Komik Origins: Gundala

2 years ago
Sumber: http://bumilangit.com/

Tahun 60-80an, sejarah komik di negara kita banyak bermunculan komik-komik superhero lokal yang dipengaruhi oleh komik superhero Amerika loh bro sis. Salah satunya adalah Gundala Putera Petir yang diciptakan oleh bapak Hasmi komikus tanah air di tahun 1969. Komik action dan komik fantasy ini termasuk salah satu komik legendaris di Indonesia dan masih banyak yang mengenalnya hingga saat ini. Saking terkenalnya, pada tahun 1981  Gundala juga pernah muncul di film layar lebar yang diadaptasi dari komiknya! Wuih gimana guys? Penasaran pengen tahu lebih banyak soal Gundala? Langsung aja yuk lanjut baca info-info menarik yang kita rangkum dibawah ini!

Karakter

Dari namanya aja pasti langsung kebayang dong, kekuatan utama dari karakter Gundala adalah petir. Ide ini terinspirasi dari tokoh legenda Jawa yaitu Ki Ageng Sela yang diceritakan bisa menangkap petir, dan desain karakternya terinspirasi dari The Flash, karakter komik yang berasal dari DC Comics.

Sumber: http://bumilangit.com/

Asal Usul

Sosok asli dibalik topeng Gundala adalah Sancaka, seorang ilmuwan dan peneliti jenius yang menemukan serum anti petir. Sancaka diceritakan mempunyai seorang kekasih bernama Minarti, yang memutuskan hubungan cintanya dengan Sancaka dikarenakan dia lupa untuk datang di pesta ulang tahun Minarti karena kesibukannya di laboratorium. Waduh meskipun lagi asik kerja tapi jangan pernah lupa tanggal ulang tahun si doi ya guys, bisa baper kuadrat!

Dengan perasaan yang sedang galau dan patah hati, Sancaka pergi meninggalkan Minarti di saat hujan deras. Di tengah perjalanan, Sancaka tersambar petir dan dalam keadaan koma ia ditarik oleh suatu kekuatan misterius dari planet lain dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz, sekaligus diberkati kemampuan super yaitu bisa memancarkan geledek dari telapak tangannya. Ngga cuma itu loh bro sis, Raja Taifun dari kerajaan Bayu juga memberinya kekuatan lari secepat angin. Sejak saat itulah Sancaka menjadi jagoan penumpas kejahatan dengan pakaian hitam ketat dan wajah tertutup topeng, dan di sisi topeng terdapat hiasan sayap burung serta memakai sepatu dan cawat berwarna merah. Coba, kapan lagi ya kan abis diputusin pacar bisa jadi superhero?

Kemampuan

Gundala mempunyai jurus-jurus spesial dalam memberantas musuh-musuh jahatnya, yaitu antara lain:

  • Sambaran petir dengan berbagai tingkatan kekuatan
  • Kekuatan lari secepat angin
  • Pukulan petir

Musuh Bebuyutan

Selayaknya superhero, Gundala juga punya musuh bebuyutan bernama Ghazul, pemimpin dari organisasi kejahatan yang mengatur peredaran narkoba. Selain Ghazul, juga terdapat musuh-musuh yang selalu siap menghalangi usaha Gundala memberantas kejahatan, seperti Bocah Atlantis, Doktor Setan, Ki Wilawuk, Pengkor, dan Xrephus.

Sumber: http://bumilangit.com/

Rekanan Gundala

Tapi Gundala juga bukan satu-satunya superhero di negara kita guys. Dia juga sering tampil dengan superhero-superhero lainnya dalam sebuah cerita yang biasa disebut dengan Tim Patriot. Beberapa rekan yang pernah muncul dalam satu komik adalah Godam, Aquanus, Maza, Tira, Merpati, Boga, Kalong, Pangeran Mlaar dan masih banyak yang lainnya.

Sumber: http://m.kwikku.com/

Gimana guys setelah mengetahui seluk-beluk soal Gundala? Mungkin kita bisa belajar dari Gundala bahwa putus cinta bukanlah akhir dari segalanya bro sis, dan kita harus tetap move on dengan kehidupan kita meski lari kita tidak secepat angin dan hati kita tidak sekuat sambaran petir. Ups awas baper yah! dan buat bro sis yang suka baca komik online gratis kalian bisa kepoin Ciayo Comics, Komik Indonesia Online yang seru banget!

About Author

Awe

Awe

"Geek lover"

Comments

Most
Popular

(Sumber: animefestival.jp)

Nominator Tokyo Anime Award Festival 2018. Ada yang dari Republik Czech!

Ada pula “Tokyo Anime Award Festival” yang sebentar lagi akan digelar di Ikebukuro, Tokyo Jepang. Acara ini sebenarn.. more

00-d-darksiders-four-horsemen-of-apocalypse

Siapa Sih Four Horsemen of Apocalypse Dari Game Darksiders?

Darksiders Four Horsemen of Apocalypse menjadi tokoh sentral dalam game tersebut. Empat penunggang kuda ini menjadi pemb.. more

Ario Anindito (instagram.com/arioanin)

Ario Anindito: Dunia Komik Adalah Rumah Saya

komik, dunia komik, komikus, baca komik.. more

(Sumber : Koleksi Foto Dhiqi Hasbi)

Kangen sama ASO? Ngobrol Bareng sama Author Komik ASO Dulu Yuk!

Komik ASO itu based on true story bukan ya?.. more

Menyeberang dengan rapi dan teratur di Jepang. Sumber gambar: videoblocks.com

Kebiasaan-Kebiasaan Orang Jepang yang Akan Sulit Dilakukan oleh Bangsa Lain

Jepang merupakan negara yang unik dengan kebiasaan-kebiasaan warganya yang boleh dibilang ‘monoton’, dan bahkan cend.. more