Kurang Berselera Makan? Anime Bertema Kuliner ini akan Membangkitkan Selera Makanmu

11 months ago
Sumber: myanimelist.net

Hampir segala ide bisa diangkat menjadi suatu cerita dalam anime, termasuk kuliner. Anime bisa menampilkan suatu makanan serta minuman sehingga terlihat lebih enak secara visual. Meskipun demikian, anime bertemakan kuliner masih cukup jarang beredar. Entah karena dianggap kurang menarik ataupun membutuhkan riset dan pengetahuan kuliner yang mendalam sebelum membuat konsep ceritanya.

Namun, ada pula anime-anime bertemakan kuliner yang dikemas dengan baik ataupun digabungkan dengan genre lainnya sehingga menjadi suatu cerita yang sangat menarik, seperti anime-anime berikut ini:

Oishinbo

Yamaoka Shiro adalah sorang kritikus makanan sekaligus chef yang bertualang ditemani  Kurita Yuko, istrinya yang bekerja sebagai reporter. Mereka berdua mencari rasa dan masakan terbaik ke seluruh penjuru Jepang. Selama perjalanan, Yamaoka Shiro pun bertemu dengan rival kuat, salah satunya bahkan adalah ayahnya sendiri.

Oishinbo (Sumber: myanimelist.net)

Oishinbo (Sumber: myanimelist.net)

Anime lawas ini cukup populer dan beberapa kali disebutkan di Iron Chef. Kalau bro sis mau nonton, mungkin harus mencarinya di kolektor karena anime ini ditayangkan tahun 1988.

Koufuku Graffiti

Ryou Machiko, siswi SMP yang memiliki kemampuan bakat memasak yang bagus, merasa ada yang aneh dalam masakannya semenjak neneknya meninggal. Masakan Ryou mengeluarkan aroma yang sedap, tetapi rasanya tidak enak ketika dicicipi. Hingga pada suatu waktu, Ryou harus tinggal bersama Morino Kirin, saudara sepupunya yang memiliki kepribadian dan kemampuan memasak yang berbeda dengan dirinya.

Poster Koufuku Graffiti (Sumber: myanimelist.net)

Poster Koufuku Graffiti (Sumber: myanimelist.net)

Ternyata kehadiran Kirin membuat Ryou merasa kemampuan memasaknya perlahan kembali. Ryou menganggap kalau membuat masakan untuk orang terdekatlah yang membuat bakatnya kembali dan lebih baik daripada sebelumnya.

Anime yang tayang pada musim dingin 2015 ini menggambarkan keseharian seorang wanita yang masih berpikiran tradisional, yaitu menilai kalau seorang wanita dillihat dari masakan yang dibuatnya. Tipe-tipe kesukaan Mama gitu, deh. Hehe.

Yakitate!!! Japan

Azuma Kazuma terobsesi dengan roti sejak saudaranya membawa dia ke toko roti untuk memperlihatkan bagaimana roti segar yang baru saja diangkat dari oven. Ternyata pemilik toko menemukan kalau Kazuma dikaruniai tangan yang mempunyai kehangatan di atas rata-rata tangan manusia, sehingga adonan roti yang dibuatnya cepat mengembang. Demi menggapai cita-citanya, di usia enam belas tahun Kazuma bertualang ke Tokyo demi berkompetisi dan mendapatkan satu tempat di toko roti paling terkenal di Jepang, Pantasia.

Yakitate!!! Japan (Sumber: myanimelist.net)

Yakitate!!! Japan (Sumber: myanimelist.net)

Anime yang ditayangkan pada 2004 lalu ini mengikuti metode penulisan cerita yang cukup populer, yaitu mewujudkan mimpi dan keinginan anak-anak semasa kecil yang terus dipelihara hingga besar.

