Krypton: Serial TV Tentang Planet Asal Superman

2 weeks ago
thumb-3

Superman adalah pop culture icon yang mampu bertahan lebih dari setengah abad dan tetap perkasa di puncak popularitas.

Sebagai salah satu produk komik di masa-masa perang dan resesi ekonomi Amerika Serikat, Superman muncul sebagai sebuah hiburan. Sebuah simbol harapan akan kondisi yang lebih baik. Dengan penggambaran sebagai karakter yang kuat luar biasa laksana dewa, Superman menjadi sosok ideal bagaimana seorang ‘Messiah’ yang berjalan (dan terbang melayang)  di atas bumi.

isi-25

Superman. Sumber: SuperheroIceCream

Sebagai karakter komik, Superman mengalami berbagai perubahan. Mulai dari origins alias asal muasal hingga powers alias kekuatan (dan juga kelemahan | Fun Fact: Superman tidak berdaya melawan sihir/magic).

Sejak muncul pertama di Action Comics, karakter ini terus ber-evolusi. Namun satu hal yang tetap sama sejak pertama kali diperkenalkan ke publik hingga hari ini: Superman adalah Kal-El, bayi yang dikirim oleh orangtuanya dari Planet Krypton ke Planet Bumi saat planet tersebut akan hancur.

isi-13

Momen Jor-El mengirim putranya ke Bumi di film “Man of Steel”. Sumber: Wikipedia

Guideline ini belum berubah hingga hari ini walau cerita Superman mengalami berbagai perubahan karena tergantung oleh siapa yang mendesain cerita yang digunakan. Sebagai komik franchise, Superman dikerjakan oleh banyak seniman komik dan penulis naskah. Hal ini biasa terjadi di komik franchise. Tidak hanya di DC Comics namun juga di Marvel Comics.

Selain komik, karakter-karakter DC Comics juga sangat populer di layar televisi. Ingat serial TV Batman-nya Adam West tahun ‘60an? POW! SMACK! Serial dengan theme song gokil itu menggambarkan aksi Batman & Robin secara komedik. Lebih modern dari itu? Ada “Arrowverse” yang berisi kisah tokoh-tokoh DC Comics seperti Green Arrow, Supergirl, The Flash hingga Legends of Tomorrow. Serial-serial ini tergolong sukses di kalangan fans DC Comics. Disebut “Arrowverse” karena ‘TV Universe DC Comics’ dimulai dari serial “Arrow” (2012), dan terkadang tokoh-tokoh di Arrowverse ini bertemu dan bahkan bekerja sama. Kira-kira seperti “Justice League” namun dalam skala televisi.

Bagaimana dengan “Krypton”?

isi-15

Sumber: Wikipedia

Secara timeline serial televisi baru DC Comics ini tidak berada dalam Arrowverse. Serial ini bahkan tidak berada dalam stasiun TV yang sama (Arrowverse ditayangkan di CW sementara Krypton di Syfy)! Krypton mengambil timeline super jauh dibandingkan serial-serial TV superheroes keluaran DC Comics. Kira-kira 200 tahun sebelum lahirnya Kal-El putra dari Jor-El dan Lara.

Serial TV Krypton akan menceritakan hidup dan perjalanan kakek Kal-El yang bernama Seg-El. Tadinya saya mengira Seg-El adalah karakter yang diciptakan untuk serial TV ini saja; namun ternyata Seg-El muncul pertama kali di komik “World of Krypton Vol.2 #3” (1988) dan diciptakan oleh John Byrne serta Mike Mignola.

isi-27

Komik origins Seg-El. Sumber: Wikipedia

Satu hal yang membuat saya rada geli/lucu dengan penggambaran Seg-El dan dunia di Krypton ini adalah kuatnya aksen/logal British oleh banyak karakternya.

