Ini Perbedaan Antara Komik Noblesse Dengan Animenya!

2 weeks ago
00-d-komik-noblesse

Jika bicara tentang komik atau manhwa Korea, nama Noblesse tentu tak bisa lepas dari pikiran para fans. Komik Noblesse karangan Son Jeho dan Lee Kwangsu ini menyajikan kisah horor vampir dalam kemasan modern dan segar. Terbangun setelah 820 tahun, Cadis Etrama di Raizel; seorang Noblesse, atau bangsawan dengan karakteristik mirip vampir, harus menyesuaikan diri dengan dunia modern sekaligus mencari tahu apa yang terjadi selama ia tertidur.

Popularitas komik Noblesse tergolong sangat panjang umur. Komik ini masih terus tayang sejak tahun 2007 hingga hari ini. Totalnya sudah ada lebih dari 500 chapter yang sudah terbit dan bisa dibaca di website. Tak hanya itu, Noblesse juga dibuatkan dua buah anime. Pertama oleh Studio Animal di tahun 2016, yang menceritakan masa lalu Rai sebelum tidur panjangnya, dan kedua oleh Production IG di tahun yang sama.

Komik Noblesse diadaptasi ke dalam dua judul anime. Sumber: We Heart It

Komik Noblesse diadaptasi ke dalam dua judul anime. Sumber: We Heart It

Anime Noblesse kedua oleh Production IG adalah yang paling populer, karena menceritakan arc pertama komik Noblesse serta tayang serentak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Anime dengan format OVA satu episode ini meringkas 78 chapter dari season pertamanya. Bukan tak mungkin ada perbedaan yang sangat menonjol antara komik Noblesse dengan animenya. Apa saja perbedaan tersebut? Apakah perbedaan tersebut membuat anime ini makin buruk?

Perbedaan Antara Komik Noblesse Dengan Anime

Kebangkitan Rai

Peti mati Rai diangkat dari dasar laut. Sumber: ElectricSistaHood

Peti mati Rai diangkat dari dasar laut. Sumber: ElectricSistaHood

Noblesse dimulai dengan adegan dimana peti mati milik Rai diangkut ke sebuah gedung. Di sini, terdapat perbedaan antara komik dengan animenya. Jika dalam komik peti mati itu terbuka dan Rai terbangun di siang bolong, maka dalam anime hal itu terjadi di malam hari, saat kemunculan bulan purnama. Meski demikian, adegan saat Rai muncul tetap keren di kedua versi.

Juga dalam adegan yang tidak jauh dari situ, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Jika dalam komik orang-orang yang menemukan peti Rai dibunuh oleh Mary, maka dalam anime mereka dibunuh oleh makhluk infected.

Rai Menemukan Frankenstein

Frankenstein bertemu kembali dengan sang master. Sumber: TheOASG

Frankenstein bertemu kembali dengan sang master. Sumber: TheOASG

Baik versi komik dan anime menampilkan perjalanan Rai menemukan pelayan setianya, Frankenstein. Bagaimana plot ini ditampilkan, sangat berbeda antara kedua media.

Dalam komik Noblesse, awalnya Rai berjalan ke sekolah dan kemudian disapa oleh murid bernama Han Shinwoo. Shinwoo menyuruh Rai untuk bergegas agar dia tidak terlambat. Meski demikian, Shinwoo dan yang lain terlambat masuk sekolah dan dihukum lari oleh penjaga sekolah Mr. Park. Karena dilihat oleh taksirannya Seo Yuna, Shinwoo memutuskan untuk lari lebih lama lagi. Oleh Mr. Park, Rai diarahkan ke ruang kepala sekolah. Karena tidak tahu jalan, Shinwoo mengantarnya ke ruangan kepala sekolah, yang mana orangnya adalah Frankenstein sendiri.

