Kreativitas Platform Komik Indonesia

4 months ago
(Google Playstore)

Kemajuan teknologi membuat semua di lingkungan sekitar kita ikut berubah. Termasuk dengan komik. Kalau dulu pas masih kecil biasanya ada yang setiap minggu ngajak orang tuanya buat beli komik, nabung buat beli lanjutan komik kesayangan atau ada juga bro sis yang punya kenangan bolak-balik toko buku demi mengecek lanjutan komik kesayangan sudah keluar atau belum. Nah, hal-hal kayak gitu yang bikin kita sebagai pecinta komik punya “kepuasan” tersendiri setiap mendapatkan komik seru yang diinginkan.

(www.kaorinusantara.or.id)

(www.kaorinusantara.or.id)

Dan seiring berjalannya waktu, perubahan terjadi pada komik. Teknologi mengubah cara kita membaca buku dan juga komik. Komik kini gak hanya hadir dalam bentuk cetak seperti masa kecil kita, tapi juga digital. Berbekal ponsel pintar dan kuota internet, bro sis udah bisa membaca semua komik yang ada sesuai dengan genre yang disuka lewat situs komik online Indonesia gratis.

Tapi gak usah sedih bro sis, keberadaan komik digital gak menggeser komik cetak begitu aja, bahkan justru melengkapinya. Komik cetak yang sempat “mati suri” malah justru perlahan bangkit kembali dengan adanya komik digital. Adanya media sosial dan internet juga membantu komik lokal bangkit dan menumbuhkan banyak komikus baru.

Meningkatnya antusiasme pembaca komik digital memungkinkan untuk menerbitkan ceritanya dalam bentuk cetak. Misalnya saja komik Volt, kolaborasi aktor tampan Marcellino Lenfrandt dengan Aswin Siregar. Komik bahasa Indonesia ini jadi salah satu buktinya.

Komik Volt (www.skylarcomics.net)

Komik Volt (www.skylarcomics.net)

Nah, kehadiran komik-komik digital ini juga didukung dengan platform komik Indonesia seperti CIAYO Comics. Kreativitas platform komik Indonesia emang gak usah diragukan lagi. Komik-komiknya pun beragam, gak kalah sama komik cetak. Ada komik komedi, komik fantasy, komik drama, komik horror sampai komik action dengan berbagai macam judul komik.

Dan gak cuma menggaet komikus ternama atau komik dari luar, platform komik Indonesia bahkan menggaet komikus-komikus lokal.

(www.instagram.com/jonbrayy)

(www.instagram.com/jonbrayy)

Penyebaran komik digital berbentuk komik strip di media sosial juga turut meramaikan komik digital. Pasti bro sis udah gak asing dong sama yang namanya “meme”. Munculnya gambar meme komik yang lucu dari komik strip semakin membuat masyarakat menjadi tertarik untuk membaca komik.

(www.instagram.com/memekomikˍindonesia)

(www.instagram.com/memekomikˍindonesia)

Tanpa disadari justru dunia digital memudahkan pembaca untuk menentukan ketertarikannya dengan mengintip dahulu sebagian tema yang disukai. Nah, dari sini komikus dan platform komik Indonesia juga ikut terbantu. Karena lebih mudah mengetahui target audience yang ingin dituju.

Dengan adanya platform komik, pembaca setia komik dimanjakan dengan berbagai macam komik seru. Kesannya lebih hidup dan yang pasti gratisss.

(Google Playstore)

(Google Playstore)

Perkembangan komik digital juga gak kalah dari komik cetak biasa. Kalau bro sis pernah tertarik sama “Stand by Me” dari komik Doraemon atau film-film dari Detective Conan, mungkin bro sis juga bakal tertarik sama film dari komik Indonesia. Iyap, salah satu komik online Indonesia juga bakal ada filmnya loh!

Poster Si Juki The Movie (Sijuki.com)

Poster Si Juki The Movie (Sijuki.com)

Bro sis yang suka baca komik komedi, pasti udah gak asing sama Si Juki & Mang Awung kan? Nah, kabarnya akhir tahun ini Si Juki The Movie bakal tayang di bioskop loh! Gila, siapa yang gak bangga coba kalau karya anak bangsa Indonesia bisa berkembang sampai segininya.

