Life is Strange: Ketika Waktu Tidak Berpihak

5 months ago
Sumber : life-is-strange.wikia.com

Bro sis pernah main Life is Strange?

Game ini memang sudah lama sih berkeliaran diluar sana. Launching Episode 1 pada 30 Januari 2015 dan berakhir di Episode 5 pada 20 Oktober 2015. Walau begitu game ini masih membekas dibenak para gamers yang memainkannya. Maka tak heran, game ini berhasil menyabet  gelar game dengan cerita terbaik di British Academy Game Awards (BAFTA) tahun 2016 dan Game Designer Award di Japan Game Awards tahun 2016.

Lho, kok baru di-review sekarang sih? Yap, alasannya karena yang pertama, Game Life is Strange (LIS) lagi gratis di Steam, lho (walau cuma episode 1 aja sih. hehe) dan yang kedua, Life is Strange Season 2 AKAN SEGERA DATANG !!! Hal ini pun dikonfirmasi sendiri oleh DONTNOD Entertaiment lewat official youtube Life is Strange. Namun sayangnya, pihak Square Enix bilang trailer LIS 2 tidak akan ada di E3 2017 yang akan diadakan tanggal 13-15 Juni 2017 nanti. Nah, buat kamu yang belum pernah main Life is Strange, yuk disimak review-nya, supaya tidak kaget aja pas main Life is Strange Season 2 nanti. Hehe.

Episode 1 lagi gratis di Steam loh! (Sumber : store.steampowered.com)

Episode 1 lagi gratis di Steam loh! (Sumber : store.steampowered.com)

Saya juga baru tahu game ini karena adanya promo episode 1 yang gratis di Steam. Yang akhirnya buat saya penasaran sampai akhirnya ngelanjut hingga episode 5. Hehe. (Oh, dompetku.)

Perhatian : Game ini memiliki ceritanya cukup kompleks dan tabu sehingga hanya layak untuk dewasa muda. Efek yang digunakan dalam game ini bagi sebagian orang dapat mengakibatkan pusing jika memainkannya tanpa istirahat

 

Alur Cerita

Max Caulfield adalah seorang mahasiswi jurusan fotografi di universitas Blackwell. Dia sadar bahwa dia memiliki kemampuan super untuk memutar-balikan waktu. Dengan sedikit kebingungan, Max perlu mengerti dengan fenomena ini. Ketika dia berada di kamar mandi untuk mencuci muka, dia mendengar keributan antara 2 orang mahasiswa Blackwell. Salah satunya membawa pistol dan menembak siswi yang satu lagi. Dengan sedikit pemahaman Max berusaha untuk menyelamatkan perempuan tersebut dengan kekuatan supernya. Eh tak disangka, perempuan yang ditembak, ternyata adalah teman masa kecilnya, Chloe Price. Petualangan mereka pun berlanjut untuk mencari teman Chloe yang hilang, Rachel Amber.

 

Gameplay Life is Strange

Saya memainkannya di PC. Teknik permainannya menggunakan sudut pandang orang ketiga. Untuk masalah grafis biasa aja. Di dalam game ini tidak ada pertarungan atau aksi sama sekali. Hanya sekedar memecahkan teka-teki dan memilih alur cerita yang kita inginkan. Oh iya, first-timer mungkin akan agak bingung ketika memilih barang dan harus memilih akan diapakan barang itu. Nah, caranya kita harus men-drag mouse ke arah pilihan yang kita tuju.

Sumber : dokumen pribadi

Sumber : dokumen pribadi

Setelah mendapatkan kemampuan time rewind, kita bisa menggunakannya dengan menggunakan klik kanan untuk memutar waktu atau tombol ctrl untuk memutar waktu lebih cepat.

Sumber : dokumen pribadi

Sumber : dokumen pribadi

kita terkadang mendapatkan pilihan untuk memfoto objek. Jika ada pilihan tersebut, foto dan kumpulkan di dalam jurnal dengan menekan tombol “tab”. Oh iya di dalam jurnal Max, ada keterangan foto, dengan bantuan tersebut kita bisa mencari foto yang belum terfoto.

Sumber : playertheory.com

Sumber : playertheory.com

Oh iya, sedikit tips. Untuk memilih jalan cerita, lebih baik kita harus bisa membaca sifat karakter Max. Ini cukup membantu lho buat mempertimbangkan pilihan yang nanti kita pilih.

Apa yang membuat game ini sangat layak untuk dimainkan?

