Konsep Gacha dalam Mobile Game Online

1 year ago
(japanesesearch.com)

Guys, pernahkah kalian bermain game gashapon? Sebenarnya di antara kalian pasti banyak yang udah pernah maen game ini, tapi seringnya sih gak tahu kalau namanya gashapon. Nah, kalau di antara kalian ada yang belum pernah maen gashapon, mungkin nyoba maen sesekali gak ada salahnya, lho.

(from : crazyforpaper.blogspot.com)

(from : crazyforpaper.blogspot.com)

Gashapon yang sering disingkat menjadi gacha adalah sebuah mesin penjual mainan otomatis yang berasal dari Jepang. Mesin mainan ini banyak terdapat di setiap toko mainan di pusat perbelanjaan seperti Kingdom Toys, Fun World, dan sebagainya. Gashapon sendiri merupakan merk dagang Bandai yang secara luas digunakan di seluruh dunia untuk jenis mainan kecil di dalam kapsul yang keluar secara acak. Mainan ini dikemas dalam wadah plastik berbentuk kapsul bulat. Nama gashapon diambil dari suara “gasha” atau “gacha” yang terdengar setelah kita memasukkan koin dan memutar tuas tombol start-nya. Sedangkan kata “pon” diambil dari suara mainan yang keluar dari kotak kapsul. Umumnya bentuk mainan yang keluar itu kecil dan hanya seukuran genggaman tangan.

(from : youtube.com)

(from : youtube.com)

(from : jejaklangkahku.com)

(from : jejaklangkahku.com)

Isi mainan gashapon sering dibuat berdasarkan lisensi karakter populer dari manga Jepang, video game, anime, ikon populer dan lisensi hiburan karakter film Amerika. Bentuknya yang lucu dan harganya yang murah membuat banyak penggemar action figure baik tua-muda menjadi kolektor gashapon.

(from : jurnalotaku.com)

(from : jurnalotaku.com)

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, permainan gacha mulai berubah. Dari yang tadinya hanya mesin manual untuk mendapatkan karakter-karakter mainan favorit, saat ini sudah beralih menjadi mobile gaming. Mobile gaming sendiri adalah kegiatan memainkan video game di perangkat yang portable.

Dalam konteks mobile gaming, gacha adalah kegiatan untuk mendapatkan karakter atau item secara acak. Pemain perlu mengorbankan sejumlah in-game resource. Tingkat kelangkaan item atau karakter ini juga bervariasi. Biasanya resource yang dikorbankan juga bervariasi dan tentunya menghasilkan tingkat kesuksesan yang berbeda.

(from : jurnalotaku.com)

(from : jurnalotaku.com)

Di Jepang, sistem permainan ini diperkenalkan pada mobile game yang bersifat bisa dimainkan di mana-mana dan free to play. Sistem ini digunakan untuk mendapatkan karakter, senjata dan lain-lain. Caranya pun sama seperti mesin gacha, di mana di setiap menu pasti tertera list karakter atau senjata yang bisa didapatkan. Perbedaan dari mesin gacha dan versi mobile game yaitu mesin hanya dapat memberikan satu gacha, sedangkan pada versi mobile game pemain dapat mendapatkan 10 gacha. Tapi bukan berarti kita tidak boleh menarik satu gacha di mobile game. Kita masih bisa menarik satu, tetapi biasanya pihak developer memberikan penawaran lebih menarik bagi para pemain agar menggunakan 10. Contohnya kalau kalian tarik 10 kali, maka akan mendapatkan bonus satu kali.

(from : youtube.com)

(from : youtube.com)

Di dalam gacha juga terdapat sistem penilaian rarity atau tingkat kelangkaan karakter yang didapatkan. Level-levelnya dibagi menjadi 4 macam, yaitu :

N = Normal (bintang 3)

R = Rare (bintang 4)

SR = Super Rare (bintang 5)

SSR = Double Super Rare (bintang 6)

Tingkatan tersebut tidaklah absolut. Cara mendapatkannya pun tergantung keberuntungan pemain. Salah satu penawaran dari pihak developer game yaitu apabila kita menarik 10+1 gacha, player dijamin mendapatkan satu atau lebih gacha dengan tingkat kelangkaan bintang empat ke atas. Hal ini yang membuat para gamers saling berlomba-lomba untuk mendapatkan karakter game berlevel SR / SSR dengan terus menerus menarik gacha.

 

(from : jurnalotaku.com)

(from : jurnalotaku.com)

Selain itu, permainan ini juga disebut game RNG (Random Number Generator) sebab menggunakan sistem rolling secara acak. Sistem RNG inilah yang menjadi senjata ampuh para pembuat game online untuk mendapatkan keuntungan besar dari para pengguna game online ciptaannya agar terus melakukan gacha berulang-ulang hingga uangnya tak tersisa, hanya demi mendapatkan item karakter yang sangat ia inginkan.

Maka bukan menjadi berita baru, seseorang bisa menghabiskan uang ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk mendapatkan kekuatan karakter game online miliknya dengan mengejar perlengkapan dari gacha. Oleh karena itu bijaksanalah dalam bermain game online dengan konsep ini. Karena sudah banyak orang yang menyesal membuang uang hanya demi permainan online tersebut. So, masih mau coba peruntungan dalam permainan ini?

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

Sumber: cotoacademy

Sejarah Kotatsu dan Kepopulerannya, Meja dengan Penghangat Khas Rumah di Jepang

Disinilah peran Kotatsu di kehidupan warga Jepang... more

EroManga-Sensei: Karakter Imouto yang Langsung Menghipnotis Para Penontonnya

Bagi para penikmat anime yang menyukai cerita tentang Imouto, sudah pasti menonton anime yang satu ini; EroManga-Sensei!.. more

Keti & Niel (Sumber: ciayo.com)

Gimana Kalo Gebetan Kamu Ternyata Vampir?

Kalo ternyata gebetan kamu ternyata vampir gimana? Apa yang terjadi sama Keti dan Niel di Love Has Fangs?.. more

sumber: http://patinantique.blogspot.co.id/2016/06/1-set-komik-wayang-ramayana.html

Perkembangan Komik Wayang di Indonesia

Siapa sih yang tidak tahu cerita epik Ramayana dan Mahabharata? Meskipun generasi muda tapi pastinya kita pernah denger .. more

10 Karakter Antagonis Paling Mengerikan di Dunia Komik

Berikut ini adalah karakter-karakter antagonis yang memberikan kesan “paling mengerikan” di dunia komik versi CIAYO .. more