Komputer Senilai US$2 Juta Dicuri Untuk Menambang Bitcoin dan Cryptocurrency Lain

8 months ago
Sumber: TheHackerNews

Walaupun masih memiliki masalah dengan otoritas keuangan di berbagai negara (termasuk di Indonesia) tapi Bitcoin dan berbagai jenis mata uang kriptografi digital lain masih menjadi komoditas panas di dunia digital saat ini.

Tak hanya menyebabkan kelangkaan pasokan kartu grafis di kalangan gamers PC namun penambangan bitcoin dan cryptocurrency lain bahkan sudah menyebabkan beberapa orang berubah menjadi kriminal akibat tergiur untuk menambang Bitcoin. Salah satu buktinya adalah kejahatan yang terjadi Desember dan Januari lalu di wilayah Reykjanes dan Borgarbyggð negara Iceland.

Peta wilayah negara Iceland. Sumber: Hotels-Europe

Peta wilayah negara Iceland. Sumber: Hotels-Europe

Telah terjadi pencurian komputer workstation di mana jumlahnya tidak tanggung-tanggung: 600 unit komputer yang harganya ditaksir tidak kurang dari US$2 Juta atau lebih dari IDR 27,5 Milyar! Tidak satupun dari komputer itu berhasil ditemukan kembali, namun dikabarkan kalau polisi sudah berhasil menahan 11 tersangka pencurian (termasuk petugas keamanan; yang mengindikasikan kalau pencurian berskala besar ini melibatkan orang dalam).

“Pencurian berskala sebesar ini belum pernah terjadi sebelumnya disini” kata Olafur Helgi Kjartansson yang merupakan kepala kepolisian setempat. “ Penyelidikan sementara mengarah pada skema kejahatan terorganisir yang rapi dan berskala besar” sambung dia lagi.

Tapi mengapa kejahatan ini terjadi Iceland?

Salah satu alasan kuat (selain suhu dingin yang baik untuk komputer agar tidak mudah kepanasan) mungkin di pembiayaan listrik.

Harga tagihan listrik di Iceland termasuk rendah jika dibandingkan negara lain; terutama di negara-negara kawasan Eropa. Sehingga Iceland kini jadi salah satu destinasi favorit untuk para penambang Bitcoin dan cryptocurency lain. Ditambah lagi dengan harga satu Bitcoin yang tinggi (walaupun tidak stabil; di bulan Maret 2018 harganya ada di US$11.000 alias lebih dari IDR 151 Juta) membuat penambangan Bitcoin dan crytocurrency lain belum menunjukkan tanda-tanda menurun aktifitasnya.

Tarif listrik di negara-negara Eropa. Sumber: Europa.Eu

Tarif listrik di negara-negara Eropa. Sumber: Europa.Eu

Penambangan Bitcoin dan cryptocurrency lain berdampak pada mulai terganggunya pasokan listrik di Iceland. Dengan semakin aktifnya penggunaan komputer untuk penambangan cryptocurrency, pemakaian daya listrik di Iceland juga secara signifikan terlihat meningkat. Dan kondisi ini dimanfaatkan oleh pihak kepolisian dalam penyelidikan kasus pencurian komputer berskala besar tadi.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan melihat dan memonitor pemakaian listrik yang terjadi di masyarakat Iceland. Jika terlihat adanya peningkatan konsumsi listrik, maka tempat tersebut dapat dianggap sebagai pihak yang terlibat di dalam pencurian komputer sebelumnya. Kepolisian setempat juga sudah melakukan langkah kerjasama dengan berbagai pihak seperti penyedia jasa web services, penyewa apartment/rumah, hingga menggunakan Facebook untuk membantu mereka melacak abnormalities atau hal-hal yang tidak biasa terjadi (yang berhubungan dengan komputer, internet, pasokan listrik dan jual-beli dengan menggunakan medium mata uang hasil penambangan kriptografi) demi melacak dan menuntaskan kasus pencurian komputer yang jumlahnya sangat banyak itu.

Pelacakan konsumsi listrik akan menguak kasus ini? Sumber: SputnikNews

Pelacakan konsumsi listrik akan menguak kasus ini? Sumber: SputnikNews

Apakah cara-cara itu akan berhasil?

Secara teori tentu saja. Proses penambangan Bitcoin dan cryptocurrencies membutuhkan komputer bertenaga dan arus listrik yang dipakai sudah pasti akan tinggi. Dengan melihat konsumsi listrik sebuah lokasi, bisa diketahui apakah lokasi tersebut sedang melakukan penambangan mata uang kriptografi atau tidak. Terutama jika lokasi tersebut bukan sebuah area industri.

Sebuah pabrik tidak mengherankan jika menggunakan energi listrik yang besar; tapi sebuah rumah memakai energi listrik sebesar sebuah pabrik tentu akan menimbulkan kecurigaan.

Menambang Cryptocurrency butuh listrik yang besar. Sumber: Bannedbook

Menambang Cryptocurrency butuh listrik yang besar. Sumber: Bannedbook

Hingga saat ini penyelidikan masih berlangsung. Selain 11 tersangka sebelumnya, saat ini kepolisian Iceland belum menangkap tersangka lain. Namun penyelidikan masih terus berjalan dan diharapkan kasus pencurian komputer bernilai milyaran Rupiah ini bisa segera tuntas.

Menambang Bitcoin ataupun cryptocurrency lain pada prinsipnya bukanlah tindakan kriminal atau tidak terpuji. Tapi tetap perlu memperhatikan etika, kepatutan sosial, serta tidak melanggar hukum. Jika tidak, ancaman denda serta penjara sudah menanti.

Patuhi hukum. Atau terima konsekwensi jika tidak patuh. Sumber: AimHighWithVanicci

Patuhi hukum. Atau terima konsekwensi jika tidak patuh. Sumber: AimHighWithVanicci

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: jakartabiennale.net

Jakarta Biennale, Pameran Seni yang Instagram-able Abis!

Satu lagi, acara pameran seni hadir di Jakarta. Bro sis yang artsy dan suka fotografi banget, pasti tau deh sama acara i.. more

00-discovery-tour-d

Mari Megenal Sejarah Mesir Kuno Lewat Assassin’s Creed Origins

Game Assassin’s Creed Origins menampilkan fitur baru bernama Discovery Tour. Di sini gamer bisa belajar tentang sejara.. more

00-d-dawn-animation

Dawn Animation Tayangkan Animasi Lokal di Ponimu

Animasi Lukisan Nafas dan WachtenStaad karya studio lokal Dawn Animation kini bisa disaksikan di situs anime Ponimu seca.. more

Siap-siap, COMICONNECT TOUR 2018 Bakal Datang Ke Kotamu!

COMICONNECT TOUR 2018 adalah tempat buat para author komik untuk belajar dan unjuk karya dengan sesama author dan pelaku.. more

Sumber gambar: ueyakato.jp

Eksibisi Memperingati 150 Tahun Restorasi Meiji Akan Digelar April 2018 di Kyoto Jepang

Catatan sejarah memang menunjukkan kalau bangsa Jepang doyan berperang. .. more