Jadi Komikus Bukan Alasan Untuk Tidak Menjaga Kesehatan

3 weeks ago
00-d-menjaga-kesehatan

Asian Games 2018 yang baru saja berakhir hari Minggu lalu membuktikan bahwa olahraga menjadi bagian penting dalam hidup manusia. Bukan sekedar ajang melepas penat, olahraga punya fungsi yang jauh lebih penting, yaitu menjaga kesehatan tubuh.

Di kehidupan modern sekarang yang cepat dan dinamis, sayangnya ada banyak orang yang tidak menjadikan olahraga sebagai bagian dari hidup mereka. Hal ini pun diperparah dengan gaya hidup yang tidak sehat serta berbahaya. Banyak kalangan yang menghadapi dilema ini, termasuk para author komik.

Demi mengejar deadline, tak sedikit author komik yang meninggalkan rutinitas olahraga rutin. Mereka menghabiskan waktu bekerja mengejar jam tayang komik. Demi efisiensi waktu, banyak author yang begadang, makan makanan instan serta minum kopi. Belum lagi kebiasaan buruk saat bekerja seperti duduk terlalu lama serta merokok.

Pengguna Facebook serta editor komik dari Kisai Entertainment, Shara Primanda, mengungkapkan keprihatinannya akan kondisi serta gaya hidup author komik dan pekerja seni Indonesia saat ini. Tergerak setelah menjenguk temannya di rumah sakit karena masalah serupa, Shara membagikan tips dan trik menjaga kesehatan bagi para author komik dan pekerja kreatif lainnya.

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Author Komik

Makan Makanan Sehat dan Teratur

menjaga kesehatan

Sumber: Better Health Channel

Kamu adalah apa yang kamu makan. Jika kamu makan makanan yang tidak sehat, maka hidup kamu pun tidak akan sehat dan selalu dirundung penyakit. Upayakan untuk makan di jam-jam rutin dan teratur 3 kali sehari (minimalnya 2 kali makan besar). Pilihlah makanan yang 4 sehat 5 sempurna dan hindari junk food. Jika kamu tidak bisa masak, bisa mencari teman atau pasangan yang bisa memasak. Jika tidak ada, bisa makan di kantin yang sehat atau pesan online.

Minum juga sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Usahakan untuk minum 7 gelas air dalam satu hari untuk menjaga tubuh tetap fresh serta membuang racun dalam tubuh.

Hindari Begadang

Sumber: Study Breaks

Sumber: Study Breaks

Kadang kita terjebak dilema mengejar deadline atau bekerja dengan rekan di zona waktu berbeda sehingga harus begadang. Meski demikian, menunda waktu tidur bukan hal yang bijak dilakukan. Jika harus bekerja di malam hari, atur jam tidur sehingga kamu masih bisa memenuhi alokasi tidur ideal 8-7 jam.

Jika tetap harus bekerja malam, usahakan untuk tidur dari pukul 1-3 jika memungkinkan. Jantung dan lambung lemah di jam-jam tersebut sehingga ada baiknya kamu istirahat sejenak. Sebisa mungkin jangan pernah kompromi untuk masalah tidur.

Gerakkan Tubuh

Sumber: Horizon Technology

Sumber: Horizon Technology

Bekerja di meja sambil duduk membuatmu tidak bergerak banyak. Padahal hal ini sangat berbahaya karena tubuh jadi sangat pasif dan tidak membakar energi. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk olahraga. Ada banyak cara untuk melakukan olahraga. Ikut futsal, berenang, lari pagi, senam bersama ibu-ibu komplek, hingga aktivitas membentuk otot yang berawal dari gym.

Tak punya waktu untuk olahraga? Kamu masih bisa olahraga di rumah. Cukup lakukan senam lantai; pemanasan dan peregangan badan. Lakukan dalam interval waktu tertentu, misal setiap 1-2 jam setiap harinya. Pokoknya jangan sampai badan kamu tidak bergerak setiap harinya.

Pahami Batasan Diri

Sumber: Hungary Today

Sumber: Hungary Today

Ini yang sering kali jadi masalah. Demi tuntutan pekerjaan, banyak orang yang bekerja melebihi kemampuan tubuhnya. Satu dua kali mungkin tak terasa. Namun diulangi dalam rentang waktu yang panjang maka kamu bisa merasakan sakitnya.

Setiap orang punya metabolisme tubuh dan ketahanan yang berbeda. Cara kerja seseorang tidak bisa serta merta dijadikan contoh bagi orang lain. Contohnya seperti strategi ngomik tiga hari yang sempat diulas; tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Kerja keras memang penting, namun kerja cerdas pun sama pentingnya. Aturlah jam kerja serta beban kerja kamu seseimbang mungkin. Kalau kamu tumbang karena memaksakan diri, bukan kamu saja yang merasakan kerugiannya.

Terbuka Dengan Keterbatasan

Sumber: Wikihow

Sumber: Wikihow

Masih berhubungan dengan bahasan sebelumnya, jika kamu sudah paham dengan batasan diri kamu, maka kamu juga harus meyakinkan rekan kerja dengan keterbatasan kamu. Kabari editor, asisten, penulis, ilustrator, dan teman kerja lainnya jika kamu sedang sakit atau memiliki kondisi tubuh tertentu. Coba beri pemahaman bahwa kamu hanya bisa bekerja dengan beban yang sedemikian rupa.

Komunikasi jadi hal yang sangat penting. Jangan sampai membuat satu pihak kesal. Cobalah saling memahami dan cari jalan tengah yang memuaskan bagi semua yang terlibat.

Bonus: Stop Merokok!

Sumber: Like Jerr

Sumber: Like Jerr

Sudah jelas, kan? Kerugian merokok sudah tercantum di bungkus rokok itu sendiri. Stop sebelum terlambat; itu lebih baik.


Nah itu dia beberapa tips kesehatan yang bisa kamu ikuti. Menjaga kesehatan sangat penting bagi semua, tak terkecuali untuk para author komik dan pekerja kreatif lain. Jangan sampai korbankan kesehatan kamu!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

universitas multimedia nusantara desktop

Asyiknya Menonton Animasi Pendek Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara menayangkan 32 film pendek karya mahasiswa prodi film dan animasi. Semuanya menampilkan.. more

Sumber : pinterest.com

Setelah Mjolnir Hancur, Senjata Apa yang Akan Dipakai Oleh Thor?

Seperti yang kita tau, senjata andalan Thor sudah hancur. Meskipun Thor memiliki kekuatan baru sebagai God of Thunder, a.. more

(etonline.com)

Kematian Chester Mengguncang Generasi 90an

Generasi 90an pasti ikut terguncang dengan berita mengejutkan tentang kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington. .. more

00 gpg desktop

Pemblokiran Game Pukul Guru Adalah Aksi Reaksioner Yang Sebenarnya Nggak Penting-Penting Amat

Pemblokiran game pukul guru yang beredar belum lama ini hanya bagian dari aksi reaksioner yang sebenarnya "salah sasaran.. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Payung: Komik Viral yang Bikin Mewek

Hi guys! masih inget nggak sama komik Payung? Komik oneshot bikinan Thoma Prayoga ini adalah salah satu oneshot pertama .. more