Lewat ICINC, BEKRAF dan 88rising Mencari Rich Brian Baru

5 months ago
icinc 2019

88rising jadi rumah bagi beberapa musisi Indonesia dengan karya yang telah mendunia. Mulai dari Rich Brian dan NIKI, hingga musisi indie seperti ikkubaru yang tampil dalam segmen Fresh Delivery, 88rising telah jadi bagian dari globalnya musik Indonesia yang dinikmati warga dunia.

Kini, 88rising bersama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) tengah mencari Rich Brian dan NIKI yang baru lewat program kerja sama ICINC. ICINC, alias Indonesia Creative Incorporated, adalah sebuah program BEKRAF yang bertujuan menyalurkan karya ekonomi kreatif Indonesia ke pasar lokal dan luar negeri. Sebelumnya sudah ada program ICINC untuk film.

Mengusung tema Indonesia Rising, program ICINC di tahun 2019 ini fokus ke bidang musik dan bertujuan mencari talenta baru, segar, dan berbakat untuk menjadi salah satu wajah hiburan Asia di kancah internasional. Singkatnya, ICINC tahun ini mencari penyanyi dan musisi berbakat Indonesia untuk bisa debut di luar negeri!

ICINC - Indonesia Creative Incorporated. Sumber: Kaskus
ICINC – Indonesia Creative Incorporated. Sumber: Kaskus

Dalam jumpa pers di XXI Plaza Senayan pada tanggal 24 April lalu, Kepala BEKRAF Triawan Munaf menyebut bahwa sektor musik bisa mendorong kegiatan ekonomi, menyerap tenaga kerja, menjadi komoditas ekspor, serta menciptakan sumber pendapatan negara dari pajak. “Berbagai alasan inilah yang melatarbelakangi optimisme BEKRAF menjadikan subsektor musik sebagai salah satu prioritas kami,” jelas Triawan yang juga merupakan ayah dari musisi Sherina Munaf ini.

“Dengan melihat berbagai aspek ini, BEKRAF bekerja sama dengan 88rising menginisiasi program Indonesia Creative Incorporated (ICINC), sebagai upaya memperbesar kesempatan solois Indonesia yang berbakat untuk menjangkau pasar global, seperti Amerika Serikat,” jawab Triawan tentang alasan BEKRAF bekerja sama dengan 88rising.

Sentimen yang sama juga datang dari Sean Miyashiro, CEO 88rising. “Kolaborasi dengan BEKRAF adalah inisiatif luar biasa karena kami memiliki kesamaan misi, dan melalui proyek ini, kami memiliki kesempatan melakukan program dengan dampak Iebih luas lagi. ICINC tidak hanya mendorong vokalis solo baru berbakat untuk mengasah keterampilan dan kemampuan mereka, tetapi juga mengasah kreativitas mereka untuk terus berkembang di lingkungan tepat dengan platform dan sumber daya yang tepat pula,” ungkapnya.

Baca Juga: BEKRAF Game Prime 2019 Segera Hadir!

Sejak merilis Dat $tick, Rich Brian menjadi wakil Indonesia dalam dunia hip-hop internasional. Sumber: ABM Entertainment
Sejak merilis Dat $tick, Rich Brian menjadi wakil Indonesia dalam dunia hip-hop internasional. Sumber: ABM Entertainment

Seperti apa alur dan proses dalam ICINC? Secara singkatnya, ICINC dibagi ke dalam 3 tahap penting sebagai berikut.

  • Open Call & Scouting: Tahap ini adalah proses audisi dan penyaringan, dimana peserta sudah bisa mendaftarkan diri. Proses pendaftaran dan audisi dimulai pada tanggal 23 April hingga 30 Mei 2019. Dari seluruh pendaftar, 50 terbaik akan dikumpulkan pada tanggal 13-18 Juni 2019 untuk menentukan 5 pemenang yang akan maju ke tahap selanjutnya.
  • Talent Development: Para pemenang akan diterbangkan ke Los Angeles selama 2 bulan, mulai dari bulan Juli hingga Agustus 2019. Di Los Angeles, para peserta akan menjalani program pelatihan bersama 88rising untuk mempersiapkan debut mereka.
  • Single Release & Concert: Di bulan Agustus 2019, para peserta diharapkan sudah bisa merilis single mereka di Amerika Serikat. 88rising akan merilis dan memproduseri single para pemenang. Puncaknya, mereka akan tampil di Head in the Clouds Festival pada tanggal 17 Agustus 2019 di Los Angeles.

“Kita akan buka open call untuk membawa 5 talenta ke AS. Tahapan awal ini akan sangat ketat sekali,” komentar Triawan. “Harapan saya nama Indonesia menjadi harum di luar negeri. Kita akan terus berada di industri musik dunia. Moga momentum ini, kita bisa ikut menaikan bintang dunia, nggak hanya Rich Brian.”

Geng 88rising – Rich Brian, Joji, NIKI, dan kawan-kawan. Sumber: High Snobiety
Geng 88rising – Rich Brian, Joji, NIKI, dan kawan-kawan. Sumber: High Snobiety

Keren, kan? Kapan lagi kamu bisa berkesempatan berkarir di label musik yang menaungi Rich Brian, NIKI, Joji, Keith Ape, dan Higher Brothers? Nah, untuk mengikuti ICINC, kamu harus memenuhi syarat-syarat berikut ini.

  • Peserta merupakan vokalis solo
  • Peserta merupakan warga negara Indonesia
  • Peserta berusia minimal 17 tahun
  • Peserta tidak pernah dicekal masuk Amerika Serikat
  • Peserta tidak wajib menguasai Bahasa Inggris
  • Peserta tidak wajib menguasai alat musik jenis apapun
  • Peserta mengirimkan video penampilan musik; musik cover atau original tidak masalah
  • Video yang dikirimkan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi
  • Aturan lain bisa dibaca di https://icinc.id/ di

Siap menjadi bintang internasional baru? Daftarkan dirimu sekarang di https://icinc.id/#registration dan buktikan jika kamu memang pantas menjadi wakil Indonesia di kancah musik dunia!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-discovery-tour-d

Mari Megenal Sejarah Mesir Kuno Lewat Assassin’s Creed Origins

Game Assassin’s Creed Origins menampilkan fitur baru bernama Discovery Tour. Di sini gamer bisa belajar tentang sejara.. more

00-d-glass

Film Glass, Sebuah Univers Yang Tidak Terduga Sekaligus Penuh Harapan Penggemar

Lewat film Glass, M. Night Shyamalan merampungkan trilogi film superhero thriller yang dimulai dari Unbreakable dan Spli.. more

00-d-torsi-volume-2

Otomotif dan Ilustrasi Jejepangan Bertemu di Zine TORSI Volume 2

Lingkar kreatif Rimawarna mempersembahkan TORSI Volume 2, sekuel dari art book/zine bertema otomotif dan ilustrasi Jejep.. more

Sumber: nyblueprint.com

Call Me By Your Name: Kisah Cinta yang Dinodai Setetes Tinta Abu-Abu

Diadaptasi dari novel Ande Aciman dengan judul yang sama, “Call Me by Your Name”, berhasil menciptakan ruang-ruang a.. more

[Drama Indonesia Comic Con 2017] Dilema Event Pop Culture: Dengan Tiket Masuk Berbayar Atau Gratisan?

Beberapa waktu lalu sempat terjadi “drama” di media sosial seputar bermasalahnya akses masuk gratis untuk cosplayer .. more