Lelah dengan Pekerjaan? Mungkin Kamu Bisa Ikut Festival Ala Jepang ini!

8 months ago
Sumber: twitter.com

Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan rutinitas kehidupan yang sewaktu-waktu dapat membuat jenuh. Pastinya ada banyak hal yang kita lakukan untuk membunuh perasaan itu. Nah, kalau di Jepang sendiri biasanya orang-orang mencoba melupakan rasa lelah dengan berpesta, namanya Bonenkai.

Seperti yang kita ketahui, di Jepang sebuah pekerjaan adalah tanggung jawab yang besar. Mereka terkenal santun, suka kerja keras dan sangat bertanggung jawab. Pernah denger kan masinis kereta di Jepang berjalan ke seluruh gerbong hanya untuk minta maaf karena keretanya telat selama beberapa menit? Bayangin kalau di Indonesia? Paling kita hanya diminta bersabar terus. Yap, Jepang juga sangat menghargai waktu dan disiplin. Jadi, gak heran kalau tingkat bunuh diri di Jepang itu tinggi. Soalnya dengan segala tuntutan yang ada, mereka justru lebih mudah stress.

Sumber: Jpninfo.com

Sumber: Jpninfo.com

Eits, tapi tenang aja, ada sebuah cara unik yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi budaya tersendiri diantara masyarakat Jepang yaitu Bonenkai Parties atau Pesta Bonenkai. Bonenkai adalah pesta para pekerja kantor yang diadakan pada bulan Desember. Istilah “Bonenkai” secara harfiah berarti “pesta melupakan tahun.”

Bonenkai biasanya dilakukan setiap tahun oleh sebagian besar perusahaan di Jepang, tetapi ada juga yang melakukan pesta Bonenkai dengan teman-teman kerja atau seperjuangan. Pokoknya di bulan itu, dijamin bro sis akan susah untuk mencari tempat untuk sekedar “melepas penat”, soalnya kebanyakan tempat sudah di booking dari jauh-jauh hari.

Besar atau kecilnya sebuah pesta Bonenkai tergantung dari perusahaan atau para pekerja kantor itu sendiri. Yang membuat pesta ini lebih menarik adalah biasanya setelah acara pertama selesai akan ada pesta bonenkai kedua yang memang akan membuat banyak pesertanya kewalahan dan membuat orang-orang menyatakan pesta bonenkai adalah acara yang paling liar.

Sejarah Bonenkai

Sumber: citypages.com

Sumber: citypages.com

Bonenkai sendiri tercatat sudah terjadi sejak (1185-1333) periode saat politik dan ekonomi di Jepang diperintah oleh prajurit (bushi) Kamakura. Para prajurit bertemu pada akhir tahun untuk melihat waka (sejenis puisi Jepang) dan membicarakan apa yang terjadi tahun itu sambil menikmati minuman dan makanan yang disajikan dalam Izakaya (sejenis pub di Jepang)

Setelah bertahun-tahun berlalu, Jepang berubah menjadi negara yang modern dan pesta akhir tahun melibatkan semua kalangan ekonomi. Bonenkai pun berubah menjadi sebuah Festival. Bukan lagi pertemuan biasa. Sampai saat ini, perayaan Bonenkai setiap akhir tahun diikuti oleh seluruh penduduk Jepang dan orang asing yang berada di Jepang, dimana bonenkai ini bisa membuang rasa lelah dan ketegangan selama setahun berlalu.

Sumber: Bonenkai Festival 12th

Sumber: Bonenkai Festival 12th

Hmm, kayaknya seru, ya. Bro sis yang mau merasakan festival Bonenkai juga bisa, loh! Kalian tinggal datang ke Hotel Salak The Heritage, Bogor, karena ada acara Bonenkai Festival 12th yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor (STP Bogor) dan Lembaga Keterampilan dan Pelatihan – Bogor Hospitality Initiative (LKP-BHI). Acara yang akan berlangsung dari tanggal 20 – 21 Januari 2018 ini akan menghadirkan berbagai seni dari Jepang. Mulai dari Japanese and Indonesian Tradisional Dance, exhibition, Sadako House dan juga merasakan berfoto dengan baju Yukata di booth Photo Yukata.

Instagram: @bonenkaifestival12

Instagram: @bonenkaifestival12

Yukata (Sumber: zimbio.com)

Yukata (Sumber: zimbio.com)

Bonenkai Festival 12th juga akan dimeriahkan segudang penampilan, mulai dari Taiko Okinawa, Tabi Dance, Shadow Cosplayer, DDMxMonolite, HMSJ Pakuan, RDC, Rozen Girls, Ellie Cosplayer ft. Dollroid, Sanggar Rara, Carnisya dan XO – Dance. Selain itu, ada lomba-lomba yang bisa mengasah kemampuan kita. Pokoknya seru deh buat menghabiskan akhir pekan di sini. Jangan lupa untuk persiapkan diri menyambut acara Bonenkai ini, ya.

Instagram: @bonenkaifestival12

Instagram: @bonenkaifestival12

Instagram: @bonenkaifestival12

Instagram: @bonenkaifestival12

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi:

Tika: 0859-2512-1556

Rahmat: 0813-9440-8254

Atau kunjungi instagramnya di @bonenkaifestival12!

Sampai Jumpa di Bogor, ya!

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

CIAYO Comics dan Pionicon Merilis Komik Si Juki & Mang Awung

CIAYO Comics, bekerjasama dengan Pionicon, merilis komik baru berjudul: Si Juki & Mang Awung.. more

Ario Anindito (instagram.com/arioanin)

Ario Anindito: Dunia Komik Adalah Rumah Saya

komik, dunia komik, komikus, baca komik.. more

(Sumber: youtube.com)

Rencana Penerapan Teknologi VAR di Piala Dunia 2018 dengan Segala Kelemahannya

Katanya Piala Dunia tahun ini akan kedatangan sesuatu yang baru, yaitu teknologi VAR. Kira-kira akan seperti apa, ya?.. more

00-intellectual-property-d

Belum Mengerti Tentang Intellectual Property? Itu Tandanya Kamu Harus Kenalan Lebih Dekat!

Kalau kamu masih belum mengerti konsep "intellectual property," maka artikel ini cocok banget buat kamu. Harus baca!.. more

00-d-nana-tanpa-suara

Nana Tanpa Suara: Suka-duka Gadis Tuna Rungu di Pedesaan

Nana Tanpa Suara mengisahkan Nana, gadis tuna rungu sejak lahir. Dia juga seorang berambut gimbal yang dianggap pembawa .. more