Komik Sweta Kartika, Kebanggaan Indonesia

5 months ago
Nusantaranger (Facebook Sweta Kartika)

Berbicara tentang komik, tentunya tidak lepas dari penciptanya yang sering disebut komikus. Profesi ini memang tidaklah mudah, sehingga sangat jarang diminati oleh banyak orang. Dibutuhkan kreativitas tinggi, bakat yang luar biasa dalam menggambar, kepintaran dalam mengeset alur cerita, seperti memadu padankan gambar yang satu dengan gambar selanjutnya menjadi kemampuan yang harus dimiliki seorang komikus.

Namun hal itu tidak berlaku untuk Sweta Kartika. Justru sedari kecil ia sudah bermimpi menjadi seorang komikus dan ilustrator handal. Pria kelahiran Kebumen, 14 April 1986 ini sangat di-support oleh kedua orang tuanya dalam mengejar cita-citanya semenjak ia masih di bangku sekolah. Ayah dan ibunya selalu mengajarkan pentingnya melatih imajinasi dan kedisiplinan dalam mengasah keterampilan menggambar hingga bisa semakin baik dari hari ke hari.

(from twitter @SwetaKartika)

(from twitter @SwetaKartika)

Selain menjadi komikus, ia juga aktif menjadi seorang pengajar non-akademis dari satu komunitas ke komunitas lain dengan mengajar materi kuliah yang disebut “Comic Sense”. Di situ Sweta mengajarkan bagaimana teknik dan tata cara membuat komik yang bagus kepada murid-muridnya.

Yuk, kenali karya-karya komik Sweta Kartika lebih mendalam.

1. The Dreamcatchers

(from ziliun.com)

(from ziliun.com)

Komik ini bercerita tentang sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kemampuan masuk ke dalam dunia mimpi untuk mengalahkan mimpi buruk. Kisahnya sepintas mirip dengan film “Matrix”  atau komik “Inception”. Jalan cerita yang pas membuat pembaca penasaran untuk membuka halaman demi halaman hingga sampai bagian akhir yang sangat mengejutkan dan tidak terpikirkan. Demikian juga dengan gambarnya yang sangat berkarakter dan memiliki identitas sendiri.

2. Wanara

(from : goodreads.com)

(from : goodreads.com)

Secara garis besar, komik Wanara mengeksplorasi pasukan Wanara dari legenda Ramayana dengan tema pembangkitan para pahlawan dan aksi heroik melumpuhkan penjahat-penjahat yang menginginkan kemusnahan mereka. Dengan Seta sebagai karakter sentral untuk sudut pandang komik ini, Wanara tercipta dengan nuansa yang berwarna-warni dan penuh emosi, yang membawa pembacanya masuk ke dunia Wanara. Secara alur cerita, Wanara menyuguhkan alur yang sederhana namun menyenangkan untuk dinikmati oleh berbagai kalangan usia dan golongan.

3. Grey & Jingga: The Twilight

(from : gramedia.com)

(from : gramedia.com)

Komik ini sangat terkenal di jejaring sosial Facebook. Sang komikus, Sweta Kartika, awalnya mengunggahnya secara rutin di akun Facebook-nya dan bisa dibaca secara gratis oleh siapapun. Melihat antusiasme pembaca komik strip ini yang amat luar biasa, maka komik online ini kemudian dihadirkan dalam bentuk versi cetak. Sesuai judulnya, komik ini bercerita tentang Grey dan Jingga. Keduanya adalah teman masa kecil. Persahabatan mereka terputus ketika Grey pindah tempat tinggal mengikuti orang tuanya. Kini, mereka dipertemukan kembali di sebuah kampus. Banyak momen yang membuat mereka rindu akan persahabatan mereka dahulu. Sebenarnya kedua tokoh ini sudah saling suka, namun berlagak jual mahal semua. Bagaimana kelanjutan hubungan Grey & Jingga? Baca kisah lengkapnya dalam komik asli Indonesia yang berjudul Grey & Jingga: The Twilight ini ya guys..