Bagi penggemar cerita fiksi ilmiah, teori paradoks, dan psikologi seperti saya, Game ini menawarkan semuanya. Hebatnya lagi, LIS mengemas ceritanya dengan sangat bagus. Kita semua berada pada keadaan yang normal, tetapi sebenarnya tidak normal. Semua pilihan yang kita pilih berpengaruh pada jalan cerita di masa depan (di-episode berikutnya) dan terkadang nyawa adalah taruhannya jika kita tidak tepat memilih jalan cerita. Plot twist memang selalu menarik perhatian sih (Ups, Spoiler)

Kemudian, keterikatan emosional antar karakter sungguh membuat game ini seperti drama remaja. Hampir mirip dengan drama TV 13 Reasons Why! Dan yang bikin menarik lagi adalah, ini adalah sebuah game, sehingga kita terasa masuk ke dalam cerita tersebut.

Sumber : polygon.com

Sumber : polygon.com

Cerita yang mengangkat tentang sudut pandang kehidupan remaja di kampus pun terasa sangat realistis. Kekalutannya menghadapi dunia, lingkungan sekolah, keluarga, dan persahabatan. Bahkan kadang-kadang kita juga mendapatkan bumbu-bumbu kehidupan remaja seperti pertengkaran sahabat karena pacar, tingkah lucu, perkataan yang nggak penting, bahkan nyeleneh. Itulah yang membuat game ini mendapatkan nilai plus, karena bukankah kurang lebih detail kehidupan remaja memang seperti itu?

Oh iya, faktor lain mengapa kita harus main game ini adalah karena Square Enix. Sudahlah, kita mengaku aja kalau kita memang ingin memainkan semua game yang di produksi oleh Square Enix, iya kan? Square Enix itu jaminan mutu untuk game yang keren. Haha

Sumber : dok. Pribadi

Sumber : dok. Pribadi

Sekarang tunggu apa lagi? Mumpung lagi promo episode 1 di steam, ayo download di steam! berikut link nya. Oh iya sedikit spoiler. Banyak yang bilang di tumblr, forum IGN, reddit, dan forum steam kalo episode 2 adalah episode klimaksnya. Namun saya pribadi, episode 4 lah yang membuat saya syok sampai sekarang.

Sumber : dok. Pribadi (site : store.steampowered.com)

Sumber : dok. Pribadi (site : store.steampowered.com)

Jika kalian penasaran untuk melanjutkan ke episode berikutnya. Beli aja game resminya, murah kok cuma 300 ribu rupiah. Mahal? Tidak juga, kalo kalian penggemar Nendoroid, pasti bakal bilang segitu itu murah. Kalo bagi saya, harga segitu worth it banget, karena cerita yang disediakan keren! Dan gara-gara game ini, saya jadi semangat untuk menulis dan membuat karya lainnya. Keren deh pokoknya. 🙂

sumber : caliken.fr

sumber : caliken.fr

Dikutip dari kata mutiara di game ini, “Keputusan yang sekarang kita buat akan sangat mempengaruhi cerita kita di masa depan, tetapi jika itu terjadi, maka terjadilah.” 🙂

Referensi :

Steam LIS ep 1 free : http://store.steampowered.com/app/319630/Life_Is_Strange__Episode_1/

DLC LIS Eps 1–5 : http://store.steampowered.com/sub/56692/

Official Trailer : http://www.lifeisstrange.com/index.php

E3 2017 13-15 Juni : https://www.e3expo.com/

Review Trustedreviews http://www.trustedreviews.com/news/life-is-strange-season-2-release-date-gameplay-news-characters-story-trailer

 

About Author

my7imagine

my7imagine

Bukan seorang illustrator, fotografer, pesepeda, dan penulis. Sumpah!

Comments

Most
Popular

Sumber: japantimes

Inilah Hal Yang Wajib Dipatuhi Oleh Orang Jepang dan Korea Saat Bekerja

Di Jepang, orang yang bekerja di kantor, biasanya punya budaya untuk makan malam bersama. Wajar memang. Tapi dalam makan.. more

PENGUMUMAN: Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 1

Setelah melewati seleksi ketat dan berbagai penilaian dari juri-juri handal dan berpengalaman di bidang komik, CIAYO Com.. more

10 Karakter Antagonis Paling Mengerikan di Dunia Komik

Berikut ini adalah karakter-karakter antagonis yang memberikan kesan “paling mengerikan” di dunia komik versi CIAYO .. more

(news.marvel.com)

Pakai Kostum Superhero Favorit Bisa Ikutan Costoberfest 2017???

Hellooo buat kalian para pecinta cosplayer, saatnya unjuk gigi untuk menampilkan kostum pahlawan Marvel terbaik kalian d.. more

Sumber: collider.com

Happy Death Day: Dibunuh dan Terbangun Lagi Berulang-Ulang

Ada film thriller menarik yang wajib ditonton buat kalian yang gak begitu suka dengan film horror. Film yang berjudul .. more