Isekai Shokudou (Restaurant to Another World)

Youshoku no Nekoya adalah sebuah restoran dengan ilustrasi kucing di pintu depannya. Restoran ini sudah buka selama 50 tahun dan memiliki banyak pelanggan, terutama pekerja kantoran di sekitar lokasi restoran. Meskipun lebih condong ke menu masakan barat, namun ada pula variasi menu lainnya.

Namun, Nekoya selalu tutup setiap hari sabtu dikarenakan menerima pelanggan spesial. Ketika bel berbunyi , pelanggan datang dari berbagai belahan dunia dan waktu. Mereka selalu meminta menu favorit yang tidak ada di daerah tempat tinggal mereka. Itulah mengapa restoran ini dijuluki “Isekai Shokudou” yang berarti restoran ke dunia lainnya.

Isekai Shokudou (Sumber: myanimelist.net)

Isekai Shokudou (Sumber: myanimelist.net)

Isekai Shokudou menyajikan menu yang tergolong biasa saja. Keunikannya justru terletak pada bahan-bahan makanan yang kadangkala diambil dari barter pelanggan dengan pemilik restoran, sehingga bisa menghasilkan citarasa yang unik. Sebagai tambahan agar bro sis semakin penasaran, lagu pembuka anime keluaran tahun 2017 ini dinyanyikan oleh Wake Up, Mayn! Hasil kolaborasi May’n, sang diva galaksi, dengan grup Idol yang sedang naik daun, Wake Up, Girls!

Dagashi Kashi

Di daerah pedalaman Jepang berdiri toko makanan ringan yang sudah dijalankan oleh keluarga Shikada selama sembilan generasi. Toko yang menjual berbagai manakan ringan tradisional ini bernama “Shikada Dagashi”. Masalah timbul ketika Kokonotsu Shikada, calon pewaris berikutnya, menolak mewarisi usaha keluarganya dan memilih untuk menjadi pembuat manga.

Poster Dagashi Kashi season 2 (Sumber: myanimelist.net)

Poster Dagashi Kashi season 2 (Sumber: myanimelist.net)

Perubahan dimulai ketika wanita bernama Hotaru Shidare, datang dari kota untuk mencari ayah dari Kokonotsu dan ingin membawanya untuk kembali bekerja di Shidare Corporation, perusahaan produsen makanan ringan terkenal di dunia. Ayah Kokonotsu pun selalu menolaknya. Tetapi suatu ketika beliau mengajukan syarat: Hotaru harus bisa membuat Kokonotsu mau mewarisi usaha keluarga, supaya Ayahnya bisa kembali bekerja di Shidare Corporation dengan tenang.

Meskipun Dagashi Kashi tidak menceritakan cara pembuatan makanan, tetapi anime ini memperkenalkan bro sis kepada makanan kecil tradisional khas Jepang. Jadi kalau ada bro sis yang bepergian ke Jepang dan ingin mencari makanan yang unik, anime ini bisa menjadi panduannya. Ada musim keduanya yang tayang Januari 2018 ini lho.

Bonjour Koiaji Patisserie

Sayuri Hanayo adalah seorang siswi yang memiliki impian untuk menjadi pastry chef. Dia mendapatkan beasiswa dari Fleurir, sekolah spesialis membuat manisan. Di sana, dia bertemu dengan beberapa pria berbakat seperti instruktur Mitsuki Aoi yang tampan dan paling digilai wanita-wanita di Fleurir; Gilbert Hanafusa yang berasal dari Perancis dan ramah kepada semua orang; Ryou Kouzuki yang kasar dan ambisius; juga guru spesialis manisan Jepang yang bernama Yoshinosuke Suzumi, yang selalu bersikap datar tetapi memiliki passion tinggi terhadap manisan.

