Konami Rilis 5 Menit Single-Player Gameplay. Bisakah Metal Gear Survive Bertahan Tanpa Kojima?

1 year ago
Sumber: Konami.com

Pada acara Tokyo Game Show 2016, pihak Konami sudah memperlihatkan bagaimana gameplay dari seri terbaru “Metal Gear”. Bertajuk “Metal Gear Survive”, kali ini game yang memang menjadi andalan Konami ini akan memiliki unsur baru yaitu kehadiran kawanan zombi sebagai musuh. Tayangan gameplay saat itu berdurasi sekitar 15 menit namun dalam mode multiolayer co-op.

Melihat dari apa yang disajikan Konami kala itu, jelas ini seperti gabungan antara “Metal Gear Solid V: The Phantom Pain” dengan “Metal Gear Online”. Lingkungan bermain masih terasa sangat mirip dengan “Metal Gear Solid V: The Phantom Pain” yang ber-setting di padang gersang Afganistan. Hal ini dikarenakan “Metal Gear Survive” masih menggunakan engine yang sama yaitu Fox Engine.

Sumber: comicbook.com

Sumber: comicbook.com

Seperti game multiplayer pada umumnya, beberapa fitur seperti komunikasi antar pemain, menandai lokasi tertentu agar rekan bermain bisa mengetahui sebuah lokasi, memberikan komentar instruksi singkat pada sesama rekan, atau melakukan beberapa gerakan khas Metal Gear untuk membentu komunikasi secara nonverbal. Sejauh ini gameplay yang ditawarkan terbilang generik, kecuali kemunculan zombi yang masih terasa baru dalam seri “Metal Gear”.

Baru-baru ini Konami lagi-lagi meluncurkan trailer gameplay terbaru “Metal Gear Survive”, namun kali ini untuk mode single-player. Beberapa hal baru lainnya diperlihatkan, mulai dari latar belakang cerita, jenis zombi, jenis senjata, dan beberapa hal yang akan menambah keseruan dalam bermain nanti. Gameplay yang pernah ada di seri sebelumnya pun muncul lagi tapi dengan kombinasi baru yang dimodifikasi.

Sumber: www.polygon.com

Sumber: www.polygon.com

Di dalam game, pemain akan menjadi salah satu prajurit MSF yang muncul lewat lubang portal dan masuk ke dunia paralel penuh zombi. Gaya aksi stealth masih terlihat kentara, namun kali ini sistem craftingi terlihat jauh lebih dalam karena pemain harus mengumpulkan beberapa benda untuk membuat sesuatu yang penting mulai dari senjata, sampai dengan jebakan, dan bangunan untuk dijadikan markas.

Sistem management building juga disuntikkan ke dalam game ini, jadi pemain tidak hanya bertualang untuk eksplor map tapi juga harus mempertahankan markas dari serangan zombi. Seperti judulnya, “Metal Gear Survive” akan menyibukkan pemain dengan berbagai macam kegiatan untuk bertahan hidup.

Semua orang tahu bahwa seri “Metal Gear” ada karena Hideo Kojima, dan keluarnya Kojima dari Konami jelas menjadi hal yang banyak disayangkan oleh para gamer. Namun Kojima keluar dari Konami bukan untuk berhenti dari industri video game, melainkan kembali bangkit lewat hal baru, Kojima Productions. Independen studio miliki Kojima itu, banyak mendapatkan sambutan positif dari para gamer, apalagi kerjasama Kojima dengan pihak Sony untuk game perdananya banyak mencuri perhatian gamer.

Metal Gear Survive” adalah seri “Metal Gear” yang hadir sepeninggalannya Kojima dari Konami. Melihat dari apa yang diperlihatkan di trailer tadi, banyak yang beranggapan bahwa Konami benar-benar sudah merusak pakem dari seri “Metal Gear” yang dikenal selama ini. Kemunculan zombi pun sempat menuai kritik negatif, sebab semua orang tahu “Metal Gear” itu bercerita tentang spionase bukan tentang serangan zombi.

Sumber: www.polygon.com

Sumber: www.polygon.com

Sejak perilisan trailer single-player pada 8 Januari 2018 di channel Youtube IGN, “Metal Gear Survive” banyak mendapat kecaman, selain kolom komentar yang dipenuhi dengan rasa kecewa, trailer itu pun mendapatkan jumlah dislike lebih banyak daripada like.

Dulu diacara Tokyo Game Show 2016, seorang penggemar sempat bertanya pada Kojima bagaimana komentarnya soal “Metal Gear Survive”. Apakah Kojima masih punya andil dalam pengembangan game itu?

Kojima pun menjelaskan bahwa dia tidak ada sangkut pautnya dengan “Metal Gear Survive”, bahkan ia tidak tahu menahu tentang game itu. Bagi Kojima seri “Metal Gear” memiliki cerita tentang spionase dan pertikaian politik. Melihat dari premis cerita itu Kojima malah bertanya, dibagian mana tema zombi bisa masuk?

Sumber: forums.mmorpg.com

Sumber: forums.mmorpg.com

Rekan Kojima, Yoji Shinkawa, mantan desainer dari karakter dan robot untuk seri “Metal Gear” juga mengutarakan pendapatnya, bahwa hal paling masuk akal yang bisa diangkat oleh seri “Metal Gear” selanjutnya ialah tentang robot bukan malah zombi.

Sejauh ini Konami jelas dalam keadaan yang sulit untuk “Metal Gear Survive”. Keputusan yang Konami ambil semakin terasa tidak tepat saja, padahal Konami punya judul game lain yang kemungkinan akan menuai sukses jika dibuat lagi.

Sumber: www.metalgearinformer.com

Sumber: www.metalgearinformer.com

Rencananya “Metal Gear Survive” versi beta akan dirilis bulan ini, para gamer PS4 dan XboxOne bisa mencoba terlebih dahulu sebelum nanti memutuskan untuk membelinya. Apakah setelah diluncurkannya versi beta nanti, game ini akan mendapatkan sambutan positif? Mengingat sejauh ini respon negatif dari para gamer semakin menjadi-jadi.

Kita tunggu saja ya, bro sis. Kira-kira akan seperti apa “Metal Gear Survive”? Apakah akan semenarik “Metal Gear”? Menurut bro sis gimana? Jangan lupa tinggalkan komentar kalian, ya.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Logan dan Laura (jposters.com.ar)

Udah Nonton Logan tapi Bingung sama Laura? Nih Penjelasannya

Di saat Wolverine dan Profesor X bersembunyi di Meksiko dan menjalani hidup tuanya, muncul seorang mutan cilik yang memp.. more

Trigger Junkie (CIAYO Comics)

Menilik Komik Fantasi Buatan Jepang, Amerika, Hingga Indonesia

Bicara komik fantasy, apa sih yang ada di pikiran kalian? Apa kalian langsung ingat InuYasha, Noragami, Berserk, Sword A.. more

consolemini-banner

Trend Perilisan Console Mini, Antara Inovasi, Nostalgia dan Finansial

Salah satu trend di industri video game saat ini, adalah berjibunnya perilisan ulang console game klasik yang pernah mem.. more

Sumber: Oscar.go.com

5 Nominasi Oscar Kategori Film Pendek Animasi Ini Wajib Kamu Tonton Semuanya!

Nah, ada film pendek animasi apa aja yang berhasil masuk nominasi Academy Awards tahun ini?.. more

Isle Of Dogs: Propaganda Historis untuk Memanipulasi Massa Melalui Xenofobia

Wes Anderson membuat film animasi stop motion lagi? Gimana pendapat kalian? Sudah jelas ini merupakan hal yang sangat me.. more