Seg-El, Lyta-Zod (yang seharusnya merupakan nenek dari General Zod nanti), dan beberapa karakter lain berbicara dengan logat Inggris yang kental hingga membuat saya berpikir kalau orang Krypton mungkin merupakan nenek moyang bangsa Inggris hehehe.

isi-23

Kakek Superman & Nenek General Zod. Sumber: TimesColonist

Hanya Adam Strange, manusia bumi pengelana kosmik dan waktu, yang berbicara dengan logat Amerika.

isi-2

Adam Strange. Sumber: DigitalSpy

Kisah di serial TV Krypton dibuka dengan kematian ilmuwan bernama Val-El, kakek dari Seg-El, akibat vonis dari penguasa planet tersebut karena dianggap menyebarkan berita bohong akan adanya kehidupan lain di luar Krypton. Beberapa tahun kemudian seseorang bernama Adam Strange mendatangi Seg-El dan mengaku berasal dari masa depan dimana cucunya kelak akan jadi superhero pelindung planet asal dia. Adam Strange mengabarkan kalau Krypton dalam bahaya karena dalam incaran Brainiac “The World Collector” yang akan menghancurkan planet itu dan mengoleksi City of Kandor dari Krypton.

isi-1

Datang dari masa depan dengan jubah House of El. Sumber: ExtremePlayers

Sambil berusaha mencegah Brainiac menghancurkan planetnya, Seg-El juga harus mengatasi berbagai masalah lain yang menerpa; termasuk usaha mengembalikan citra House of El dalam status sosial tinggi/ranked pasca eksekusi Val-El, perseteruan dengan pihak militer Krypton sementara dirinya menjalin hubungan terlarang dengan Lyta-Zod, putri pejabat militer Jayna-Zod yang menembak mati kedua orangtua Seg-El, dan berbagai masalah lain.

Krypton direncanakan sejak 2014 dan perlu waktu hingga 4 tahun sebelum akhirnya pilot episode nya rilis di stasiun televisi SyFy 21 Maret 2018. Pemeran Seg-El adalah aktor Cameron Cuffe dan digambarkan lebih muda dan serampangan jika dibandingkan versi komik.

isi-24

Cameron Cuffe sebagai kakek Superman, Seg-El. Sumber: Bustle

Secara umum menurut saya serial TV Krypton ini biasa-biasa saja. Belum terasa ‘wah’ nya. Selain aksen Inggris yang cukup bikin distracted, dunia dalam planet ini digambarkan kusam dan suram. Tapi ya wajar juga sih… Krypton bukanlah Utopia damai sentosa. Planet ini kacau dan bermasalah. Entah kenapa Brainiac menginginkan Krypton & City of Kandor.

krypton

Suasana suram di Krypton. Sumber: SyFy

Jika kamu ingin melihat seperti apa ‘kampung halaman’ Si Manusia Baja Kal-El, bisa nonton serial TV Krypton ini. Season satu sedang berjalan dan akan terdiri dari 10 episode di stasiun televisi SyFy. Have fun!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Adegan percintaan di manga tipe shōjo (nicollzg.wordpress.com)

Ahli Statistik Manga Mengungkapkan Apa yang Didambakan Pembaca Manga Wanita

Apa sih yang disukai cewe pembaca manga? Midori Makita, analis manga, menjawabnya... more

Dukung Short Story Kesukaanmu!

CIAYO Blog Short Story Challenge hampir mencapai puncaknya nih bro sis! Dari 100 lebih submisi yang diterima, akhirnya s.. more

Kamu Belum Tahu Arti Kata EXTRAORDINARY Kalau Belum Baca Artikel Ini!

Mendengar kata ‘EXTRAORDINARY’, membuat kita terbayang akan suatu hal yang unik, luar biasa, atau epic... more

Xagia Wars

Visual Novel Lokal Xagia Wars Segera Hadir di Steam!

Satu lagi game produksi Indonesia yang akan menyambangi platform gaming raksasa Steam. Kali ini adalah giliran Xagia War.. more

(Sumber gambar: NBCNews)

Steven Spielberg Buktikan Dirinya Masih Raja Box Office dengan “Ready Player One”

Steven Spielberg sang pembuat film Box Office. Apakah Ready Player One akan bernasib sama?.. more