L’Arc~en~Ciel: Grup Band J-Rock Gaek Yang Tetap Bertahan

4 months ago
Grup band J-Rock paling kondang sejagat. Sumber gambar: larc-en-ciel.com

Seharusnya grup J-Rock legendaris seperti L’Arc~en~Ciel, alias “Laruku”, tidak memerlukan introduksi lagi.

Tapi saya mengerti kalau enggak semua bro sis menikmati Japan Pop Culture dan tahu mengenai Laruku saat mereka berada di puncak popularitas. Walau kini kiprah bermusik mereka tidak lagi se-gebyar dulu, namun, nama Laruku masih memiliki jaminan kualitas berbobot dan punya impact penting di kultur entertainment Jepang (J-Pop & J-Rock) di seluruh dunia.

L’Arc~en~Ciel, disingkat oleh fans dengan kata Laruku, adalah grup rock dari Jepang yang fenomenal. Memakai bahasa Perancis sebagai nama band (arti dari kata L’Arc~en~Ciel dalam bahasa Perancis adalah “Sang Pelangi”), band ini didirikan tahun 1991 di Osaka, Jepang. Band ini awalnya berformasikan Tetsu, Hyde, Hiro dan Pero. Tak lama kemudian Hiro hengkang dan disusul pula oleh Pero. Tetsuya pun membujuk temannya yang bernama Ken untuk drop out kuliah dan jadi gitaris di Laruku menggantikan Hiro. Sementara untuk menggantikan Pero, masuklah Sakura.

Sayang, masuknya Sakura membawa sial untuk band ini karena kasus narkoba yang dia timbulkan.

Untuk beberapa waktu, L’Arc~en~Ciel mengalami titik terendah dalam karir mereka yang sebelumnya mulai menanjak. Kasus narkoba (apalagi oleh artis) termasuk kasus serius di Jepang, dan implikasinya nama band menjadi rusak parah. Bahkan single mereka berjudul “The Fourth Avenue Café” harus ditarik dari anime populer “Rurou ni Kenshin” karena kasus dari Sakura tadi.

Yukihiro lantas masuk menggantikan Sakura sebagai drummer Laruku. Dan dengan formasi baru tersebut, Laruku mulai kembali mencicipi kesuksesan mainstream di jagat musik Jepang pasca kasus narkoba mantan drummer-nya tadi.

Dalam rentang 1998 hingga tahun 2001, dapat dikatakan kalau masa itu adalah puncak tinggi kesuksesan L’Arc~en~Ciel secara marketing. Lagu-lagu mereka banyak yang sukses. Beberapa dijadikan sebagai soundtrack film (seperti “Godzilla” dan “Ring 0: Birthday”) atau bahkan video game (single “Stay Away” ada dalam game arcade berjudul “DrumMania 4th Mix”).

Sebuah video game console kolaborasi yang memakai citra mereka pun terbit di tahun 2000; berjudul “Gekitotsu Toma L’Arc: TomaRunner vs L’Arc-en-Ciel (激突トマラルク) untuk console PlayStation.

Tomarunner vs L’Arc~en~Ciel. Sumber gambar: wikipedia.org

Tomarunner vs L’Arc~en~Ciel. Sumber gambar: wikipedia.org

Di tahun 2001, single mereka lainnya yang berjudul “Spirit Dreams Inside” menjadi soundtrack dari film “Final Fantasy: The Spirits Within”. Lagu & Promotional Video nya keren banget!

Cuplikan promotional Video Spirit Dreams Inside. Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=3EoGq3-9rDo

Cuplikan promotional Video Spirit Dreams Inside. Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=3EoGq3-9rDo

Band J-Rock yang sudah menjual album mereka lebih dari 40 juta unit ini mengalami beberapa kali hiatus alias cuti panjang; dengan anggota-anggotanya mengerjakan project solo masing-masing tanpa membawa bendera Laruku. Di tahun 2004, mereka bersatu kembali dan melakukan debut konser di tanah Amerika Serikat dalam event bernama “Otakon”. Tapi di tahun 2006 mereka berpencar lagi dan fokus ke proyek masing-masing.

Di tahun 2008, mereka kembali berkolaborasi dalam bendera Laruku dan menghasilkan single “Drink It Down” yang digunakan sebagai lagu intro game aksi populer “Devil May Cry 4” untuk Playstation 3. Dan pada tahun 2011, L’Arc~en~Ciel merayakan 20 tahun kiprah mereka di musik rock dengan konser tahun baru di stadion Makuhari Messe Jepang.