Bonjour Koiaji Patisserie (Sumber: myanimelist.net)

Bonjour Koiaji Patisserie (Sumber: myanimelist.net)

Merupakan adaptasi dari game otome (game khusus wanita), anime sebanyak 24 episode ini menyajikan cerita tentang seorang wanita yang dikelilingi pria tampan dan memiliki karakteristik menarik. Bagi bro sis yang suka melihat cowok ganteng, anime ini bisa ditonton untuk menyejukkan mata sembari membayangkan manisan yang dibuat oleh mereka, walaupun durasinya hanya 5 menit per-episode.

Shokugeki no Souma (Food Wars)

Mengisahkan seorang remaja laki-laki bernama Yukihira Souma yang bercita-cita menjadi koki seperti ayahnya. Suoma berkeinginan untuk melampaui kemampuan yang dimiliki ayahnya. Namun secara mengejutkan, ayahnya menutup kedai dan pindah ke Eropa. Souma dipindahkan ke akademi kuliner super elit bernama Totsuki dan harus menempa bakatnya sebagai koki di sana. Souma, yang awalnya merasa percaya diri dengan bakatnya, berhadapan dengan para remaja berbakat yang juga mengasah kemampuannya di Akademi Kuliner Totsuki.

Poster Shokugeki no Souma (Sumber: myanimelist.net)

Poster Shokugeki no Souma (Sumber: myanimelist.net)

Shokugeki no Souma adalah satu dari sedikit anime kuliner yang berhasil menembus pasar anime di Jepang dan mendapat apresiasi baik dari para pecinta anime di seluruh dunia. Diadaptasi dari manga yang berjudul sama, anime ini berhasil menghadirkan foodgasm, yaitu kepuasan dalam menyantap suatu hidangan.

Tak hanya menyajikan menu kuliner saja, aksi memasak pun dibuat sedemikian epik hingga terkesan seperti anime action. Persiapan memasak yang dilakukan para tokohnya pun terkesan tidak main-main, mulai dari pemiihan bumbu, bahan makanan, hingga mencoba racikan hingga mendapatkan citarasa yang pas. Ada pula sajian yang berbahan tempe, makanan khas Indonesia. Eh, ada episode barunya mulai April 2018 lho.

 

Masih banyak lagi anime-anime bertema kuliner yang ceritanya cukup menarik, seperti Wakako Zake, yang bercerita tentang seorang karyawati yang pergi sendirian menikmati makanan dan minuman sebagai pelampiasan terhadap sesuatu yang tidak menyenangkan di tempat kerjanya.

Atau bro sis bisa juga menonton Toriko, yang model ceritanya mirip dengan Oishinbo. Lebih enak lagi kalau bro sis menonton anime kuliner sambil makan, supaya bisa sekaligus membayangkan citarasa makanannya.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Presiden Amerika Serikat fiktif dari game “Metal Wolf Chaos”. Sumber gambar: twitter.com/devolverdigital

Presiden Amerika Serikat Fiktif Dalam Pop Culture, Yang Mana Favoritmu?

Presiden Amerika Serikat sering digambarkan dalam pemberitaan sebagai karakter penting dunia... more

00-daisuki-d

Daisuki! Japan Festival 2018 Bertabur Guest Star Lokal dan Mancanegara!

Akan ada berbagai pertunjukkan menarik yang dimeriahkan oleh  penampilan Guest Star mancanegara dan lokal... more

Sumber: CIAYO Comics

Patchwork, Komik Horor Romantis yang Bisa Bikin Deg-Degan!

Gimana rasanya ketemu babysitter yang punya kepala buntung? Inilah yang dirasakan Ein saat pertama kali ketemu Patchwork.. more

Juara Favorit CIAYO Comics Challenge Vol.3 Ada Di Sini!

elain dari penilaian Tim CIAYO Comics dan para juri handal, CIAYO Comics Challenge Vol. 3 juga melibatkan para pembaca u.. more

Sumber: heyeonni.com

Patut Dicontoh! Berikut Strategi Korea Untuk Meningkatkan Minat Membaca Masyarakatnya

Sebenarnya ada strategi menarik yang bisa dicontoh lewat drama Korea... more