Lihat Karakter Anime Favoritmu Bernyanyi Menari Bergembira di 10 Drama Musikal Adaptasi Anime!

2 months ago

Naruto, Bleach,  Death Note,  ketiga  judul  ini tentu tidak asing lagi buat kita semua. IP populer seperti tiga judu tersebut menggugah produser dan kreator untuk mengadaptasi kisah mereka menjadi bentuk lain, seperti merchandise, game, bahkan film.

Nah, drama musikal ternyata juga pilihan bentuk karya seni yang populer bagi adaptasi anime, umumnya menggabungkan unsur musikal ala Broadway dengan J-pop.  Penambahan lagu dan tarian menjadikan cerita yang sudah familiar bagi penontonnya menjadi terasa fresh dan lebih seru. Penasaran seperti apa jadinya? Yuk kita lihat 10 adaptasi anime, manga, dan game menjadi drama musikal!

1. Axis Powers Hetalia

Para karakter utama Hetalia ~The Great World ~ (foto: Animate Times)

Para karakter utama Hetalia ~The Great World ~ (foto: Animate Times)

Anime yang berkisah tentang personifikasi ganteng nan cantik dari negara-negara ini pertama kali diadaptasi menjadi drama musikal di tahun 2015 dengan judul Hetalia ~ Singin’ in the World ~. Seperti sumber aslinya, karakter utama dramanya adalah anggota Poros Perang Dunia 2 (Italia, Jepang, dan Jerman) serta anggota Sekutu (Amerika Serikat, Britania Raya, Tiongkok, Perancis, dan Rusia).

Kesuksesannya membuat drama musikal ini mendapat sekuel setiap tahunnya. Bagian terakhir berjudul Hetalia FINAL LIVE ~A World in the Universe~ akan tampil di Chiba dan Osaka bulan Maret tahun ini. Cuplikan di bawah berasal dari seri keduanya, Hetalia ~ The Great World ~.

Cerita seri musikal ini diadaptasi dari cerita-cerita pendek terpopuler di anime dan manganya. Menariknya, banyak lagu yang memasukkan unsur musik yang menjadi ciri khas dari masing-masing negara, contohnya lagu karakter Spanyol yang menggunakan gitar akustik.

2. Bleach

Cast Rock Musical Bleach - Mou Hitotsu no Chijou tahun 2016 (foto: Rock Musical Bleach)

Cast Rock Musical Bleach – Mou Hitotsu no Chijou tahun 2016 (foto: Rock Musical Bleach)

Cerita para dewa kematian yang pertama kali terbit sebagai manga di kumpulan komik mingguan Shonen Jump ini juga telah diadaptasi menjadi musikal yang berjudul Rock Musical Bleach atau sering disingkat BuriMyu. BuriMyu sendiri terdiri dari dua jenis drama musikal: adaptasi dari cerita manga dan anime hingga arc Soul Society, dan Live Bankai Shows yang menggunakan naskah original.

Yuk lihat salah satu lagu dari Live Bankai Show Code 002 tahun 2008 silam, lagu berjudul The Manly Dance ini dipimpin Kapten Kenpachi dan diikuti anggota Gotei 13 lainnya, termasuk Aizen.

Untuk merayakan 10 tahun manga Bleach di tahun 2011, diadakan pula produksi berjudul Shinsei yang dipentaskan secara tur di enam kota di Jepang.

3. Sailor Moon

Poster musikal Sailor Moon terbaru, Le Mouvement Final (foto: Sailor Moon Musical)

Poster musikal Sailor Moon terbaru, Le Mouvement Final (foto: Sailor Moon Musical)

“Dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu!”

Kalimat legendaris tersebut bisa kalian dengar di panggung pementasan musikal Sailor Moon. Sailor Moon adalah salah satu seri drama musikal anime yang paling panjang umur, rutin dipentaskan sejak tahun 1993. Hingga pementasan terbarunya tahun lalu, berbagai judul drama musikal kisah para remaja putri pembela kebenaran ini telah dipentaskan sebanyak lebih dari 890 kali. Peran Sailor Moon alias Usagi Tsukino sendiri sudah pernah diperankan 7 orang aktris panggung!

Lagunya yang satu ini pasti dikenal semua anak generasi 90-an dan 2000-an:

Memang tidak lengkap rasanya kalau tidak menampilkan lagu Moonlight Densetsu yang juga menjadi lagu opening serial animenya yang pernah ditayangkan di TV lokal. Penasaran? DVD rekaman penampilan mereka tahun 2017, Le Mouvement Final, bisa dibeli online.

4. Hunter x Hunter

Anime shonen satu ini pernah diadaptasi ke panggung sebanyak tiga kali di tahun 2000, 2002, dan 2004. Musikal pertama, Déjà Vu in Summer memiliki cerita original tentang misi mencari empat seniman yang menghilang dari kerajaan Elrais dan terjadi antara arc Yorknew City dan Greed Island. Musikal kedua, Nightmare of the Zoldyck, mengadaptasi arc kunjungan ke kediaman keluarga Zoldyck yang terkenal sebagai pembunuh bayaran. Dan musikal terakhir, Real Stage, mengambil cerita saat Kurapika menyandera Chrollo dari Genei Ryodan.

