Komputer Gaming Mulai Lamban? Ini Solusinya Sebelum Di-Lembiru!

3 weeks ago
Sumber gambar: technobuffalo.com

Bro sis gamer PC tentu pengen agar PC gaming-nya selalu dalam kondisi prima. Gegas. Mampu memainkan game apa saja dengan stabil. Dengan grafis yang cakep serta suara yang menggelegar. Tapi terkadang ada masa dimana PC mulai terasa lamban. Game mulai berjalan tersendat-sendat. Loading kelamaan. Gambar di layar mulai terlihat aneh (pecah-pecah, kabur dan sejenisnya). Situasi menjengkelkan ini merupakan mimpi buruk buat gamer PC.

Untuk menghadapi masalah yang nongol seperti itu, bro sis harus tetap tenang. Jangan panik. Karena masalah yang muncul dari PC gaming normalnya merupakan masalah yang fixable alias dapat diatasi; bahkan oleh bro sis sendiri. Walau tentu ada jalur opsi untuk menggunakan jasa professional di bidang komputer jika bro sis ogah ribet seperti Jaret dari webcomic “Ghosty’s Comic” hehehe.

Oalah Jaret… Sumber gambar: pinterest.co.uk

Oalah Jaret… Sumber gambar: pinterest.co.uk

Komputer terdiri dari beberapa komponen internal yang, jika diperhatikan sepintas, kelihatan ribet banget.

Saat membuka casing komputer dan melihat isinya, bro sis yang enggak familiar dengan komponen internal PC akan melihat rangkaian kabel dan benda-benda aneh di atas papan yang nempel di dinding casing. Parts-parts inilah yang bekerja memberikan tampilan dan kesenangan PC gaming bro sis selama ini.

Itu apa? Ini apa? Sumber gambar: youtube.com

Itu apa? Ini apa? Sumber gambar: youtube.com

Dan mereka punya “umur”.

Parts komputer, secara umum, akan bekerja sesuai kapasitas terbaiknya di tiga tahun pertama. Memasuki tahun ke-empat dan seterusnya, mereka akan mulai menunjukkan kemunduran kinerja dan daya tahan. Ini sebuah hal yang tidak bisa dihindari, karena memang desain produk elektronik memiliki kelemahan ini. Dan kelemahan inilah yang biasanya menyebabkan komputer gaming bro sis mulai menunjukkan tanda-tanda melambat.

“Ini komputer gue kenapa jadi lamban begini?” Sumber gambar: lifewire.com

“Ini komputer gue kenapa jadi lamban begini?” Sumber gambar: lifewire.com

Saatnya mengganti parts PC dengan spareparts agar PC gaming bro sis kembali ngebut? Kenali dulu parts PC gaming bro sis! Walau berkesan teknis dan ribet, mengenali parts PC akan memudahkan proses penggantian.

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan aplikasi pembaca ‘jeroan’ PC gaming bro sis. Banyak rekomendasi untuk menggunakan aplikasi seperti Speccy, yang akan mendeteksi dan menampilkan informasi ‘isi perut’ dari komputer gaming bro sis di layar. Cukup berguna bukan?

Speccy akan menampilkan spec dan jenis parts komputer. Sumber gambar: piriform.com

Speccy akan menampilkan spec dan jenis parts komputer. Sumber gambar: piriform.com

Setelah mendapati model dan jenis parts PC bro sis, selanjutnya apa?

Selanjutnya adalah belanja sparepart, dong~ Hehehe. Pastikan parts yang akan dibeli kompatibel alias cocok dengan model yang sebelumnya. Misalnya kalau RAM/Memory sebelumnya adalah model DDR3 berukuran 8GB, maka sparepart yang akan bro sis cari harus merupakan model yang sama, namun dengan ukuran yang berbeda/lebih besar dari 8GB. Karena mantra di spareparts PC masih “bigger is always better” alias makin gede makin bagus.

“Tersangka utama” dari lambatnya PC biasanya berasal dari storage HDD alias Hard Disk alias tempat penyimpanan data dalam komputer. Saat ini storage HDD mulai disaingi oleh model SSD yang memiliki kecepatan baca/tulis lebih gegas ketimbang HDD. Dan berharga lebih mahal pastinya. Untuk ilustrasi: HDD seukuran 1TB masih lebih murah ketimbang SSD dengan ukuran 250GB. Jauh ‘kan? Tapi harga itu sepadan dengan fitur ‘superspeed’ yang ada di SSD.