Sementara itu dalam anime, pertemuan pertama Rai dengan Shinwoo justru terjadi di depan gerbang sekolah. Mr. Park sudah mengunci gerbangnya lebih dulu sehingga Shinwoo tidak bisa masuk. Namun berkat bantuan Rai, Shinwoo bisa masuk ke dalam sekolah. Rai tidak membutuhkan bantuan Shinwoo saat mencoba mencari ruang kepala sekolah tempat Frankenstein bekerja. Ia seakan sudah mengetahui lokasi Frankenstein dengan tepat.

Perburuan Noblesse

M-21 dan M-24 diberi tugas untuk menangkap Noblesse. Sumber: Livejournal

M-21 dan M-24 diberi tugas untuk menangkap Noblesse. Sumber: Livejournal

Kemunculan seorang Noblesse di masa modern ternyata sudah jadi incaran sebuah organisasi misterius. Mereka kemudian mengirim sekelompok agen hasil eksperimen untuk menangkap Noblesse. Dua diantara agen tersebut adalah M-21 dan M-24. Baik komik Noblesse dan animenya mengangkat cerita ini. Namun, ada perbedaan kontras antara keduanya.

Dalam komik, M-21 dan M-24 tidak tahu alasan kenapa mereka memburu peti mati Rai. Apa yang mereka pikirkan hanyalah mencari nama asli mereka dan teman-teman mereka yang telah gugur.

Sementara dalam anime, mereka mendapatkan misi dari Jake dan Mary untuk mengambil peti mati Rai. Mereka tahu ada Noblesse di dalamnya, dan mereka berharap bisa memanfaatkan kekuatan Noblesse untuk bisa bebas dari siksaan Jake. Sayangnya mereka terlambat karena Rai sudah keburu bangun. Bahkan saat mereka tak sengaja bertemu dengan Rai, keduanya tak sadar jika Rai adalah Noblesse yang selama ini mereka incar.

Rai terbangun dari tidur panjang. Sumber: Livejournal

Rai terbangun dari tidur panjang. Sumber: Livejournal

Masih ada lagi perbedaan antara komik Noblesse dengan animenya. Sebagian fans menganggap perbedaan tersebut justru menghilangkan berbagai hal penting yang berhubungan dengan plotnya. Bagaimana menurut kamu sendiri?

Dan for your info, Indonesia juga punya berbagai judul komik yang juga dibuat animasinya loh! Siapa yang nggak kenal sama Si Juki yang sempat menghiasi layar bioskop? Lalu ada juga Sengklekman dan Si Nopal yang punya animasinya sendiri. Semuanya adalah judul komik yang bisa kamu baca di CIAYO Comics. Sehabis nonton animasi mereka, jangan lupa juga baca komiknya dengan klik gambar di bawah ini!

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Galaxin (CIAYO Comics)

Komik Romantis Ini Banyak Kejutannya

Bro sis, pada suka baca komik romantis nggak? Udah pernah denger komik Galaxin belom? Katanya sih, komik romantis ini ba.. more

00-d-bohemian-rhapsody

Bohemian Rhapsody: Transformasi Freddie Mercury Rami Malek Yang Sangat Jawara

Rami Malek bertransformasi menjadi Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody. Apakah film ini merupakan tribut yang p.. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Payung: Komik Viral yang Bikin Mewek

Hi guys! masih inget nggak sama komik Payung? Komik oneshot bikinan Thoma Prayoga ini adalah salah satu oneshot pertama .. more

Sumber: TheVerge

The Lord of the Rings TV Show Akan Jadi TV Show Termahal Di Dunia?

The Lord of the Rings digadang-gadang akan menjadi serial TV paling mahal! Apakah akan sekeren filmnya?.. more

Sumber: www.bandainamcoent.com

Review Game Dragon Ball FighterZ: Saatnya Melakukan Combo Yang Super Dahsyat

Baru-baru ini pihak developer asal Jepang, Arc Sistem Works baru saja merilis game pertarungan terbaru dari Dragon Ball .. more