Lagu Gundam, Tapi Berbahasa Arab: Dengarkan 10 Lagu Anime Versi Mancanegara, Ini!

6 months ago

Bro dan sis pasti sudah gak asing lagi dengan versi bahasa Indonesia dari lagu-lagu anime favorit, seperti Doraemon atau Hunter x Hunter. Tapi budaya populer gak hanya dikenal di beberapa negara saja, melainkan di seluruh dunia. Mulai dari Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Latin, ternyata apa yang kita tonton di Indonesia, gak jauh berbeda dengan tontonan sesama fans pop culture di berbagai negara. Berikut beberapa lagu serial anime dan TV yang mungkin akan terdengar tak asing di telinga kalian!

Slam Dunk (Timur Tengah)

Sumber: youtube.com

Sumber: youtube.com

Percayalah, apa yang akan bro sis dengar bukanlah lagu nasyid, qasidah, ataupun murottal!  Anime mengenai kiprah berandalan Hanamichi Sakuragi di tim bola basket SMA Shohoku ini tentu sudah gak asing lagi bagi penggemar anime tanah air. Namun versi bahasa Arab dari lagu Kimi ga Suki da to Sakebitai oleh BAAD, dinyanyikan dengan vokal yang cukup jauh berbeda dari aslinya.

Lalu apa hubungannya channel Spacetoon dimana anime ini ditayangkan dengan channel lokal Spacetoon yang  bernama sama? Ternyata,  Spacetoon Indonesia sendiri  berawal dari channel TV Spacetoon di timur tengah, yang hingga kini sudah mengudara di berbagai negara di jazirah Arab.

New Mobile Report Gundam Wing (Timur Tengah)

Sumber: YouTube

Sumber: YouTube

Anime robot yang tayang pada tahun 90an ini cukup dikenal dengan lagu pembukanya yang berjudul Just Communication oleh duo pop elektronik TWO-MIX. Tetapi, alih-alih mengadaptasi lagu tersebut, versi dub Arab dari anime ini memilih untuk menggunakan lagu yang jauh berbeda dari lagu elektronik aslinya. Namun hal itu yang membuat lagu-lagu anime versi bahasa asing ini menarik, karena terkadang akan muncul interpretasi yang berbeda dari setiap negara. Seperti…

X-Men: Animated Series (Jepang)

Sumber: denofgeek.com

Sumber: denofgeek.com

Kalau biasanya anime yang dibawa dan ditayangkan di negara-negara barat, terkadang hal sebaliknya juga dapat terjadi. Kamu yang besar di tahun 90an pasti tau sama serial animasi dengan theme song ikonik ini, tetapi apa kamu tahu bahwa serial yang melejitkan nama X-Men ini juga tayang di Jepang,  dengan lagu pembuka dan animasi pembuka versinya sendiri?

Band hard rock Ambience membawakan lagu pembuka dengan judul Rising yang tidak kalah keren, lengkap dengan animasi pembuka yang bergaya sangat anime.

Captain Tsubasa (Timur Tengah)

Sumber: Youtube.com

Sumber: Youtube.com

Anime yang menginspirasi ribuan anak untuk menjadi pemain sepakbola ini menggunakan versi Arab dari lagu Dragon Screamer karya Da Pump sebagai lagu pembuka dari dubbing Arab serial Captain Tsubasa: Road to 2002. Dikenal dengan judul Captain Majid, anime ini menceritakan karir sepakbola Majid Kamil (Tsubasa Ozora) yang bermain di klub Al-Majid (Nankatsu)dan perseteruannya dengan rival-rival seperti Bassam (Kojiro Hyuga) dan Waleed (Genzo Wakabayashi).

Pokémon (Italia)

Sumber: movieweb.com

Sumber: movieweb.com

Siapa sih, yang gak tau Pokémon? Ikon pop culture ini terkenal di seluruh dunia, begitu juga halnya di Italia. Di mana petualangan Ash dan Pikachu ikut ditayangkan. Hampir setiap anime yang ditayangkan di Italia memiliki lagu tema versi bahasa Italia-nya tersendiri, banyak diantaranya dinyanyikan oleh penyanyi Giorgio Vanni, termasuk lagu pembuka yang kental dengan nuansa pop tahun 2000an awal ini.

Choudenji Machine Voltes V (Filipina)

Sumber: Youtube.com

Sumber: Youtube.com

Tidak hanya di Indonesia, anime robot jadul Voltes V (yang lebih dikenal sebagai Voltus Lima di Indonesia) juga populer di Filipina. Uniknya, acara ini sempat tayang dengan dua versi lagu pembuka, versi bahasa Tagalog yang dinyanyikan oleh grup bernama “The Robots V”, dan versi bahasa Inggris. Voltes V tetap memiliki tempat khusus di hati rakyat Filipina hingga kini, dengan dirilisnya game mobile untuk memperingati 40 tahun serialnya.