Uniknya lagi, keempat karakter utama (Gon, Killua, Leorio, dan Kurapika) diperankan oleh pengisi suara mereka dari serial anime pertama lho!

5. Touken Ranbu

Walau baru sekitar 2,5 tahun semenjak debut perdananya, sudah ada 7 musikal Touken Ranbu  (foto: Touken Ranbu Musical)

Walau baru sekitar 2,5 tahun semenjak debut perdananya, sudah ada 7 musikal Touken Ranbu  (foto: Touken Ranbu Musical)

Adaptasi panggung dari game mobile ini sudah menghibur para pemilik pedang melalui lagu dan tarian sebanyak 7 kali sejak tahun 2015. Karena jumlah karakternya yang banyak, tiap pementasan bergantian menampilkan husbando-husbando pedang (touken danshi) dari gamenya.

Yang membuat musikal Touken Ranbu lain dari yang lain, musikalnya pernah dipentaskan di luar Jepang! Sejauh ini Touken Ranbu berkeliling dunia menghibur fans di Shanghai (Juli 2017), New Delhi (Februari 2017), dan Paris (Juli 2017).

Ingin bertemu pedang kesayanganmu? Tahun 2018 ini pementasan berikutnya berjudul Musubi no Hibiki, Hajimari no Oto, meaning “Gaung Akhir, Suara Permulaan” akan hadir di Tokyo bulan Maret dan April ini. Buktikan cintamu.

6. Saint Seiya

Lima saint berpose di atas panggung (foto: Super Musical Saint Seiya)

Seri anime klasik mengenai para Saint Emas ini bukan saja pernah menghibur penggemarnya melalui TV lokal Indonesia sejak 30 tahun yang lalu, tetapi juga sudah mendapat adaptasi musikal di tahun 1991 dan 2011.

Versi 1991 mengadaptasi bagian cerita Sanctuary dan Poseidon. Anggota band SMAP dan Tokio yang menjadi idola pada zamannya juga turut menjadi pemeran di drama ini. Sedangkan versi 2011 yang berjudul Super Musical Saint Seiya dibintangi aktor-aktor yang sebelumnya berkiprah di musikal Prince of Tennis, seperti Kenta Kamakari (Ryo Shishido, memerankan Seiya) dan Makoto Uenobori (Hitouji Yuuji, memerankan Seiryu).

Lagu ‘Arigato’, menutup Super Musical Saint Seiya dengan adegan Athena berterima kasih kepada semua Saint yang telah menolongnya:

7. Death Note

Kenji Urai dan Hayato Kakizawa bergantian memerankan Light Yagami di produksi pertama musikal Death Note, bersama Teppei Koike yang memerankan L (foto:  Death Note the Musical)

Kenji Urai dan Hayato Kakizawa bergantian memerankan Light Yagami di produksi pertama musikal Death Note, bersama Teppei Koike yang memerankan L (foto:  Death Note the Musical)

Tahun 2017 lalu, manga Shonen Jump legendaris karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata ini diadaptasi menjadi film Netflix oleh tim produksi Amerika. Tapi bro dan sis tahu nggak? Ternyata naskah drama musikal Death Note juga awalnya ditulis dan direkam dalam Bahasa Inggris oleh penulis Broadway lho!

Concept album Death Note dirilis dalam Bahasa Inggris pada tahun 2014 dengan Jeremy Jordan sebagai Light Yagami dan Jarrod Spector sebagai L.  Sedangkan pementasan panggungnya diadakan di Jepang (2015, 2017), Taiwan (2017), dan Korea Selatan (2015, 2017). Hingga saat ini belum pernah ditampilkan di AS.

Lagu ‘Death Note’ versi Korea yang dinyanyikan oleh Light dan diperankan oleh Kwang-Ho Hong ini menuangkan perasaan terkejutnya saat mendapati buku catatan yang ia temukan betulan dapat membunuh siapapun yang namanya ditulis di dalamnya. Light mendeklarasikan ambisinya untuk menghakimi pelaku kejahatan dan menjadi ‘dewa’ dari dunia baru tanpa kejahatan.

For the sake of this righteous world and people

I won’t wait and see this bad world

I can only do this

to become the new world’s God

(terjemahan oleh @infinity13)

8. Black Butler

Para ikemen era Victoria yang siap menghibur Anda dengan penampilan mereka (foto: Black Butler Musical)

Para ikemen era Victoria yang siap menghibur Anda dengan penampilan mereka (foto: Black Butler Musical)

“Apa jadinya kalau butler keluarga Phantomhive tidak bisa menari dan bernyanyi seperti ini?”

Walau kalimat tersebut belum muncul di manga aslinya oleh Yana Toboso, tetapi mungkin seperti itulah reaksi Sebastian si butler iblis yang serbabisa jika diperintahkan majikannya, Ciel Phantomhive, untuk membintangi sebuah drama musikal.

