Lagi Cari Tema Komik yang Asik? Cobain Deh Tema Komik Anti-Mainstream ini!

3 months ago
Sumber: fr.ign.com

Saat seorang komikus mencoba membuat sebuah komik, banyak sekali elemen-elemen yang harus dipikirkan. Mulai dari pengembangan karakter, world building, hingga gambar background dan teknik yang cocok untuk membangun cerita. Tapi sebelum melakukan itu semua, komikus harus terlebih dahulu merancang tema dan jalan cerita supaya jelas mau dibawa kemana cerita yang sudah dibuat.

Nah, di sinilah masalah pertama biasanya dimulai. Merancang dan menentukan tema yang diangkat memang terlihat mudah, tapi nyatanya sulit dilakukan jika ingin komiknya punya ‘nilai’ sendiri dan terlihat berbeda dari komik pada umumnya.

Kalau kamu merasa bingung dan mumet pikirannya saat menentukan tema yang akan di pakai, cobain deh bikin komik dengan menggunakan tema-tema yang anti mainstream berikut ini:

1. Tema Bisnis 

sumber : mangarock.com

Sumber : mangarock.com

Coba hitung dengan jari, berapa banyak sih judul komik yang pernah kalian baca dan ngangkat tema bisnis? Sedikit banget bukan? Padahal ya, kalau kita lihat dari dunia perfilman, tema bisnis udah sering banget diangkat. Beberapa diantaranya bahkan sudah banyak mendapat penghargaan, seperti film “The Wolf on Wallstreet” misalnya. Tapi kenapa jarang banget komikus yang ngangkat tema ini?

Padahal kalau kita lihat dari komposisi temanya, banyak banget lho potensi cerita yang bisa diambil dari tema bisnis. Mulai dari cerita trik-trik bisnis yang dipakai di seluruh dunia, sampai praktik korupsi dan konspirasi didalamnya. Takut bosan? Kalian bisa menambahkan bumbu cinta ataupun komedi di dalamnya.

Sebagai referensi, coba deh baca komik “The Black Swindler” dan “Uttare Daikichi”! Tema bisnisnya diangkat dengan sempurna dan ditambahkan bumbu komedi agar alur cerita bisa dimengerti oleh semua umur.

2. Tema Sejarah

Sumber: forums.somethingawful.com

Sumber: forums.somethingawful.com

Jangan salah, tema sejarah ini jika diracik dengan baik, bisa membuat pembaca merinding! Komik bertema sejarah akan membuat banyak pembaca juga belajar. Apalagi kalau topik yang diangkat tentang dunia politik, perang, atau sejarah abad pertengahan.

Komik yang punya tema sejarah, biasanya akan memiliki pembaca yang loyal. Soalnya tema ini memang termasuk tema komik yang ‘berat’. Sehingga tidak semua orang suka membacanya. Kalian bisa coba baca komik Historie, Arte, Heureka atau Cesare sebagai referensi. Kalau tiga komik tersebut terasa membosankan, baca saja Vagabond dan Rurouni Kenshin yang mengkombinasikan elemen sejarah dan genre action di dalamnya.

3. Tema Science – Action

sumber: dr-stone.wikia.com

Sumber: dr-stone.wikia.com

Selain tema sejarah, tema science juga sering kali dianggap remeh oleh para komikus. Alasannya pun hampir sama, tema science akan membuat komik terlihat terlalu berat, tidak mudah dimengerti dan sulit untuk dibaca. Tapi kalau kamu lihat komik RIXA karya Haryadi yang bercerita tentang eksplorasi luar angkasa, kayaknya gak semumet dan seberat yang kita pikirkan?

Tema science bisa diangkat menjadi cerita yang menarik, asalkan penulis mau banyak membaca dan mencari referensi sebanyak mungkin. Kalau berminat membuat komik bertema science action, mungkin referensi yang bisa di dapatkan ada dari komik Dr. Stone, Planetes, atau Moyashimon: The Tales of Aggriculture.

4. Tema Survival – Horor

Sumber: aminoapps.com

Sumber: aminoapps.com

Tema survival horor ini bisa dibilang sebagai salah satu genre yang paling banyak digemari, apalagi di dunia video games yang notabenenya sudah punya fanbase sendiri. Tapi kalau di dunia komik, hmm kok rasanya masih jarang ya?

Memang sih, komik dengan tema survival horor ini  memiliki beberapa kesulitan yang harus dihadapi seorang komikus. Selain background story dan character development yang harus kuat, irama dan suspensi yang ditampilkan juga harus bisa membuat pembaca selalu tegang, penasaran, atau bahkan merasakan marah dan kesal. Contohnya bisa dilihat di komik Distant Sky, Hive, dan Battle Royale yang sukses bikin pembacanya keringat dingin.

