Komik Indonesia Jadi Influencer Paling Berpengaruh?

4 months ago
00-d-komik-indonesia-influencer

Dewasa ini sepertinya masih banyak orang yang memandang karir sebagai komikus dengan sebelah mata. Membuat komik masih sebatas hobi yang belum bisa dijadikan pendapatan utama dan kurang aman di jangka panjang. Namun sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Saat ini menjadi komikus bisa jadi sumber penghasilan utama, juga bisa membantu menggerakkan pembacanya!

Hal ini diungkapkan oleh Borton Liew, CEO CIAYO Corp, serta salah satu founder dan penasihat Asosiasi Komik Indonesia (AKSI). Hadir sebagai narasumber dalam acara Market Corner di BeritaSatu TV, Borton menjelaskan berbagai prospek menjanjikan dalam industri komik Indonesia.

komik indonesia berita satu

Sumber: BeritaSatu

Menurut Borton, saat ini industri komik Indonesia telah berada di puncak piramida influencer. Maksudnya, komik Indonesia telah berhasil menggerakkan hati pembacanya, baik dalam menyampaikan pesan moral dan makna dalam ceritanya, hingga sesederhana endorsing dan promosi produk.

Mengapa bisa demikian? Komik Indonesia saat ini sangat mudah untuk diakses. Dengan berkembangnya teknologi internet dan sosial media, komik dibuat dalam bentuk digital sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, komikus Indonesia juga memiliki kekuatan bak selebriti dengan jumlah follower ribuan yang diperkuat kemampuan engagement yang tergolong cukup militan.

Komik Indonesia Bagian Dari Pemberdayaan IP

Borton melanjutkan, komik merupakan salah satu media untuk memberdayakan IP, alias properti intelektual. IP merupakan bentuk sumber daya yang tidak terbatas, karena potensinya tertanam dalam setiap orang. Jika orang mau belajar dan berusaha mengembangkan ide dan kreativitasnya, mereka bisa menciptakan IP yang sukses. Tak hanya lewat komik, IP juga bisa dikembangkan menjadi merchandise, game, hingga film. Contohnya seperti Si Juki.

Semakin berkembangnya IP lokal, tentu harus ada usaha untuk melindunginya. Kehadiran asisoasi seperti AKSI tentu menjadi angin segar bagi industri komik. Kehadiran AKSI bertujuan untuk melindungi IP komik lokal, serta memberdayakan komikus Indonesia agar bisa mengembangkan komiknya.

Baca Juga: Asosiasi Komik Indonesia Resmi Dideklarasikan!

komik indonesia borton liew

Sumber: BeritaSatu

Tentunya dengan prospek yang sangat menjanjikan tersebut, menjadi seorang komikus bukan lagi isapan jempol belaka. Borton kembali menjelaskan situasi hidup komikus Indonesia yang kini bisa hidup nyaman. Tak hanya mampu menghasilkan gaji UMR, komikus juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan lewat endorsement, alias crossover dengan produk lain.

Borton menyebutkan, fenomena komik Indonesia ini bagaikan gunung es. Memang saat ini Si Juki terlihat sebagai sebuah komik/IP lokal yang sangat sukses. Namun kenyataannya masih banyak judul komik dan IP lokal lain yang berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan.

komik indonesia influencer

Sumber: BeritaSatu

Nah, masih nggak percaya kalau jadi komikus nggak bakal sukses? Nggak ada kata terlambat untuk mulai mencoba jadi komikus. Jangan ragu untuk mencoba dan belajar; siapa tahu komik kamu bisa jadi the next big thing!

Kamu pede dengan kemampuan ngomik kamu? Jangan takut untuk masukin komik kamu ke submisi CIAYO Comics atau CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Buktikan kalau komik kamu memang bisa jadi sukses!

Baca Juga: Ingin Jadi Author Official? Ini Dia Cara Submisi Komik CIAYO Comics!

Baca Juga: Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

The Kasuaris – Episode 6: Si Cantik Vivi Kasuari

Hello, I’d like to introduce myself to you guys and gals, my name is Vivi Kasuari... more

(Source : Facebook @WelcomeSapporo)

“Sapporo Snow Festival” Festival Salju Terbesar di Jepang

Festival musim dingin terbesar di Jepang bernama Sapporo Snow Festival sudah dibuka lho... more

Sumber gambar: Marvel Comics

Thor Odinson Akan Kembali Jadi “God of Thunder” di Komik Terbaru Marvel

Thor adalah IP lama dari Marvel Comics. Mayoritas orang mungkin baru mengenal karakter ini dari film “Thor” (2011) y.. more

Nostalgia bersama film “You Are the Apple of My Eye” versi Jepang

You are The Apple of My Eye, Film yang berasal dari Taiwan dan sempat populer beberapa tahun lalu ini akan dibuat versi .. more

00-d-pubg-mobile

Booming di Sekolah, PUBG Mobile dan Fortnite Dikeluhkan Para Guru

Dua game battle royale populer, PUBG Mobile dan Fortnite, menyambangi perangkat smartphone. Namun, guru-guru di sekolah .. more