Komik Strip Indonesia di Instagram. Haruskah Lucu?

9 months ago

Dunia Internet sekarang sedang dibanjiri oleh gambar dan video digital. Kalau kamu semua lihat di situs social media kamu, mayoritas yang terpampang adalah gambar atau video. Yah, kecuali Twitter sih. Ini dikarenakan, media sharing udah gampang banget buat dilakukan. Nah, kemudahan ini dimanfaatkan oleh berbagai komikus Indonesia. Mereka mulai membanjiri social media, terutama Instagram, dengan mengupload komik strip karya mereka. Sekarang, banyak banget pilihan judul komik indonesia online  yang bisa dibaca di social media.

Namun, mayoritas komik di social media adalah komik strip. Secara, komik strip cocok dengan format Instagram yang compact. Nah, karena medianya Instagram, udah pasti semua komikus di Instagram  berlomba-lomba banyak-banyakkan followers. Di artikel ini, gua pengen membahas, komik strip macam apakah yang paling banyak menarik followers di Instagram?

Komik Strip Komedi

Ukik_rm, Tahilalats, Si_abi (instagram.com)

Ukik_rm, Tahilalats, Si_abi (instagram.com)

Komik strip di kategori ini adalah komik strip yang bermaksud bikin pembacanya ketawa, atau sekedar senyum aja. Komik Strip Indonesia paling terkenal di Indonesia bisa dibilang adalah @tahilalats. Dengan followers 1,6juta, Nurfadli Musyid udah bikin banyak banget netizen Indonesia ketawa cekikikan. @si_abi dan @ukik_rm juga komik strip komedi dengan followers puluhan hingga ratusan ribu.

 

Komik Strip Rohani

Kudjokomik, Faddhiel, Fellfel (instagram.com)

Kudjokomik, Faddhiel, Fellfel (instagram.com)

Komik strip di kategori ini adalah komik strip yang mayoritas kontennya berhubungan dengan agama. Entah itu dalam bentuk komik komedi, informasi, atau nasihat. Salah satu komikus dengan followers yang lumayan banyak adalah @fellfel dengan follower 61 ribu. Ada juga @faddhiel (14 ribu followers) dan @kudjokomik (2,8 ribu followers) yang menyampaikan nasihat dan pesan positif melalui komiknya.

Komik Strip Anak-Anak

Kyuri Komik, Goyipipi, Yeyekomik (instagram.com)

Kyuri Komik, Goyipipi, Yeyekomik (instagram.com)

Sekarang kita turun ke komik strip yang gambar dan temanya sehubungan dengan anak kecil. Komik anak-anak paling terkenal adalah @kyuri_komik dengan followers 67,7 ribu. Ada juga komik dengan dua karakter imut @goyipipi (8,4 ribu followers). Ada juga komik imut yang hampir mirip dengan kyuri komik, @yeyekomik(18 ribu followers).

Nah, dari kumpulan komik strip Instagram yang udah gua sebutin, udah terlihat jelas tuh jenis komik strip mana yang punya jumlah followers terbanyak. Dilihat dari sisi kualitas dan frekuensi update nya sih, semua komik di atas mirip-mirip lah ya. Jadi, kalau balik lagi ke pertanyaan awal “komik strip macam apakah yang paling banyak menarik followers di Instagram?”. Jawabannya adalah komik strip humor.

Namun, apakah komik strip humor itu harus lucu? Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab, karena selera humor tiap orang berbeda-beda. Banyak komik strip dengan follower ribuan namun tidak lucu (bahkan banyak komik strip di atas yang menurut gua nggak lucu), ada juga komik strip yang, menurut gua, lucu, tapi followernya sedikit (contoh @rocketthumbkomix).

Rocketthumbkomix (instagram.com)

Rocketthumbkomix (instagram.com)

Jadi menurut gua, yang menentukan komik strip humor kamu banyak followernya atau ngga bukanlah jenis humor yang kamu sajikan. Tapi lebih kepada konsistensi akun instagramnya. Akun instagram kamu harus konsisten update komik strip bertema sama. Karena akun komik yang updatenya kadang gambar doang, kadang komik, kadang foto selfie, kadang beda karakter, yaaa… followersnya juga bakal kadang baca kadang ngga, yang bakal mengakibatkan jarangnya orang share dan regram.

Kesimpulannya, haruskah komik strip Instagram kamu lucu? tidak harus. Namun, agar followers kamu banyak, kamu harus konsisten dengan isi konten akun kamu!

atau beli followers.

About Author

Andreas

Andreas

A guy from Surabaya who dislike travel but ironically been to a lot of places. dead-serious about movies, games and comics but lackadaisical to heavy-duty matters. Non-picky eater but exceptionally hated cucumbers. The writer of The Flying Cow comics.

Comments

Most
Popular

(ja-renders.deviantart.com)

Serunya Bunuh-Bunuhan Sama Zombie di The Last of Us

Setelah sukses dengan The Last Of Us Part 1 yang dirilis pada tahun 2013 silam, Playstation memperkenalkan kisah lanjuta.. more

Totoro dan Neko Bus dari film “My Neighbor Totoro”. Sumber gambar: thejakartapost.com

Delay Eksibisi “The World Of Ghibli Jakarta” Yang Sempat Menimbulkan Kekacauan

Menurut situs resminya (worldofghibli.id) acara ini adalah sederet event yang mencakup screening/pemutaran film-film pop.. more

(CIAYO Comics)

Duo Laknat Siap Memedankan Dunia

Anak Medan yang suka baca komik, pasti tahu komik Digidoy. Komik strip digital ini mulai eksis sekitar tahun 2014, dirin.. more

Sumber: mnl48

Mungkin Ini Penyebab Jepang dan Korea Mengalami Penurunan Angka Kelahiran

Baik di Jepang maupun di Korea, kedua negara tersebut sedang mengalami satu permasalahan yang sama. Yaitu penurunan angk.. more

(virtualrealityreporter.com)

9 Pesan EXTRAORDINARY yang Bisa Kamu Dapatkan dari Berbagai Kisah Horror

Cerita-cerita bergenre horror, entah itu film, komik, ataupun buku cerita tentu saja dibuat dengan tujuan untuk menghibu.. more