Legend of Galactic Heroes: Star Wars Versi Kolosal Nan Mewah

9 months ago
00-d-legend-of-galactic-heroes

Para geek di seluruh dunia tentu mengakui Star War dan Star Trek sebagai serial space opera super epik. Bayangkan petualangan di luar angkasa dengan ancaman dari penguasa angkasa dan sekelompok ras alien penghancur dunia! Keduanya memenuhi fantasi sci-fi para geek. Jika Amerika punya Star Wars dan Star Trek, maka di Jepang juga ada serial serupa bernama Legend of Galactic Heroes.

01 legend of galactic heroes

Sumber: Forbes

Legend of Galactic Heroes awalnya adalah novel yang ditulis oleh Yoshiki Tanaka, author yang lebih populer lewat Arslan Senki. Konsep di balik LoGH sebenarnya cukup simpel: apa yang terjadi jika perang kolosal abad ke-19 terjadi di luar angkasa?

Meskipun merupakan salah satu novel klasik yang hadir sejak tahun 80-an, Legend of Galactic Heroes memiliki popularitas yang langgeng hingga hari ini. LoGH diadaptasi menjadi manga, anime, dan pertunjukan teater. Anime LoGH sendiri dikenal sebagai salah satu anime terpanjang yang diproduksi: hanya rilis dalam media VHS, namun jumlah episodenya mencapai 110 sepanjang 10 tahun!

02-legend-of-galactic-heroes

Sumber: Funimation

Di bulan April lalu, anime terbaru Legend of Galactic Heroes tayang di Jepang. Dengan judul Legend of Galactic Heroes: Die Neue These, anime ini akan menyajikan kisah klasik LoGH dalam kemasan baru dan kekinian.

Kisah kolosal ini mempertemukan dua kekuatan besar di abad ke-36. Kerajaan Galactic Empire dan negara Free Planets Alliance bertarung untuk memperebutkan supremasi di luar angkasa. Tanpa disadari kedua belah pihak, ada satu kekuatan netral di planet Fezzan yang mengendalikan peperangan untuk memenuhi agenda mereka.

03-legend-of-galactic-heroes

Sumber: OmniGeekEmpire

Terdapat dua tokoh utama dalam Legend of Galactic Heroes. Pertama adalah Reinhard von Lohengramm, pemimpin pasukan dari Galactic Empire. Dibantu ajudan dan sahabat Siegfried Kircheis serta kumpulan laksamana berbakat, Reinhard yang kharismatik dan juga jenius berambisi untuk menggulingkan penguasa Galactic Empire, agar ia bisa menyatukan seluruh galaksi.

04-legend-of-galactic-heroes

Sumber: Anime Tosho

Namun, usaha Reinhard senantiasa digagalkan oleh tokoh utama kedua, Yang Wenli dari Free Planets Alliance. Laksamana berwajah santai ini awalnya ingin menjadi sejarawan, dan menjadi tentara pun awalnya agar ia bisa mendapat beasiswa. Walaupun tidak punya pendidikan militer formal, Yang memanfaatkan sejarah yang ia pelajari untuk menciptakan strategi pintar. Kejelian Yang berkali-kali menyelamatkan nyawanya dari bahaya, dan juga memenangkan perang itu sendiri.

Legend of Galactic Heroes: Die Neue These adalah anime yang cocok buat kamu untuk mulai menyelami dunia LoGH. Alasannya bukan sesederhana kemasannya yang lebih baru, namun juga ada alasan lainnya.

05-legend-of-galactic-heroes

Sumber: All Your Anime

Cerita dalam Die Neue These didesain lebih streamline, maksudnya memaksimalkan runtime sepanjang 20 menit dengan berbagai plot penting. Jika membedakan Die Neue These dengan anime versi jadulnya, ada beberapa adegan yang dibuang, namun hal ini bukan masalah. Die Neue These hanya menampilkan adegan-adegan penting yang memajukan plot.

Perang dan intrik politik jadi santapan sehari-hari dalam Legend of Galactic Heroes. Satu episode bisa dipenuhi peperangan, dan di episode selanjutnya bisa menjadi sebuah seri thriller politik. Ada banyak sekali karakter dalam LoGH, dan mereka semua memiliki peran besar dalam memajukan cerita.

06-legend-of-galactic-heroes

Sumber: Draggle

Desain karakter dalam Die Neue These berbeda drastis dengan anime lama yang sudah punya desain familiar. Karena anime ini ditukangi desainer karakter dari anime Kuroko no Basuke, otomatis membuat berbagai karakter pria di sini berpenampilan muda, rupawan, dan memiliki imej “cowok cantik.”

Walaupun dari desain karakter terasa kurang memuaskan, tapi animasi dan kualitas grafisnya patut diacungi jempol. Kapal-kapal 3DCG memiliki tingkat realisme cukup tinggi. Badannya yang besar bergerak pelan di angkasa. Setiap tembakan yang diluncurkan dan mengenai sasaran terasa berat dan kuat. Die Neue These menampilkan adegan space battle yang tak hanya cantik namun juga realistis dan mampu memvisualisasikan taktik yang digunakan Reinhard dan Yang.

07-legend-of-galactic-heroes

Sumber: Fansubbing

Meskipun kelihatan sebagai tontonan berat, jangan sampai fakta itu menipumu. Legend of Galactic Heroes: Die Neue These adalah pintu gerbang yang cocok buat kamu yang mulai mendalami dunia LoGH. Walaupun lebih singkat, Die Neue These memadatkannya untuk cerita-cerita utama sehingga kamu tidak akan ketinggalan plot penting.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

ceo-cto ciayo comics sehari

CIAYO Comics Club #2 di Mata CEO-CTO CIAYO Comics Sehari

CEO-CTO CIAYO Comics Sehari menjalani aktivitas sehari penuh di kantor CIAYO Comics. Malamnya mereka melepas penat di CI.. more

Death Stranding, A Hideo Kojima Game yang Masih Belum Jelas Maksudnya

Death Stranding adalah game Hideo Kojima (dibaca: A Hideo Kojima Game) yang dibuat setelah keluar dari Konami. Pada pena.. more

Sumber: Google Images

Siapa Pencetus Mata Besar Berkilauan di Anime dan Manga Jepang?

Pernah gak sih kalian bertanya-tanya siapa awal pencetus dan yang pertama kali mempopulerkan mata besar berkilauan khas .. more

KAORI Nusantara dan Sony Music Akan Hadirkan Album SACRA Music di Indonesia

KAORI Nusantara dari hasil risetnya melihat ada peluang di ranah musik, khususnya dari kebiasaan penikmat musik Jejepang.. more

Sumber: horriblesubs.info

Impresi Awal TV Anime Cardcaptor Sakura Clear Card Rasa Lama Tapi Baru

Tapi walaupun punya ‘time gap’ cukup lebar, arc terbaru ini (Clear Card) ternyata mengambil ending dari arc sebelumn.. more