Kontroversi Film IT: Apakah Merusak Citra Badut?

2 months ago
Sumber: thesun.co.uk

Baru-baru ini di perilisan film IT di Kanada, ratusan pekerja badut memenuhi jalanan di depan teater. Hal ini dikarenakan sosok badut yang ditampilkan di film IT terkesan horror dan creepy. Mereka menganggap image badut yang terdapat di film tersebut akan mengancam bisnis badut. Apalagi ditambah dengan sosok anak-anak sebagai pemeran utama dalam film tersebut. Badut yang sebelumnya bertugas untuk menghibur anak-anak, malah dijadikan sosok yang menakutkan bagi anak-anak.

Sumber: vice.com

Sumber: vice.com

Thunder Bay Clown Club, klub badut yang berasal dari Kanada berkumpul di depan teater Silver City sebelum pemutaran film IT dirilis. Mereka merasa bahwa film ini akan mengancam industri bisnis badut. Oleh karena itu, image negatif akan badut, harus segera disingkirkan. Dikutip dari vice.com, Ketua Thunder Bay Clown Club pun angkat bicara, “Perkumpulan ini bukanlah aksi protes, melainkan hanyalah pemberitahuan. Tujuan kita adalah memberi edukasi kepada penonton, bahwa terdapat perbedaan badut professional dan badut monster yang sering digambarkan sebagai penjahat di berbagai film/media.” katanya.

Sumber: asaljeplak.com

Sumber: asaljeplak.com

Pada April 2017, King sempat mencuit di twitter bahwa para badut sangat kesal padanya. Ia juga mengatakan bahwa anak kecil memang selalu takut dengan badut dan ia pun memperingatkan untuk tidak memusuhi seseorang hanya gara-gara mengungkap fakta buruk tentang badut.

Sumber: twitter.com

Sumber: twitter.com

Seperti yang diketahui, di berbagai portal, baik youtube maupun video facebook, badut seringkali dijadikan obyek villain  dalam berbagai prank. Misalnya dalam video ini:

Bisa dilihat bahwa angka viewers di video prank badut ini saja sudah tembus 20 juta views!

Sumber: crixeo.com

Sumber: crixeo.com

Ketakutan terhadap badut sendiri dinamakan Coulrophobia dan penyebabnya pun bermacam-macam. Namun dilansir dari coulrophobiafacts.com, kasus coulrophobia ini mulai meningkat di AS sekitar tahun 1990-an, di mana pada saat itu terdapat tayangan serial horror berjudul IT dari novel Stephen King. (Oiya, untuk yang belum tahu, sebelumnya novel karya Stephen King ini pernah dibuatkan versi seriesnya pada tahun 1990-an).

Sesuai dengan karakter badut yang digambarkan sebagai pembunuh, banyak sekali remaja dan anak-anak yang phobia terhadap badut. Sangat timpang ya bro sis, penggambaran karakter badut di dunia nyata dan di televisi. Padahal profesi utama badut adalah untuk menghibur tamu di berbagai acara, namun di televisi seringkali karakter badut dijadikan orang psikopat atau pembunuh.

Joker, dengan riasan khas badutnya. (Sumber: crixeo.com)

Joker, dengan riasan khas badutnya. (Sumber: crixeo.com)

Riasan tebal badut juga dianggap menutupi kondisi emosional seseorang yang sebenarnya. Sehingga banyak merasa badut  merupakan hal yang creepy, tidak bisa ditebak dan mempunyai senyum palsu. Coulrophobia bukanlah phobia biasa loh bro sis. Dalam beberapa kasus, penderita coulrophobia akut dapat mengalami kesulitan bernafas!

Nah, bagaimana dengan bro sis? Apakah bro sis juga phobia dengan badut? Atau bahkan penderita coulrophobia akut seperti video di atas?

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

instagram : zipcy

Illustrator Ini Menggambarkan Keintiman Sepasang Kekasih Lewat Karyanya

Yang Se Eun, seorang illustrator berumur 29 tahun asal Korea bakalan membuat kamu ngerasa pingin untuk jatuh cinta terus.. more

Jember Bukan Hanya Tempat Asal Fashion Carnaval, Tapi Juga Telurkan Komikus Berbakat

Tidak semua komikus terkenal Indonesia berasal dari ibu kota. Banyak komikus mengagumkan yang berasal dari kota lainnya,.. more

CIAYO Comics Meluncurkan Volt X Setan Jalanan di Popcon Asia 2017

Popcon Asia 2017 kali ini diselenggarakan untuk ke-enam kalinya. Mengambil momentum yang tepat CIAYO Comics akan resmi m.. more

Gudetama (Sumber: pinterest)

Gudetama: Kisah Kuning Telur yang Mendunia

Kuning, pemalas, bentuknya telur, tapi bisa ngomong. Apa hayo? Yup, siapa lagi kalo bukan Gudetama. Karakter lucu asal J.. more

Sabrina – Chapter 2: Berapa Lama Aku Harus Menunggu?

Siapa sih yang suka nunggu? Nggak ada yang suka nunggu lama-lama. Sabrina nyoba buat ngelatih kesabarannya. Tapi berapa .. more