Nonton Film Joker Membuat Jiwa Tidak Stabil? Mungkin, Tapi Lebih Mungkin Kamu Cuma Dapat Hal Gak Penting Ini

3 months ago
Kontroversi Film Joker_Banner

Sudah hampir dua minggu sejak film Joker tayang di bioskop-bioskop nusantara. Seni teatrikal yang dibawakan oleh Joaquin Phoenix dalam aktingnya memang luar biasa. Namun, mungkin yang lebih luar biasa lagi adalah efek film ini kepada para netizen. Salah satu yang paling ramai dibicarakan adalah bagaimana film Joker ini dapat mempengaruhi keadaan mental penontonnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, seorang dokter spesialis kejiwaan menyatakan bahwa menonton film seperti Joker dapat menimbulkan rasa kecemasan bagi orang pencemas. Seorang motivator psikologis, Dedy Susanto, bahkan mengeluarkan pernyataan yang lebih ekstrem lagi mengenai film Joker. “Saya sarankan yang belum menonton jangan nonton,” unggahnya di Instagram.

Cukup adil kalau dikatakan film Joker bisa memicu perasaan negatif bagi orang-orang yang peka atau tengah berada dalam posisi emosional. Tapi, apa benar menonton film Joker dapat membuat jiwa jadi tidak stabil? Mungkin saja, tapi lebih mungkin lagi kalau kamu para penonton malah mendapatkan sejumlah hal gak penting-penting banget berikut:

1. Kamu akhirnya punya bahan ngobrol baru, untuk sementara

Kontroversi Film Joker_Dance
Sumber: Google Images

Suka bingung ngobrol apa ketika ngumpul bareng teman? Sekarang setelah kamu nonton Joker, kamu bakal punya bahan obrolan, yang kemungkinan besar akan habis dalam 5 menit. Sepuluh menit kalau obrolannya ditambah dengan topik betapa ketinggalannya kamu, mengingat film ini keluar 2 minggu yang lalu dan teman-teman kamu pasti sudah bosan. 

Alternatif lain, kamu bisa mencoba ngobrolin segala kontroversi dan hal-hal kecil yang mengikuti film Joker. Misal seperti kasus unggahan Facebook BPJS yang kena somasi (teguran) gara-gara menyinggung Joker atau beragam reaksi ekstrem dari orang-orang yang menonton film tersebut. Dalam skenario terbaik, itu bisa jadi topik pembicaraan satu sore penuh. Skenario yang lebih masuk akal adalah temanmu yang menjawab, “Uh hmm” atau “Oh gitu.”

Apa yang kamu harapkan? Sudah dikatakan di atas kalau ini daftar hal realistis dan gak penting-penting banget.

2. Kamu akhirnya jadi lebih ngerti beragam lawakan meme Joker yang bertebaran di internet

Kontroversi Film Joker_Meme
Sumber: Google Images

Sekarang setelah kamu nonton film Joker, kamu bisa menikmati berbagai konten ekstra yang tersebar di internet, meme. Secara kolektif, netizen sudah menciptakan berbagai meme yang dapat kamu nikmati secara gratis sebagai bahan prokrastinasi. 

Prokrastinasi, yah ini poin yang kurang produktif. Setelah 10 hingga 20 gambar meme, itu bisa jadi hal yang kamu sadari dan kamu berpikir untuk melakukan hal lain. Bye bye Joker meme, time to move on.

3. Realita bahwa kamu sudah menghabiskan uang, waktu, dan akhir minggu yang berharga untuk menonton

Kontroversi Film Joker_Mental Health Issue
Sumber: Google Images

Ini hal yang pasti akan kamu sadari ketika akhirnya memutuskan untuk menonton Joker. Kamu sudah mengeluarkan (untuk transport dan tiket, katakanlah) Rp100 ribu dan 2 jam waktumu untuk film ini. Apakah worth it?s hadir di bioskop-bioskop dan ramai di media; Joker adalah film dengan cerita tragis, lelucon kelam, dan akting memorable. It has to be worth it.


