Kontroversi Pengumuman Pemeran Princess Ariel dalam The Little Mermaid Live Action

3 months ago
Ariel

Untuk anak perempuan kelahiran tahun 90an, mungkin kalau ditanya gedenya mau jadi siapa? Kebanyakan mau jadi Princess Disney. Entah itu Cinderella, Putri Salju atau yang lainnya. Gak heran kalau film-film Disney Princess banyak menjadi inspirasi dari film, novel, drama bahkan sinetron di berbagai belahan dunia. Ngaku aja siapa di sini penggemar Disney Princess? Pasti tahu dong salah satu putri cantik yang bernama Ariel?

Yap, Ariel adalah salah satu karakter Disney Princess berwujud putri duyung yang ditampilkan dalam kisah berjudul “The Little Mermaid”. Film ini pertama kali dirilis pada tahun 1998 oleh Walt Disney Pictures. Kemudian muncul dua film sekuelnya pada tahun 2000 dan 2008 dengan judul The Little Mermaid II: Return to the Sea dan The Little Mermaid: Ariel’s Beginning. Kemunculan Ariel menjadi salah satu tokoh favorit bagi anak-anak khususnya anak perempuan.

Pengumuman Peran Ariel oleh Disney

Ariel_instagram
Instagram.com/chloexhale

Setelah sukses menayangkan Aladdin, Disney kembali akan merilis film terbaru versi live action, yakni Mulan dan The Little Mermaid. Disney pun mengumumkan siapa aktris yang bakal memerankan Ariel dalam film The Little Mermaid versi live action. Dilansir dari The Hollywood Reporter, Kamis (4/7/2019), yang terpilih adalah aktris sekaligus penyanyi berkulit hitam, Halle Bailey.

Menurut keterangan sang sutradara, penyanyi yang tergabung dalam duo Chloe x Halle, Halle Bailey (19), telah menjadi kandidat yang kuat sejak awal proses casting.

Halle dipilih bukan hanya karena penampilan namun karena suaranya yang menakjubkan yang dianggap sangat pas dengan karakter ariel. Sontak saja nama Halle Bailey menjadi perbincangan. Seperti diketahui Ariel merupakan putri duyung yang cantik dalam film Mermaid.

Ini akan menjadi debut pertama Bailey sebagai pemeran utama di industri perfilman. Halle pernah muncul di beberapa film seperti ‘Last Holiday’ dan ‘Let It Shine’. Dia juga mendapatkan pujian untuk penampilannya di serial TV, seperti ‘House of Payne’ dan ‘Grown-ish’. Sebelumnya Halle dan saudara perempuannya, Chloe, terjun ke industri hiburan pada tahun 2015 dengan membentuk group duo, Chloe x Halle.

Siapa Halle Bailey?

Ariel_Halle
Halle Bailey (Sumber: Evening Standard)

Halle Bailey adalah perempuan kelahiran 27 Maret 2000 yang lahir di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Halle juga memiliki kulit yang eksotis. Banyak yang mengatakan kalau dia memiliki wajah yang unik sehingga cocok menjadi pemeran Putri Ariel di Little Mermaid Live Action.

Karier Chloe dan Halle Bailey mulai menanjak saat memposting video cover lagu “Pretty Hurts” Beyoncé di YouTube. Hal itu pun sontak menarik perhatian Beyonce dan langsung menarik mereka ke label rekamannya. Bailey dan saudarinya, Chloe, juga pernah menjadi pembuka di tur Lemoade Beyonce. Dilansir dari The Famous People, mereka pun dikenal sebagai duo populer ‘Chloe x Halle’.

Halle Bailey Sebagai Ariel, Apakah Cocok?

Ariel_postinstagram
Post pertama Halle setelah diumumkan menjadi Ariel (Instagram.com/chloexhale)

Setelah pengumuman bergabungnya Bailey, sang artis pun mengunggah foto karakter Ariel dengan keterangan, “Mimpi menjadi nyata…” pada akun Twitter-nya @chloexhalle.

Zendaya, aktris yang sebelumnya disebut-sebut jadi calon unggulan peran ini ikut merayakan kabar tersebut. Aktris Spider-Man: Far From Home itu memberi selamat pada Halle lewat Twitternya.

Yessss.. here for this!” seru Zendaya sambil membubuhi emoji cinta dan kedua tangan terbuka, serta menandai akun grup Halle.