Khusus untuk Indonesia, Laruku memang lebih terkenal dengan lagu-lagu mereka yang sering menghiasi anime sebagai soundtrack (seperti anime Rurou ni Kenshin, GTO atau Full Metal Alchemist). Fans Indonesia sejak dulu sudah menantikan kesempatan untuk menikmati konser live dari grup J-Rock yang terkenal dengan aksi panggung spektakuler itu.

Di tahun 2012, cita-cita mereka tercapai. L’Arc~en~Ciel akhirnya menggelar konser di Jakarta. Lebih dari 17.000 fans memadati venue Lapangan D Senayan demi menyaksikan konser yang sudah ditunggu bertahun-tahun itu.

Suasana press conference Laruku di Jakarta. Sumber gambar: rollingstone.co.id

Suasana press conference Laruku di Jakarta. Sumber gambar: rollingstone.co.id

Dan memang penantian tersebut sangatlah worth it.

Laruku menggelar konser mereka dengan sempurna. Mulai dari pemilihan lagu hingga aksi panggung yang sangat menghibur. Ditambah lagi dengan usaha mereka untuk berkomunikasi dengan fans melalui penggunaan bahasa Indonesia yang patah-patah. Lucu dan membuat para penonton konser terhibur. Bagi mereka yang kemarin beruntung dapat menyaksikan “L’Arc~en~Ciel World Tour 2012” pasti ingat dan terkenang bagaimana beruntungnya mereka saat itu.

Suasana aksi panggung Laruku di konser Jakarta 2012. Sumber gambar: nestlepurelifeindonesia.wordpress.com

Suasana aksi panggung Laruku di konser Jakarta 2012. Sumber gambar: nestlepurelifeindonesia.wordpress.com

Kabar terkini adalah pada Desember 2016 kemarin, single Laruku yang berjudul “Don’t Be Afraid” digunakan untuk film “Biohazard: The Final” dan game “Biohazard 7”. Video promosi dari single ini dapat ditemukan di PlayStation Store Japan.

Promotional picture dari Don’t Be Afraid. Sumber gambar: larc-en-ciel.com

Promotional picture dari Don’t Be Afraid. Sumber gambar: larc-en-ciel.com

Dengan perjalanan karir yang sedikit berliku di awal-awal namun penuh warna seperti pelangi, L’Arc~en~Ciel mengukuhkan diri mereka sebagai grup J-Rock papan atas yang tidak hanya sukses dan disegani di negara sendiri tapi juga mendapatkan keberhasilan serupa di negara-negara lain. Konser Laruku selalu sukses dan ramai pengunjung. Single, album dan merchandise L’Arc~en~Ciel terjual jutaan unit dan menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Untuk sekarang, grup band J-Rock gaek ini (usia para personilnya tidak lagi muda seperti saat mereka membentuk Laruku) masih sangat diperhitungkan di kancah musik rock Jepang dan dunia. Dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda kalau ada grup J-Rock lain yang lebih besar daripada L’Arc~en~Ciel.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

As Long As I Lived: Cewek Introvert Gone Wrong!

Komik yang berhasil mengantarkan Duta Pi menjadi pemenang ini berjudul As Long As I Lived. Kira-kira gimana ya ceritanya.. more

Rekomendasi Komik Romance yang Extraordinary

Kali ini CIAYO Blog mau rekomendasiin beberapa komik bergenre romance yang extraordinary. Beberapa komik yang bakal kita.. more

Poster Inktober (mrjakeparker.com)

Inktober, Berkarya Lewat Gambar

Waktu kecil kalau disuruh gambar kita sudah terdoktrin  dengan menggambar gunung, matahari beserta sawahnya. Nah, di me.. more

The Game Awards 2017. Sumber gambar: variety.com

Menyambut The Game Awards 2017 di Bulan Desember

Ada 102 judul yang mendapatkan nominasi tahun ini. Seperti event sebelumnya juga, ada beberapa kategori yang dapat dipil.. more

(from : hdbackgroundpictures.com)

[DISTURBING KONTEN, KHUSUS 21+] 9 Serial Anime Tersadis Sepanjang Masa

Genre gore dalam anime memang tidak terlalu banyak disukai oleh para anime lovers. Namun tidak sedikit pula yang menyuka.. more