Poster CIAYO Comics One−shot Challenge Vol. 2 (www.instagram.com/ciayocom)

Poster CIAYO Comics One−shot Challenge Vol. 2 (www.instagram.com/ciayocom)

Selain itu, kreativitas platform komik Indonesia jug dibuktikan dengan ramainya pembaca komik digital yang mengikuti challenge seperti CIAYO Comics One−shot Challenge Vol. 2 yang diadakan oleh CIAYO Comics. Di sini platform komik memberi kesempatan pada para pembaca untuk ikut membuat komik sesuai yang diinginkan. Selain menyalurkan bakat dan meramaikan komik digital, adanya lomba ini juga mencari bakat – bakat baru. Pssst, ada hadiahnya juga loh! Jadi buat bro sis yang mau ikutan masih bisa nih.

Poster CIAYO Comics One−shot Challenge Vol. 2 (www.instagram.com/ciayocom)

Poster CIAYO Comics One−shot Challenge Vol. 2 (www.instagram.com/ciayocom)

Kalau ngomongin soal kreativitas, platform komik Indonesia termasuk pintar dalam mewadahi author dari komik yang ada. Banyak sekali komik lokal yang bergabung di platform komik Indonesia. Ceritanya pun unik-unik dan gak kalah sama komik luar. Misalnya aja Si Juki & Mang Awung karya Faza Meonk, Komplek Tanpa Faedah karya Patrick Jonbray, Celoteh Bunbu karya Hangga Ganiadi, Consilium karya Oryza Kathleen dan sederet komik – komik seru buatan anak Indonesia yang udah bergabung di CIAYO Comics.

Si Juki & Mang Awung (www.instagram.com/jukihoki)

Si Juki & Mang Awung (www.instagram.com/jukihoki)

Gak hanya platform komiknya aja, author dari komik lokal di platform komik Indonesia juga kreatif loh. Buktinya aja komikus Si Juki, Faza bisa membawa Si Juki sampai ke luar negeri dan berhasil membuat seri komik terbaru berjudul “Petualangan di Korea” yang berkolaborasi dengan Larva. Bahkan dia didapuk jadi Duta Pariwisata Kehormatan Seoul. Wah, keren abis ya bro sis.

Komik SI Juki Seri Jalan Jalan: “Petualangan Di Korea” (www.pionicon.com)

Komik SI Juki Seri Jalan Jalan: “Petualangan Di Korea” (www.pionicon.com)

Saat ini platform komik Indonesia menjadi salah satu startup yang berkembang pesat. Pengunduh aplikasinya aja udah lebih dari 100ribu. Gimana bro sis? Makin bangga kan sama negara kita. Terbukti kan kalau Indonesia juga bisa kreatif, salah satunya dari platform komik Indonesia.

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Sumber: The Japan Times

Funkot: Musik Dance Rasa Dangdut Yang Mengudara Hingga Jepang

Indonesia boleh berbangga karena memiliki ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, batik yang mendunia, kuliner yang bik.. more

source 1: twitter @ccsakura_info

Mengungkap Hal Tabu dalam Anime Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura bakal ditayangkan lagi tahun depan loh! Bro sis udah dengar beritanya belum?.. more

Liputan: Anime Matsuri 2017

Event Anime Matsuri turut menghadirkan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pop culture, salah satunya CIAYO Comi.. more

Membaca cerita fiksi dan efeknya (Sumber: emazed.com)

Cerita Fiksi dan Efeknya ke Pembaca

Ternyata kamu hobi baca novel fiksi dan bahkan berbakat dalam nulis cerita pendek. Tenang! Hal itu sama sekali gak salah.. more

Nama-Nama Ini Akan Mengisi Diskusi Panel BEKRAF Game Prime 2017

Hallo gamerhead! Siapa dari kalian yang berencana dateng ke Bekraf Game Prime 2017? Nama-nama ini akan hadir untuk menja.. more