Bahkan konon katanya, kisah para pahlawan di anime ini melawan pasukan jahat Boazan ikut menginspirasi rakyat Filipina untuk memprotes rezim Ferdinand Marcos pada masanya.

Saint Seiya (Amerika Latin)

Sumber: codigoespagueti.com

Sumber: codigoespagueti.com

Serial anime yang diadaptasi dari manga karya Masami Kurumada ini ternyata sangat populer di negara-negara Amerika Latin seperti Brazil dan Meksiko. Dikenal juga sebagai Los Caballeros del Zodiaco, (Knights of the Zodiac) anime yang mengajarkan kamu untuk tidak pernah menyerah ini masih memiliki fanbase yang cukup besar, dilihat dari diadakannya exhibition Saint Seiya pada tahun 2016 di acara Comic Con Experience Brasil.

Cardcaptor Sakura (Prancis)

Sumber: ramenparados.com

Sumber: ramenparados.com

Anime yang dikenal di Prancis dengan judul Sakura, chasseuse de carte ini, populer  baik di kalangan wanita maupun pria. Ternyata, versi dub Perancis serial ini menggunakan opening theme yang cukup unik!

Baik lagu atau video klip No Naggin Anymore oleh grup eurotrance Froggy Mix dapat dibilang cukup aneh untuk anime seperti Cardcaptor Sakura. Walaupun begitu, lagu catchy ini akan terngiang-ngiang terus di kepala kamu.

Lalu, apa kabar serial yang tengah menginjak 20 tahun semenjak awal tayangnya ini? Dahsyatnya, cerita Cardcaptor Sakura masih berlanjut hingga sekarang, dan serial TV terbarunya yaitu Cardcaptor Sakura: Clear Card baru saja tayang di Jepang.

Kamen Rider Gaim (Thailand)

Sumber: YouTube.com

Sumber: YouTube.com

Serial Kamen Rider Gaim awalnya tayang pada tahun 2013 di Jepang , sebelum akhirnya tayang di Thailand pada tahun 2016. For your information, negeri gajah putih sendiri merupakan negara yang sangat gemar dengan serial tokusatsu (special effects) seperti Kamen Rider atau Ultraman, tetapi mereka mempromosikan serial Rider unik bermotif buah-buahan ini dengan video musik yang tidak kalah unik.

Penyanyi, aktor, dan komedian Nong Cha Cha Cha membawakan lagu berjudul Kai Kai Gaim, berdasarkan lagu hits-nya yang berjudul Kai Kai, salah satu lagu paling viral di Thailand tahun 2015. Hasilnya adalah lagu dan video klip yang bisa membuat kamu bingung sendiri.

Star Wars (Jepang)

Sumber: bobafettfanclub.comSumber: bobafettfanclub.com

Sumber: bobafettfanclub.com

Pernah terpikir, apa yang terjadi kalau ada orang yang menambahkan lirik ke theme song Star Wars? Nampaknya itu yang terbesit di pikiran Masato Shimon, penyanyi veteran dari berbagai serial tokusatsu dan anime. Aransemen disko dari theme song Star Wars dan lagu Cantina Band ini memiliki lirik yang menceritakan alur cerita film Star Wars Episode IV: A New Hope. Jadi kalau bro sis lupa filmnya bercerita tentang apa, cukup mendengarkan lagu ini saja! (Kalau bisa bahasa Jepang).

Kira-kira mana lagu versi mancanegara favoritmu dari pilihan diatas? Atau ada lagi favorit bro sis sekalian yang belum diliput disini? Silahkan dibahas di kolom ko

About Author

Caesar Esaputra

Caesar Esaputra

Nonton terlalu banyak hal. Kalau semua orang nonton mecha, tokusatsu, dan mahou shoujo, dunia bakal damai. | Facebook: https://www.facebook.com/alsosprachces/ |Twitter: @alsosprachces

Comments

Most
Popular

The Kasuaris – Episode 1: Siapa Nama Gw?

Siapa nama gw? Salah besar kalo lo nanya gw. Asli, gw nggak inget apa-apa!.. more

XBox One X (Sumber: theverge.com)

E3: Project Scorpio Kembali Hadir Dengan Varian mininya, Xbox One X!

Satu kabar lagi dari E3 (Electronic Entertainment Expo) 2017. Nah, kali ini kita bakal ngebahas khusus tentang XBox. Tah.. more

The Kasuaris – Episode 2: Keblinger

Ravi nggak sadar apa yang udah terjadi semalem. Kepalanya masih keblinger. Ingatannya tentang hal-hal semalem belum terk.. more

7 Film Pilihan di Bulan Februari, Bulan Cinta yang Dihiasi Genre Thriller

Februari yang dikenal sebagai bulan penuh cinta tidak membuat film-film yang akan tayang dikuasai oleh genre drama roman.. more

universitas multimedia nusantara desktop

Asyiknya Menonton Animasi Pendek Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara menayangkan 32 film pendek karya mahasiswa prodi film dan animasi. Semuanya menampilkan.. more