Oke, kalau kamu belum nonton Joker dan masih bingung mau nonton atau tidak, ini jelas bukan tulisan terbaik untuk membantu keputusanmu. On serious note, kalau kamu memang mudah cemas, ini bukan tontonan untukmu. Heck, media berita nasional sudah melayangkan pesan tersebut berkali-kali.  

Kalau kamu memiliki usia 17 tahun atau di bawahnya, kamu tidak seharusnya membaca artikel ini karena film Joker memiliki rating 17+. Dengan demikian, pertanyaan seperti ‘apa saya bisa mengalami dampak mental atau dampak apapun dari film Joker?’ sama sekali tidak relevan untuk kamu. Dek, kamu gak boleh nonton film ini.

Kalau kamu ada di sini karena kamu lagi bosan dan entah mengapa masih membaca artikel ini, langsung tonton saja film Joker di kesempatan terdekat. Apa hal terburuk yang dapat terjadi? Mau ngobrolin soal Joker, tapi topiknya sudah garing; Itu hal terburuk yang paling mungkin terjadi.

Apa kamu masih membaca artikel ini? Bagus, karena penulis punya rekomendasi bacaan selanjutnya untuk kamu. Berhubung kamu membaca artikel mengenai sebuah film psikologis dengan bumbu thriller dan pastinya untuk kalangan dewasa, penulis juga akan memberikan usulan komik horor dengan elemen serupa: The Truth.

Kontroversi Film Joker_The Truth
Komik The Truth (Sumber: CIAYO Comics)

Baik Joker dan komik The Truth menampilkan karakter yang mungkin memiliki gangguan psikologis. Penulis mengatakan “mungkin” karena komik The Truth masih berlanjut dan kita jawaban dari beragam pertanyaan di komik itu belum muncul. Ah what the heck, protagonis komik The Truth sudah jelas-jelas bonkers

Kalau kamu sudah komik dengan latar rumah sakit jiwa dengan bumbu teori konspirasi dan absurditas (terutama tangga yang absurd, kamu akan tahu apa yang penulis maksud dengan ini ketika membaca komiknya), kamu akan menyukai komik ini.

Ada juga komik singkat The Unfinished Jokes yang dibawakan dalam nuansa noir yang gritty. Suka kisah tragis yang berubah menjadi komedi kelam? Yep, ini bacaan untukmu.

About Author

Avatar

Maximilian Surjadi

Forever a writer. He’s almost able to write anything, from news piece to grooming tips. But, he especially have a deep interest in fiction, fantasy, history, and culture. Visit him at bearly-max.com and for tarnation sake, don’t feed him anything!

Comments

Most
Popular

Ikuti keseharian idol group CoLoN: di komik CoLoN: Colorful Beat! Di balik aktivitas idol mereka, ternyata ada sebuah rahasia mengejutkan!

CoLoN: Colorful Beat – Keseharian Grup Idol Jepang Yang Nggak Biasa

Ikuti keseharian idol group CoLoN: di komik CoLoN: Colorful Beat! Di balik aktivitas idol mereka, ternyata ada sebuah ra.. more

Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii / Love is Hard for Otaku. (Sumber: fandompost)

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Otaku dan Anime Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii, Love is Hard for Otaku

Wotaku Ni Koi Wa Muzukashii mengisahkan pasangan kantor yang keduanya otaku. Apakah kehidupan otaku bisa harmonis dengan.. more

(from : thefamicast.com)

Bersiaplah Menyambut Tokyo Game Show 2017

Cihuiii, Tokyo Game Show (TGS) 2017 bakalan digelar lagi nih guys. Acara game terbesar di Jepang ini bakalan resmi dibuk.. more

TheMandalorian-Thumb

The Mandalorian: TV Series Star Wars yang Akan Ditangani Sutradara-Sutradara Kelas Hollywood

“Mandalorian” adalah sebutan untuk mereka yang berasal dari planet Mandalore di kisah Star Wars. Serial The Mandalor.. more

Sumber: myanimelist.net

Anime dengan Rating Terbaik di Musim Gugur 2017

Penayangan anime di Jepang terbagi ke dalam 4 musim: spring, summer, fall, dan winter. Di penghujung bulan Desember seka.. more