Sejauh ini lima judul adaptasi musikal Black Butler telah dipentaskan, baik dengan cerita original maupun adaptasi cerita manganya. Adaptasi terbaru, Tango on the Campania, dipentaskan di lima lokasi di Jepang dari akhir Desember 2017 hingga Februari 2018.

Tonton video di atas untuk cuplikan aksi Sebastian, Ciel, Viscount Druitt, keluarga Midford, hingga para dewa kematian, di atas panggung yang megah.

9. Prince of Tennis

Para pemain tenis andalan Seigaku dari drama musikal Prince of Tennis (foto: Japan Times)

Para pemain tenis andalan Seigaku dari drama musikal Prince of Tennis (foto: Japan Times)

Jika ada satu musikal yang layak mendapat tanda jasa sebagai pionir tren adaptasi drama musikal dari manga dan anime, TeniMyu alias musikal Prince of Tennis-lah pemenangnya. Pertama kali dipentaskan pada Golden Week tahun 2003, kesuksesannya membuahkan format produksi yang dibagi menjadi beberapa season, dengan masing-masing season terdiri dari 12-24 pertunjukan.

Uniknya, tim produksi Tenimyu menjadikan musikal ini bukan saja sebagai pertunjukan yang menghibur, tetapi juga kesempatan aktor-aktor muda untuk mengembangkan diri sebagai performer. Konsep ini serupa dengan beberapa grup idola. Tenimyu bahkan memiliki konser kelulusan (graduation show), saat pemeran-pemeran lama berperan terakhir kalinya dan menyambut pemeran baru.

10. Naruto

Sakura, Sasuke, Naruto, dan Gaara berpose di salah satu foto promo pertama Naruto Live Spectacle (foto: Comic Natalie)

Sakura, Sasuke, Naruto, dan Gaara berpose di salah satu foto promo pertama Naruto Live Spectacle (foto: Comic Natalie)

Ninja berbaju oranye cerah yang menjadi pahlawan bagi ribuan anak di seluruh dunia ini kini bukan saja menguasai jurus ninja, tetapi juga bernyanyi. Perjuangan Naruto sebagai seorang bocah yang payah dan dijauhi desanya hingga mengejar mimpinya menjadi Hokage bisa disaksikan di Naruto Live Spectacle, pertunjukan drama musikal yang dipentaskan di tahun 2015 dan 2017.

Sejauh ini, inilah judul yang datang terdekat ke Indonesia, karena juga dipentaskan di Malaysia (Malaysia International Exhibition & Convention Centre) dan Singapura (Marina Bay Sands). Bahkan ada event live viewing (streaming live dari pertunjukan di Jepang) yang diadakan di Plaza Senayan XXI di bulan Juli 2017.

Pentas ini memang layak dijuluki ‘spectacle‘ karena menggabungkan akting, lagu, tarian, koreografi bertarung, hingga projection mapping. Cerita yang sudah terpatri di ingatan penggemar anime Indonesia (karena ditayangkan berulang-ulang di TV) pun bisa kita nikmati lagi dalam bentuk yang baru!

Itulah 10 adaptasi drama musikal dari anime, manga, dan game, dari banyak judul di luar sana. Tren ini sepertinya akan terus berlanjut karena kepopuleran formatnya. Tidak jarang ada penggemar dari luar Jepang yang sengaja terbang untuk menonton anime favorit mereka ditampilkan di atas panggung musikal yang meriah.

Nah, apa judul anime berikutnya yang ingin bro dan sis tonton sebagai drama musikal?

About Author

Rakaputra

Rakaputra

Raka terombang-ambing antara hobi sebagai pelarian dari pekerjaan sebenarnya. Cinta drama musikal walau tidak bisa menyanyi ataupun menari. Setahun sekali menerbitkan komik Serial Ayo.

Comments

Most
Popular

Knowl­edge speaks — Wis­dom lis­tens, Athens Greece 2016 (Sumber: wdstreetart.com)

Seniman Mural Asal Indonesia ini Berhasil Go International!

Nah, ternyata kalau ngomongin soa mural, Indonesia juga punya jagoannya loh. Buat para penikmat street art pasti pernah .. more

Sumber gambar: Muumuse

Ratu J-Pop, Utada Hikaru Bercerai!

Label rekaman Utada Hikaru, Epic Records Japan, pada tanggal 7 April 2018 mengumumkan kalau Utada Hikaru sudah bercerai .. more

Smartphone adalah bagian kehidupan harian. Sumber gambar: cnet.com

Alasan Kenapa Android Menguasai Pasar Smartphone Dunia

Hampir dari kita semua pasti rata-rata pengguna smartphone (baik berbasis iOS, Android, dll) dalam genggaman. Mungkin 99.. more

Sumber: vice.com

Pemilihan Filter Pada Instagram Bisa Menggambarkan Hidupmu

Kalau kamu termasuk orang yang aktif dalam media sosial Instagram, coba cek lagi filter apa aja yang paling sering kamu .. more

Ingin Mengkritik Sebuah Karya dengan Baik dan Benar? Ikuti 5 Tips Kritik Objektif Berikut Ini!

Memberi kritik serampangan dapat melukai perasaan orang lain. Berikut adalah tips memberi kritik secara objektif... more