Komikus Indonesia Kembali Meraih Penghargaan Silent Manga Audition 8!

9 months ago

Kabar gembira kembali datang dari skena komik Indonesia. Untuk kesekian kalinya komikus Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi komik internasional Silent Manga Audition!

Silent Manga Audition merupakan kompetisi komik internasional yang diselenggarakan rutin oleh Coamix Corp, sebuah penerbit manga di Jepang. Saat ini SMA merupakan kompetisi komik terbesar di dunia, dengan partisipasi lebih dari 94 negara peserta dan lebih dari 28 ribu halaman yang terkirim.

Kompetisi SMA ini juga bukan kompetisi abal-abal karena seluruh peserta akan diuji oleh jajaran dewan juri berisi mangaka terkenal. Tim juri ini dipimpin oleh Tetsuo Hara (mangaka Hokuto no Ken/Tinju Bintang Utara), Tsukasa Hojo (mangaka City Hunter, Angel Heart), Ryuji Tsujigahara (Direktur Coamix, mangaka Restore Garage 251), dan lain-lain.

“Manga Adalah Bahasa,” karena tak perlu balon kata untuk menyampaikan makna. (Sumber: SMA)

“Manga Adalah Bahasa,” karena tak perlu balon kata untuk menyampaikan makna. (Sumber: SMA)

Keunikan Silent Manga Audition dibanding kompetisi komik lainnya adalah, komik peserta tidak boleh memiliki balon dialog, alias harus merupakan komik bisu. Dengan memilih format komik bisu, maka tidak ada lagi batasan bahasa sehingga komik dapat dinikmati semua orang di seluruh dunia. Tantangan utama tentu saja menuturkan cerita berisi pesan moral tanpa mengandalkan dialog dan eksposisi. Setiap panel harus bisa menuturkan cerita dengan sendirinya.

Persaingan yang adil jadi tema utama SMA 8. (Sumber: SMA)

Persaingan yang adil jadi tema utama SMA 8. (Sumber: SMA)

Nah, beberapa waktu lalu diumumkan pemenang dari SMA ke-8. Ini adalah event SMA ketiga yang diadakan di tahun 2017 ini. Mengusung tema “fair play”, SMA8 kali ini berhasil menjaring 493 judul komik dari peserta seluruh dunia. 47 komik diantaranya berhasil meraih penghargaan. Nah, dari 47 komik tersebut, adakah komik karya komikus Indonesia?

Kisah tragis seorang wasit dan anaknya. (Sumber: SMA)

Kisah tragis seorang wasit dan anaknya. (Sumber: SMA)

Penghargaan tertinggi yang diraih komikus Indonesia di SMA 8 adalah penghargaan The Excellence Awards yang diganjar kepada 5 komik. Komikus Dedy Koerniawan berhasil meraih satu penghargaan ini lewat komiknya yang berjudul Conscience. Komik ini mengisahkan seorang wasit sepak bola yang menghadapi sebuah dilema. Anaknya menderita tumor otak, sementara itu ia ditawari uang dalam jumlah besar jika ia mau memimpin dengan berat sebelah. Akankah sang wasit mengorbankan integritasnya demi pengobatan sang anak?

Akankah ia tergiur? (Sumber: SMA)

Akankah ia tergiur? (Sumber: SMA)

Jika bicara soal fair play, kita biasa langsung mengasosiasikannya dengan dua kubu yang bersaing. Tapi konsep fair play juga bisa ditemukan pada sosok hakim atau wasit yang mengawasi pertandingan. Apakah sebuah pertandingan bisa disebut fair play jika wasit memilih untuk memihak satu sisi? Conscience menyajikan sebuah drama dan plot twist mengejutkan dari sebuah premis sederhana namun segar karena diangkat dari sudut pandang berbeda.

Semua gamer pasti pernah merasakannya. (Sumber: SMA)

Semua gamer pasti pernah merasakannya. (Sumber: SMA)

Konsep fair play juga tidak selamanya harus dituturkan dalam nuansa kompetitif. Hal ini dapat bro sis lihat dalam komik Fair karya Imam Subekti, yang berhasil meraih penghargaan The Excellence Runner Up. Dalam komik ini, seorang anak dihukum ibunya karena keasyikan main PS. Karena nilainya jeblok ia pun harus belajar. Saat malam, ayahnya pulang dan istirahat nonton bola, meskipun di sebelahnya sang anak sedang belajar keras.