5. Tema Pendidikan – Komedi

Sumber : youtube.com

Sumber : youtube.com

Tema pendidikan yang dicampur dengan komedi ternyata termasuk topik anti mainstream yang punya banyak potensi! Pendidikan di sini bukan hanya tentang pelajaran di sekolah, bisa aja mengangkat topik seperti pendidikan psikologi, astronomi, hingga pendidikan tentang kedokteran.

Tapi ingat ya, saat ingin mencoba membuat komik tentang tema pendidikan, pastikan dulu setiap fakta yang disajikan di dalam komik benar adanya. Perbanyak belajar dan membaca. Sekaligus mulai coba riset secara mendalam tentang topik yang mau diceritakan. Gunakan plot cerita dan teknik gambar yang detail, seperti komik Saijou no Meii, Kuuchuu Buranko, dan SURVIVE! Inside the Human Body yang punya plot cerita dan ilustrasi yang menarik.

6. Tema Fantasy – Mahkluk Mitologi

Sumber : freehdw.com

Sumber : freehdw.com

Bro sis tahu ga sih kalau ternyata Indonesia memiliki banyak sekali folklore atau legenda yang berbeda-beda di setiap pulaunya? Dengan banyaknya data referensi dan cerita ini, kamu bisa coba bikin komik bertema fantasi dan mitologi! Di komik tersebut juga bisa menceritakan tentang makhluk mitos asal daerah-daerah, lengkap dengan penjelasan dan mitos ceritanya.

Setelahnya, barulah mulai meracik mau seperti apa jalan cerita yang ingin dibuat. Apakah mahkluk mitologi ini bisa ditangkap layaknya Pokemon? Atau mau menceritakan perburuan mahkluk mitologi seperti game Monster Hunter : World? Kalau masih bingung, kamu, coba deh cek komik Goblin Slayer dan Claymore sebagai referensi teknik gambar dan ilustrasi monster yang bisa digunakan.

7. Tema Romance – Time Travel & Dunia Paralel

Sumber : quantisticamente.it

Sumber : quantisticamente.it

Tema time travel dan dunia paralel memang ga asing dan sering digunakan di dunia komik. Tapi kalau dilihat, masih jarang komikus yang mengangkat tema time travel yang kental dengan nuansa romance. Kebanyakan justru bertema action, misteri atau horor yang punya tema dan plot cerita yang berat.

Sebagai referensi dalam membuat komik bertemakan romance – time travel ini, coba nonton film The Time Traveler Wife, P.S. I Love You, atau The Time Machine yang diangkat dari novel karangan HG Wells. Kalau kamu bisa bikin dialog yang manis dan timeline cerita yang kuat, komik time travel yang dikombinasikan dengan tema romance ini bakalan melejit dan disukai banyak penggemar.

Yah, mencari tema komik yang menarik sebenarnya hanya membutuhkan dua hal, yaitu visi dan komitmen yang kuat. Kalau tahu betul mau menceritakan apa dan didukung riset yang mendalam, apapun komiknya pasti akan terlihat bagus dan menarik bukan?

About Author

Ben

Ben

"Seorang penulis lepas amatiran yang tampan, muda, pemberani, dan mencoba menjadi idaman mertua. Kalau ketemu di jalan tolong teriak 'BENJO' yang kenceng ya!"

Comments

Most
Popular

Sumber: myanimelist.net

Ingin Move on dari Idol 3 Dimensi? Coba beralih ke Idol 2 Dimensi ini

Bagi penggemar setia, skandal percintaan dianggap salah satu bentuk pengkhianatan yang dilakukan oleh idol terhadap fans.. more

Sumber: Bubbleblabber

[Review] The Reflection: Anime Original Kedua Karya Stan Lee

The Reflection nampak siap mengekor kesuksesan Karakuridoji Ultimo serta Heroman, sebagai IP original yang disiapkan den.. more

Sumber: TheVerge

The Lord of the Rings TV Show Akan Jadi TV Show Termahal Di Dunia?

The Lord of the Rings digadang-gadang akan menjadi serial TV paling mahal! Apakah akan sekeren filmnya?.. more

Cafe The Upside Down (Sumber: chicago.eater.com)

Yuk, Intip Suasana Café Bar yang Bertemakan Stranger Things. Penasaran?

Kamu salah satu penggemar dari drama series buatan Netflix yang berjudul ‘Stranger Things’? Ya, walaupun kehadiranny.. more