“Walaupun aku berharapnya kamu yang jadi Ariel, tapi Halle mungkin juga akan luar biasa,” kata salah satu penggemar di kolom balasan cuit Zendaya.

Film live-action Disney, ‘The Little Princess’ diperkirakan akan tayang pada 2020 mendatang. Film ini juga akan menampilkan lagu-lagu asli dari film animasinya yang rilis pada 1989 silam, serta lagu-lagu baru yang diciptakan komposer aslinya, Alan Menken, dan pencipta ‘Hamilton’ Lin-Manuel Miranda.

Kontroversi Pengumuman Halle Sebagai Pemeran Princess Ariel

Ariel_TheLittleMermaid
Sumber: Youtube.com

Kabar pengumuman ini menuai berbagai reaksi dari penggemar Disney. Ada yang mendukungnya, tapi tidak sedikit pula yang kecewa dengan keputusan itu.

Sebagian penggemar Disney menilai Halle bukanlah aktris yang tepat untuk memerankan karakter Ariel. Bukan karena aktingnya, Halle dirasa kurang tepat memerankan Ariel lantaran berkulit hitam.

Jika sebelumnya Princess Ariel identik dengan kulit putih dan mata biru, maka visualisasi ini menyajikan tampilan baru sang putri duyung sebagai wanita keturunan kulit hitam.

Sementara kisah Putri Duyung diangkat dari dongeng The Little Mermaid yang berasal dari Denmark. Artinya, Ariel semestinya berkulit selayaknya bangsa Eropa. Netizen yang mengaku berasal dari Denmark juga mengatakan tidak senang dengan keputusan Disney.  

Disney dianggap merusak karakter ikonik tersebut dengan memilih aktris kulit hitam untuk memerankannya. Mereka menilai jika Disney seakan mengubah total karakter Ariel dan membuatnya kehilangan identitas.

Dia lebih cocok jadi Moana,” seru salah satu warganet.

Ariel harusnya berambut merah. Ini namanya blackwashing,” kata lainnya.

Apa Seharusnya Zendaya yang Berperan Sebagai Ariel?

Ariel_Zendaya
Zendaya (Sumber: cewekbanget.id)

Sebelum Halle, Zendaya sang aktris jebolan Disney memang dirumorkan untuk menjadi Ariel. Dilansir dari laman elle.com, sumber yang dekat dengan Walt Disney Studios mengatakan kalau Zendaya Coleman mendapat tawaran untuk peran sebagai Ariel di film live-action Disney selanjutnya.

Tidak heran, selain muda dan cantik, Zendaya dianggap berbakat. Apalagi setelah penampilannya di The Greatest Showman. Zendaya dipercaya akan sangat cocok dan memukau penonton sebagai Pricess Ariel.


Nah, menurut kamu sendiri gimana? Apakah Halle cocok menjadi Ariel? Atau memang Zendaya lebih pantas? Yuk, berikan komentar kalian dibawah!

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Robot versus robot. Pertama di dunia. Sumber gambar: newatlas.com

Duel Robot Raksasa Pertama Di Dunia: MegaBots VS Suidobashi

Duel robot raksasa pertama di dunia, yang robotnya dikendarai oleh pilot manusia seperti Gundam, baru saja terjadi. Duel.. more

00-d-buka-bersama-ciayo-corp

Buka Bersama CIAYO Corp, Menjalin Silaturahmi Dengan Komikus Indonesia

Acara buka bersama CIAYO Corp. diadakan tanggal 7 Juni lalu mempertemukan para pegawai CIAYO Corp. dengan komikus dan pa.. more

Gal Gadot Menyelamatkan Wonder Woman dari Patty Jenkins

Wonder Woman sudah sepantasnya dibuat sempurna. Saya akan menulis review film Wonder Woman garapan Patty Jenkins sesuai .. more

MembuatMecha-Thumb

Zaman Era Robot Raksasa Akan Lahir, Seorang Millioner Elon Musk Ingin Membuat Mecha

Di Twitter resmi Elon Musk, dia dengan blak-blakan mengatakan bahwa dia ingin membuat sebuah mecha. Dari tweet nya itu, .. more

berani bermimpi

Berani Bermimpi: Yuk Bantu Wujudkan Mimpi Adik-adik Kita!

Antologi komik Berani Bermimpi berisi 14 komik yang terinspirasi cerita dan mimpi adik-adik yatim piatu dari panti asuha.. more