Kelebihan dan kekurangan tiap storage. Sumber gambar: ultrabookreview.com

Kelebihan dan kekurangan tiap storage. Sumber gambar: ultrabookreview.com

Ilustrasi: “Jika dengan HDD akses PC mulai dari ON hingga tampil di layar desktop bisa membutuhkan waktu antara dua hingga lima menit, dengan SSD waktu yang dibutuhkan hanya kurang dari 15 detik. Beda jauh ‘kan?”

Jadi jika bro sis ingin menaikkan kecepatan baca/tulis di komputer, mengganti HDD dengan SSD merupakan pilihan ideal.

SSD. Mahal? Relatif. Worth it? Pasti. Sumber gambar: cnet.com

SSD. Mahal? Relatif. Worth it? Pasti. Sumber gambar: cnet.com

RAM, seperti yang tadi ditulis, perlu berukuran besar jika ingin PC gaming bro sis ngebut. Rata-rata standard PC modern memiliki ukuran 8GB. Ukuran segini sebenarnya secara garis besar sudah oke. Tapi jika PC bro sis sanggup menampung ukuran lebih besar, kenapa tidak? Saya pernah lihat PC dengan ukuran RAM 32GB, dan memang perbedaannya terasa banget dengan PC saya yang cuma punya 16GB RAM.

RAM kelas atas memakai sistem pendingin dedicated. Sumber gambar: corsair.com

RAM kelas atas memakai sistem pendingin dedicated. Sumber gambar: corsair.com

Dan Video Card. Inilah kunci agar game PC bro sis terasa cepat, gegas, dan punya tampilan kinclong. Beberapa PC bisa bekerja tanpa bantuan Video Card karena Video Card-nya sudah ada secara ‘on board’. Tapi jika ingin PC gaming yang mampu memainkan game-game modern (seperti para kandidat The Game Awards 2017 kemarin) maka bro sis nggak punya pilihan lain selain menggunakan Video Card. Yang terbaik saat ini di pasaran ada dari dua musuh bebuyutan: nVidia dan AMD. nVidia dengan GTX series, dan AMD punya RX series. Pilih yang sesuai budget bro sis miliki karena Video Card ini harganya bervariasi, mulai dari yang harganya bisa beli hape baru sampai yang bisa beli sepeda motor baru.

Mahal luar biasa. Tapi ini adalah Video Card terbaik di dunia (saat ini & debatable). Sumber gambar: overclockers.co.uk

Mahal luar biasa. Tapi ini adalah Video Card terbaik di dunia (saat ini & debatable). Sumber gambar: overclockers.co.uk

Apa nggak ada cara lain agar komputer gaming lamban bro sis jadi lebih cepat selain mengganti spareparts?

Cara termudah adalah “lempar dan beli yang baru” hehehe. Mudah dan cepat serta anti ribet ganti ini itu. Tapi semua itu tergantung dari bro sis sendiri ya! Apapun cara yang dipilih, mau beli baru atau ganti spareparts, tetap happy gaming buat bro dan sis gamers!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Komik Valiant Berjudul Bloodshot Akan Dibuat Film, Vin Diesel Berkemungkinan Terlibat

Valiant mengumumkan bahwa mereka sudah menjalin kerja sama dengan Sony Pictures untuk memproduksi 5 film yang diadaptasi.. more

Sabrina – Chapter 8: Makan Malam di Jimbaran

Mobil Vincent berhenti di sebuah restoran pinggir pantai Jimbaran. Makan malam macam apa ini, pikir Sabrina... more

Menyeberang dengan rapi dan teratur di Jepang. Sumber gambar: videoblocks.com

Kebiasaan-Kebiasaan Orang Jepang yang Akan Sulit Dilakukan oleh Bangsa Lain

Jepang merupakan negara yang unik dengan kebiasaan-kebiasaan warganya yang boleh dibilang ‘monoton’, dan bahkan cend.. more

Sabrina – Chapter 11: Jatuh Cinta Seperti Minum Soda

Setelah hampir seminggu tinggal di Bali, ia menyadari banyak hal. Ada kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa ia bandingka.. more

Sumber: CIAYO Games

CIAYO Games Segera Rilis Game Perdananya

CIAYO Games yang merupakan divisi game dari CIAYO Comics akan segera merilis mobile game perdananya di Indonesia... more