Komikomen 2.0 – Webcast yang Apresiasi Komik Indonesia!

4 months ago
komikomen 2.0

Pijaru merilis ulang commentary show mereka, Komikomen, pada 19 September 2018. Kembali dengan nama Komikomen 2.0, acara “dari, oleh dan untuk pembaca komik Indonesia” ini berformat YouTube LIVE dan dipandu Skolastika Lupitawina (Tika) dan Devina Gracia (Depi). Keduanya ingin menciptakan diskursus dasar mengenai industri komik Indonesia dan persinggungannya dengan budaya pop. Komikomen 2.0 adalah salah satu acara Pijaru yang dalam tahap probasi.

Komikomen 2.0 pertama berdurasi sekitar 1 jam. Segmen awal, “REMIKS” menjamurnya platform komik web di Indonesia dan sensor yang diterapkan. Segmen “KOTAK” membahas komik adaptasi, mengingat akan dirilisnya Gundala Putera Petir menjadi sebuah film layar lebar dengan sutradara Joko Anwar. Selain itu, acara ini juga mengungkap satu sample page dari remake komik Gundala oleh Bumilangit. Dalam segmen “KAPORIT”, Tika dan Depi berbagi soal komik-komik yang mereka ingin lihat diadaptasi dalam medium penceritaan lain. Komikomen 2.0 juga mengadakan giveaway 2 tiket Popcon Asia 2018 bagi penonton aktif yang digelari “Most Valuable Penonton”.

Komikomen pertama kali dirilis 20 September 2016 dengan judul “Mengapa Romance Merajai Webtoon?” Pembahasan soal Webtoon mewarnai Season 1 (7 episode), dan membahas Webtoon-Webtoon terpopuler Indonesia seperti My Pre-Wedding (Annisa Nisfihani), 304th Study Room (Felicia Huang), dan Tahilalats (Nurfadli Mursyid). Komikomen sempat muncul kembali dalam episode spesial Indonesia Comic Con 2017 (12/12/2017) dan menampilkan wawancara dengan komikus Is Yuniarto (Wind Rider, Garudayana) sebelum vakum selama hampir setahun.

Komikomen 2.0 selanjutnya akan tayang pada 19 Oktober 2018, 17.00 WIB. Episode ini bekerja sama dengan penerbit Bukune. Selain membahas, berita-berita dari Popcon Asia 2018, Komikomen 2.0 juga akan mendatangkan Faza Meonk dan Bagus Wahyu Ramadhan dari Pionicon untuk membahas antara lain Si Juki: Seri Keroyokan dan meroketnya Si Juki sebagai influencer Instagram.

Baca Juga: Faza Meonk Hadirkan Animasi dalam Film GENERASI MICIN vs Kevin

Informasi lengkap soal Komikomen 2.0 bisa ditemukan di:

Narahubung:
Sintia (Produser): sintia.lolita@gmail.com
Skolastika (Kreatif): skolastikalupitawina@gmail.com
Lain-lain: pijarupreview@gmail.com

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

00-d-his-barcode-tattoo

His Barcode Tattoo: Melihat Kematian Dari Barcode Misterius

Dimanakah His Barcode Tattoo si Sehyun? Dakota mampu melihat tanda barcode di leher semua orang yang menandakan tanggal .. more

Sumber: youtube

Dragon Ball Super Eps. 126 – Pengorbanan Android 17 dan Masa Lalu Jiren

Masa lalu Jiren membuatnya sangat terobsesi terhadap kekuatan yang besar... more

00-si-juki-jalan-jalan-nusantara

Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara Kerja Sama Dengan Kemenko Maritim

Faza Meonk bekerja sama dengan Kemenko Maritim merilis komik Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara yang mengangkat destinas.. more

Sumber gambar: asahi.com

Menggambar Manga Jadi Metode Rehabilitasi Tahanan Penjara di Jepang Loh!

Menggambar manga sebagai metode rehabilitasi tahanan penjara?.. more

Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah anime terbaru yang masuk ke Indonesia pada awal Mei ini, tidak terlalu jauh dari .. more