Ayah yang merenung. (Sumber: SMA)

Ayah yang merenung. (Sumber: SMA)

Lewat komik ini Imam Subekti ingin menyampaikan bahwa konsep fair play juga bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di luar perlombaan. Konsep fair yang ingin ia tekankan adalah mengalah dan tenggang rasa; pantaskah jika sang ayah terus menonton bola sementara si anak belajar di dekatnya? Walaupun penyampaiannya agak berbelit, namun pesan yang ingin disampaikan sebenarnya sudah cukup bagus.

Momen saat persahabatan tumbuh. (Sumber: SMA)

Momen saat persahabatan tumbuh. (Sumber: SMA)

Komik Indonesia lainnya yang menerima penghargaan adalah For You dari Ruth Anastasia Setyawan (Arthurian). Komik peraih penghargaan Honorable Mention ini bersetting di satu TK, dimana seorang anak berambut keriting dan teman-temannya mencari bunga di halaman untuk diberikan pada ibu guru. Namun karena terjatuh, si anak berambut keriting terlambat memetik bunga kesukaannya dan hanya menemukan bunga kecil. Ia kemudian tak sengaja bertabrakan dengan anak berambut kepang yang punya bunga lebih banyak, dan keduanya sepakat berbagi bunga.

Berikut ini adalah daftar pemenang penghargaan serta nominator Silent Manga Audition 8 asal Indonesia.

The Excellence Awards

The Excellence Runner Up

  • Fair oleh Imam Subekti

Honorable Mention

SMA Award Nominee

SMA Award Candidate

Daftar pemenang lengkap bisa bro sis lihat di sini. Walaupun dalam SMA kali ini Indonesia tidak meraih penghargaan tertinggi Grand Prix ataupun mendominasi daftar peraih penghargaan, kita masih harus bangga karena komikus Indonesia masih menjadi langganan penerima hadiah dalam Silent Manga Audition. Selamat kepada para pemenang dan nominator! Semoga tidak kapok untuk berpartisipasi di SMA selanjutnya!

Siap untuk tantangan selanjutnya? (Sumber: SMA)

Siap untuk tantangan selanjutnya? (Sumber: SMA)

Ngomong-ngomong soal kompetisi SMA terbaru, untuk tahun 2018 kompetisi Silent Manga Audition ke-9 sudah dibuka bro sis. Tema yang kini diusung mendapat julukan “3 Brothers” dimana peserta harus memilih salah satu dari tiga tema turunan: “Fairness,” “Respect,” dan “Teamwork.” Deadline SMA 9 terbuka hingga 31 Maret 2018. Bagaimana, tertarik untuk menantang kemampuanmu dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-one-piece-tamat

Pemuda Ini Tinggalkan Narkoba Demi Melihat One Piece Tamat!

Menjadi seorang pecandu sejak belia, Iman meninggalkan dunia narkoba. Kini ia terus hidup untuk melihat manga favoritnya.. more

5 Langkah Bikin Komik Ala Komikus Profesional

Ada banyak aspek dan poin penting untuk bikin komik, kali ini CIAYO Comics berusaha memberikan tips mudah kepada pembaca.. more

Rumor Film Terbaru Dragon Ball Ternyata Benar! Dan Akan Dirilis Desember 2018

Santer terdengar kabar anime Dragon Ball Super dihentikan untuk membuat film Dragon Ball terbaru. Rumor tersebut ternyat.. more

sumber: store.playstation.com

Review Iconoclasts: Game Platform Retro yang Akan Membuat Kita Lupa Waktu

Game platform dengan visual 16 bit memang terdengar ketinggalan zaman di era game 3D yang semakin generik dan menjamur d.. more

00 d sutradara unik

Wow! 6 Sutradara Ini Ternyata Punya Ciri Khas Unik di Setiap Karyanya

Setiap sutradara nggak hanya mengarahkan film dari awal sampai akhir, namun juga memberikan sentuhan unik yang membuat f.. more