4. Nusantaranger

(2.bp.blogspot.com)

(2.bp.blogspot.com)

Komik Nusantaranger memiliki cerita dengan konten lokal yang kuat. Kelima jagoan ini berasal dari lima pulau besar di Indonesia yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Kekuatan mereka direpresentasikan dengan binatang langka di pulau-pulau tersebut. Kesatria Nusa Hijau direpresentasikan dengan orang utan (Kalimantan), Kesatria Nusa Merah direpresentasikan dengan elang Jawa, Kesatria Nusantara Kuning direpresentasikan dengan harimau Sumatera, Kesatria Nusa Hitam direpresentasikan dengan Anoa (Sulawesi), Kesatria Nusa Biru direpresentasikan dengan Hiu gergaji (Papua). Secara umum, kisah Nusantaranger berkisar pada pertarungan antara Pandita (pencipta segala) dan Kelana (yang merusak segala). Pandita dan Kelana mempunyai utusan masing-masing yakni kesatria Nusantaranger dan Sandekala.

5. Grey & Jingga: Coffee42 dan Twinkle

(from : naufalnazhif.blogspot.co.id)

(from : naufalnazhif.blogspot.co.id)

Ini merupakan lanjutan dari komik Grey & Jingga sebelumnya, yang menceritakan tentang dua sejoli yang saling jatuh cinta dengan berbagai penghalang dan perasaan yang saling ragu satu sama lain. Namun dalam komik terbarunya ini, perkembangan cerita Grey dan Jingga semakin mendalam. Nah, yang mengejutkan di sini adalah cerita masa kecil Grey dan Jingga pada bagian Twinkle sebagai cerita sampingan dan tambahan di komik tersebut. Sangat menarik dan sangat direkomendasikan untuk penggemar cerita romansa. Komik ini juga dibumbui unsur komedi dan kata-kata puitis khas Sweta Kartika. Bahkan pembaca yang tidak terlalu tertarik membaca komik bertema percintaan pun akan tertarik untuk membaca komik yang satu ini.

6. Grey & Jingga: Days of The Violet

(from : mariosmpw.com)

(from : mariosmpw.com)

Yups, ini dia sekuel ketiga dari komik Grey & Jingga. Namun di komik kali ini, isi ceritanya lebih membahas kisah Jingga pada waktu pertama kali masuk kuliah, jauh sebelum ia bertemu dengan Grey. Akan banyak karakter-karakter baru yang ditampilkan di komik ini. Selain itu, banyak diceritakan pula seperti apa kisah Jingga sehari-harinya yang seperti violet yang mempunyai arti kesedihan, namun diungkapkan dengan penuh keceriaan.

7. Trilogi H2O : Reborn

(from : instagram Sweta Kartika)

(from : instagram Sweta Kartika)

Trilogi H2O : Reborn merupakan komik yang terinspirasi dari legenda Ramayana, namun ditampilkan dengan tema yang lebih futuristik tanpa mengubah esensi dari Legenda Ramayana itu sendiri. Berkisah tentang Hans, robot ciptaan Prof. Rama yang diciptakan untuk menjaga putrinya yang buta sejak lahir, Sita. Pertarungan sengit dimulai ketika Sita hilang dalam dekapan Ravana, dan Ravana memulai rencananya untuk menguasai dunia. Pertempuran besar tak terelakan. Mesin melawan mesin. Besi menggempur besi. Siapakah yang akan tetap tegak berdiri? Langsung aja yah baca ketiga komiknya..

Oke guys, itu tadi ulasan karya-karya komikus handal Sweta Kartika yang bisa kamu ikuti cerita komiknya. Dukung terus karya asli anak Indonesia!

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

Comiket 92 (jurnalotaku.com)

“Comiket 92”, Ajang Bertemunya Para Cosplayer Jepang

Bro sis suka melihat Cosplayer? Atau malah suka Cosplay? Nah, mungkin bro sis bakal tertarik sama acara satu ini. Comic.. more

UBL Manga Fest: Seminar Internasional Manga Pertama di Indonesia

Dunia kreatif memang tak akan pernah bisa redup dan tak akan pernah selesai dibicarakan. Kali ini Universitas Budi Luhur.. more

Dragon Capital Centre Mengumumkan Logo Baru CIAYO Corp

PT Dragon Capital Centre mengumumkan logo baru yaitu "CIAYO Corp" sebagai bagian dari strategi korporat dalam mengembang.. more

The Other Side - CIAYO Comics

Percaya Nggak Percaya, Makhluk Lain Itu Ada

Bro sis percaya nggak sama keberadaan "makhluk lain"? The Other Side punya penggalan kisah-kisah yang bikin merinding... more

Review Pirates of the Caribbean Salazar’s Revenge: Apakah Bisa Mengalahkan Sekuel Sebelumnya? (SPOILER ALERT!)

Akhirnya setelah 6 tahun ditunggu-tunggu, film populer besutan Disney, Pirates of Caribbean merilis seri kelimanya, yait.. more