Komikus Marvel, DC Comics, dan Garudayana Hadir di Anime Matsuri 2017

1 year ago
Is Yuniarto, Alti Firmansyah, Ario Anindito di Meet and Greet Anime Matsuri 2017 (CIAYO Pictures)

Bro sis, waktu jaman kecil cita-citanya jadi apa sih? Pasti banyak di antara Kamu-Kamu yang dulu pengen jadi dokter, astronot, atau guru. Tapi ada nggak, di antara Kamu yang punya cita-cita jadi komikus? Kayaknya jarang ya yang kepikiran gitu.

Komikus adalah profesi yang belakangan ini mulai bangkit lagi. Gaung komik semakin kedengeran. Nggak tanggung-tanggung, para komikus berbakat putra-putri bangsa udah go international. Ada yang udah lama ngerjain project nya Marvel, DC Comics, dan bahkan menghadirkan kembali kisah perwayangan Indonesia dengan gaya yang lebih modern.

Alti Firmansyah, Ario Anindito, dan Is Yuniarto. Kalo yang suka baca komik dan udah lama berkecimpung di dalemnya, pasti kenal sama nama-nama komikus keren ini. Sebagai sosok yang udah berpengalaman di dunia komik, mereka bertiga hadir di Anime Matsuri dalam Comic Panel dan Meet & Greet yang berlangsung Minggu, 14 Mei 2017 di AEON Mall, BSD City.

Tiga komikus jadi narasumber dalam Comic Panel Anime Matsuri 2017 (CIAYO Pictures)

Tiga komikus jadi narasumber dalam Comic Panel Anime Matsuri 2017 (CIAYO Pictures)

Mbak Alti, Kang Ario, dan Mas Is dengan gamblang sharing pengalaman mereka. Mulai dari ngerintis, sampai bisa berhasil kayak sekarang. Apa yang bisa kita lihat sekarang, nggak tiba-tiba jeder! Tapi semuanya butuh perjuangan dan konsistensi. Mereka bertiga adalah komikus-komikus yang bisa dijadikan panutan. Mbak Alti, Kang Ario, dan Mas Is mencintai apa yang mereka kerjakan dan berusaha mengikuti tuntutan jaman supaya bisa terus bertahan.

Indonesia Comic Con Comic Panel (CIAYO Pictures)

Indonesia Comic Con Comic Panel (CIAYO Pictures)

Kalo denger Marvel dan DC, udah pasti cara kerjanya juga profesional. Namanya juga publisher kenamaan ya kan. Mbak Alti dan Kang Ario sih udah terbiasa dengan cara kerjanya. Selain membagikan pengalaman masing-masing, mereka juga ngasih tips dan bocoran supaya karya-karya komikus Indonesia bisa mendunia. Salah satu masukan mereka, ya dengan mempublikasikan karya-karya secara online. Apalagi sekarang ini kan udah jamannya media sosial. Para komikus bisa dengan mudah memperlihatkan portfolio lewat akun media sosial masing-masing. Siapa tahu, nggak cuma Mbak Alti sama Kang Ario, tapi karya kece bro sis juga dilirik studio komik kenamaan supaya bisa go international.

Kalo dari sisi Mas Is, pria Surabaya ini punya caranya sendiri untuk tetap melestarikan cerita perwayangan khas Indonesia. Tentu saja dengan pendekatan yang lebih modern. Komik-komik yang udah dibuat sama Mas Is selalu mengangkat unsur-unsur Indonesia.

Mas Is, Mbak Alti, dan Kang Ario lagi Meet & Greet (CIAYO Pictures)

Mas Is, Mbak Alti, dan Kang Ario lagi Meet & Greet (CIAYO Pictures)

Setelah selesai membagikan pengalaman di dunia perkomikan, Mbak Alti, Kang Ario, dan Mas Is lanjut Meet & Greet. Di kesempatan itu, para pengunjung dan bro sis yang udah lama pengen ketemu, minta tanda tangan, atau sekadar foto bareng dan bisa bertatap muka secara langsung sama mereka. Ada yang ngobrol-ngobrol, minta dibuatkan gambar, pokoknya bisa lebih deket sama mereka. Mereka bertiga juga orangnya asik, ramah, apalagi Kang Ario juga suka bercanda.

Nggak cuma sampe di situ, Mbak Alti, Kang Ario, sama Mas Is juga diminta jadi juri untuk Comic Battle yang diadain sama panitia. Kehadiran ketiga komikus ini di Anime Matsuri 2017 cukup menarik perhatian pengunjung dan pecinta komik. Semoga acara-acara menginspirasi kayak gini bisa terus berlangsung ya!

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

00-d-ransomware-PUBG

Awas! Virus Komputer Ini Mengunci Komputermu Jika Tidak Memainkan PUBG!

Di internet tengah menjalar ransomware PUBG. Virus ini akan mengunci komputer dan membukanya jika memainkan PUBG selama .. more

Sumber: kingdom.wikia.com

Rekomendasi Manga Kolosal Untuk Mengisi Waktu Liburan

5 manga kolosal ini tak hanya menyajikan pertempuran epik dan besar, namun juga potongan sejarah yang penuh dengan wawas.. more

Datang Lebih Awal, Kereta di Jepang Meminta Maaf

Kereta Tsukuba Express yang menghubungkan kota Tokyo ke daerah bagian utara Jepang memohon maaf ke penumpang karena data.. more

Game Nintendo di smartphone itu nyata. Sumber gambar: techcrunch.com

Saat Nintendo Menyerah Pada Popularitas Smartphone

Jangan harap memainkan game Mario di PlayStation secara resmi, misalnya. Tidak akan terjadi... more

The Nun, awal dari berbagai bencana saga conjuring.

The nun siap untuk menghantui seluruh bioskop di seluruh dunia tanggal 7 September. Tapi sebelum dibuat ketakutan oleh f.. more