Komik MS Paint Ini Bikin Netizen Ketawa dan Penasaran!

1 month ago
00-d-komik-ms-paint

Seorang cowok berbadan kurus duduk di panggung. Sesekali ia memainkan ukulele di tangan. Layar proyektor menampilkan oret-oretan gambar yang nampak tidak karuan. Namun, penonton di bawah memperhatikan penampilan si cowok dengan seksama.

“’Siapa sebenarnya namamu?’ Putri Wulandari pun mempertanyakan nama dari ksatria tersebut,” ujar sang cowok. Ternyata ia tengah mendongeng. “Lalu ksatria itu menjawab, ‘Namaku adalah… Hamba Allah.’”

komik ms paint

Sumber: CIAYO Pictures

Seluruh penonton tertawa terbahak-bahak.

Siang hari di hari kedua Comic Frontier 11 terasa beda dari kemarin. Jika biasanya panggung hiburan Comifuro 11 diramaikan musik dan komedi di awal dan akhir acara, penampilan pendongeng yang ada di jam-jam diskusi dan seminar kreatif seakan jadi penyegar bagi pengunjung yang lelah berbelanja merchandise. Inan, sang pendongeng, berhasil menghibur penonton dengan kisah dongengnya yang unik dan sulit ditebak.

Baca Juga: Meski Sedang Asian Games, Comic Frontier 11 Tetap Ramai

Sumber: Inan

Sumber: Inan

Sehari-hari, Inan menjadi editor komik bagi Kisai Entertainment. Between Hearts yang bisa kamu baca di CIAYO Comics jadi salah satu komik yang ia editorkan. Namun di sela-sela kesibukannya sebagai editor komik, Inan juga aktif menciptakan komik 4koma bertema komedi absurdis.

Bertajuk Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram, Inan menggambar berbagai komik komedi yang terkesan absurd, bergaya ironis, serta memiliki alur yang tak terduga. Komik pertamanya ia unggah pada akhir bulan Mei 2017, yang artinya saat ini Inan telah menjajaki hobi ngomiknya selama satu tahun lebih.

Komik “Shitposting”

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Inan mengaku membuat Komik MS Paint untuk menghindari kejengahan situasi politik lokal. “Shitposting,” aku Inan dengan singkat. Ia mencoba menggambar Komik MS Paint dengan tangan kiri, dan menemukan hasil gambarnya unik dan lucu sehingga ia pun mengunggahnya ke Facebook.

Ada berbagai macam tema dan topik yang diangkat dalam Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram. Topik tersebut berkisar antara meme internet; parodi game, film, dan serial dalam dan luar negeri; hingga berbagai konten original. Bicara soal parodi, Inan juga beberapa kali memparodikan judul-judul komik CIAYO Comics seperti Rika si Preman Sekolah, My Heart My Soul, hingga Wonder Sweet.

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

“Pas bikin strip gue fokusnya di bagian setup sih, kayak main sulap aja,” ungkap Inan saat ditanya inspirasi dan trik di balik punchline komiknya yang di luar nalar. “Kalo kamu bisa ngedistraksi orang dan bikin mereka gak mikir tentang niat awal kamu, kamu bisa jadiin bahkan perkataan yang biasa didenger jadi punchline yang efektif.”

Lalu, ada nggak sih rahasia di balik ide-ide Inan yang out of the box ini? Dengan singkat, Inan menjawab, “Never try to think out of the box.”

Komik MS Paint Tonjolkan Absurditas dan Relatability

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Ketika ditanya maksud jawabannya itu, Inan menekankan bahwa komedi yang bagus nggak selamanya mengandalkan konsep absurditas. “Kadang kalo cuman ngandelin absurdity, kita gak bakal bisa bikin lawakan yang nampol sih. Karena selain ngancurin ekspektasi orang, komedi pun juga harus punya hal lain supaya bener-bener nampol, which is relatability.”

Inan kemudian menutup penjelasannya dengan kesimpulan, bahwa absurditas jadi alasan orang untuk tertawa, namun relatability menjadikan tawa tersebut ‘menular’ kepada orang lain. “It’s a thing that makes comedy connects people,” jelasnya.

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Saat ini Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram telah mengumpulkan lebih dari 13 ribu likes dan 14 ribu follower di Facebook, serta lebih dari 2 ribu follower di Instagram. Para fans setia Komik MS Paint membagikan komik-komik Inan setiap hari, bahkan mengingat berbagai kalimat-kalimat ikonik yang muncul di dalamnya, seperti “Maafkan aku Dewi Kuan Im” hingga “Tidak untuk hari ini kawan lamaku.”

Pengalaman Inan ini membuktikan bahwa Komik MS Paint pun mampu menghibur pembacanya dengan caranya sendiri. Meskipun gambar komiknya tidak mengagumkan, namun Inan berhasil mengalihkan perhatian pembacanya dengan cerita, timing komedi, dan punchline yang menusuk langsung, mudah dipahami, dan pastinya mampu memancing tawa.

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Sumber: Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram

Penasaran dengan karya Inan lainnya? Kamu bisa baca Between Hearts, komik yang dieditori olehnya, hanya di CIAYO Comics. Ingin baca komik komedi yang sama lucunya dengan Komik MS Paint Demi Kehidupan Beragama yang Tentram? CIAYO Comics juga punya rangkaian komik komedi yang bisa mengocok perut kamu. Cekidot di bawah ini ya!

Banner Komik Komedi

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Beyond The Cartoon

17 Fakta Unik Tentang Film Spirited Away yang Harus Kamu Tau!

Mau tahu lebih banyak tentang Film Spirited Away? Ini 17 Fakta Uniknya!.. more

Sumber: TheHackerNews

Komputer Senilai US$2 Juta Dicuri Untuk Menambang Bitcoin dan Cryptocurrency Lain

Tak hanya menyebabkan kelangkaan pasokan kartu grafis di kalangan gamers PC namun penambangan bitcoin dan cryptocurrency.. more

(Sumber: zimbio.com)

Memperingati 20 Tahun Anniversary Harry Potter

Tepat 31 Juli lalu, penulis terkenal JK. Rowling baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke 52 tahun. Ulang tahunnya bers.. more

00-d-asian-games-e-sports

Cabor E-sports Asian Games Terpilih Mengundang Pro dan Kontra!

6 cabang olahraga Asian Games e-sports telah terpilih. Banyak pihak menyampaikan pro dan kontranya. Apa saja yang jadi b.. more