah berhasil mengumpulkan $211 dari target $100. Artinya, Kickstarter Cloverlines sudah berhasil didanai sebanyak 211% hanya dalam satu hari saja! Namun proses funding tak akan berhenti sampai di sini. Ash menyiapkan berbagai stretch goal untuk meningkatkan kualitas buku Cloverlines, menjamin kelanjutan komik Cloverlines di masa depan, dan menambah bonus menarik. Salah satunya adalah produksi lagu baru dari Cloverlines!

Tertarik untuk mendukung Cloverlines? Kamu bisa membuka Kickstarter mereka di sini. Kickstarter akan ditutup tanggal 2 November 2018.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: bigthink.com

5 Aksi Pesulap yang Gagal

Menjadi pesulap atau illusionist bukan hanya sekedar hobi yang seru, tapi juga sebuah profesi yang menegangkan. Dibalik .. more

Suasana CIAYO Comics Club (CIAYO Comics)

Satu Tahun CIAYO Comics, Perlahan Merasuki Hati Penggemar Komik Indonesia

Para penikmat komik yang awalnya ragu, perlahan mulai penasaran akan perkembangan komik Indonesia. CIAYO Comics menjadi .. more

Sabrina – Chapter 10: Kejutan dari Orang Asing

Baru beberapa hari menghabiskan waktu di Bali, Sabrina sudah mengalami banyak hal yang tidak terduga... more

(Sumber gambar: HealthThoroughfare)

Pasca “Skandal Cambridge Analytica”, Facebook Mulai Goyah?

Skandal Facebook baru-baru ini memang bikin heboh. Tapi apa kira-kira pengguna Facebook masih bisa "percaya"?.. more

komikomen 2.0

Komikomen 2.0 – Webcast yang Apresiasi Komik Indonesia!

Web series Komikomen 2.0 menyajikan diskursus dasar mengenai industri komik Indonesia dan persinggungannya dengan budaya.. more