Lima Film Anime Jepang Keren yang Bukan Buatan Studio Ghibli Ini Wajib Kamu Tonton!

3 weeks ago
Film anime legendaris Akira (1988). Sumber gambar: hypebeast.com

Film anime Jepang biasanya selalu di-asosiasikan dengan Studio Ghibli. Nama studio dengan ikon film maker mereka Hayao Miyazaki ini sudah menjadi semacam jaminan mutu film anime berkualitas tinggi. Walaupun saat ini fans Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki harus menunggu hingga tahun 2020 untuk menikmati karya baru mereka [Film Terbaru Studio Ghibli Akan Rilis Tahun 2020] bukan berarti pasar film anime dunia jadi sepi dan tidak menarik.

Film-film anime yang akan saya tulis ini tidak seluruhnya merupakan karya terbaru. Tapi film-film anime ini berkualitas tinggi dan layak untuk ditonton setidaknya satu kali. Kualitas grafis, audio dan cerita dari film-film anime berikut secara general tidak kalah dengan film-film anime Studio Ghibli. Bahkan dalam beberapa hal/kasus mungkin bisa dikatakan mampu melewati apa yang diberikan oleh Studio Ghibli kepada penggemar film anime dunia.

Kono Sekai no Katasumi ni / この世界の片隅に / In This Corner Of The World (2016)

Film anime ini dirilis oleh Studio MAPPA dengan sutradara Sunao Katabuchi. Kisahnya tentang perang dunia kedua dari sudut pandang warga Jepang yang menjadi korban bom atom yang dijatuhkan pihak Sekutu di tanah Jepang. Setting film berada di tahun 1930-an hingga hancurnya kota Hiroshima. Tokoh utama film ini adalah seorang perempuan bernama Suzu yang menikah di tengah eskalasi situasi perang di Jepang. Setting World War II membuat film ini memiliki aura kesedihan situasi peperangan yang bikin miris.

Anime bagus tentang kemanusiaan. Sumber gambar: animatsu.com

Anime bagus tentang kemanusiaan. Sumber gambar: animatsu.com

Trailer:

Eiga Koe no Katachi / 映画 聲の / A Silent Voice: The Movie (2016)

Bro sis mungkin pernah membaca scan manga Koe no Katachi yang sempat banyak beredar di media sosial seperti Facebook. Manga itu kemudian dibuat film anime-nya oleh Studio Kyoto Animation dengan sutradara Naoko Yamada. Hampir sama seperti di manga, kisah di film bercerita tentang Shoya Ishida, bocah laki-laki yang merasa terasing sehingga jadi mengarah ke kelakuan seorang bully dan Shoko Nishimiya, anak perempuan pindahan di sekolahnya Ishida yang tunarungu atau tidak dapat mendengar.

Kisah di Koe no Katachi ini sangat bagus, menyentuh dan humanis. Layak ditonton sebagai hiburan dan tuntunan moral dalam bermasyarakat.

Dari bully jadi insyaf. Sumber gambar: hacchifansub.net

Dari bully jadi insyaf. Sumber gambar: hacchifansub.net

Trailer:

Perfect Blue / パーフェクトブル(1997)

Film anime dengan genre psychological thriller ini [Rekomendasi 5 Anime Bergenre Psychological] dibuat oleh Studio Madhouse dan disutradarai oleh Satoshi Kon. Plot yang diusung adalah mengenai Mima Kirigoe yang keluar dari grup idol dan meniti karir sebagai aktris akting. Mima mendapati teror dari fans maniak yang tidak rela dia keluar dari grup idol “CHAM”. Mima yang berusaha membuktikan kualitas diri sebagai aktris mengalami berbagai masalah dan cobaan hingga mendapati ending yang twisted serta tak terduga. Film anime ini menginspirasi film Hollywood berjudul “Requiem for a Dream” oleh sutradara Darren Aronofsky. Aronofsky membeli hak pembuatan live action Perfect Blue agar dia dapat membuat ulang adegan di film anime besutan Satoshi Kon tersebut. Yang nonton kedua film ini pasti dapat mengetahui adegan mana yang dimaksud.

Film anime psychological thriller. Sumber gambar: youtube.com

Film anime psychological thriller. Sumber gambar: youtube.com

Trailer:

Akira (1988)

Inilah salah satu film anime ‘landmark’ di perfilman anime dunia. Studio Tokyo Movie Shinsha (TMS Entertainment) membuat film anime ini berdasarkan manga karangan Katsuhiro Otomo yang juga bertindak sebagai sutradara. Otomo mengubah beberapa aspek di film anime Akira jika dibandingkan dengan versi manga-nya. Film anime Akira ber-setting tahun 2019 dimana sebelumnya terjadi ledakan besar di Tokyo pada tahun 1988 yang memicu World War III. Tokyo sudah menjadi Neo-Tokyo yang dystopia. Sekelompok geng motor berkonflik dengan pihak militer. Salah satu dari mereka mendadak memiliki kekuatan telekinesis. Situasi semakin bertambah kacau.

Salah satu hal memorable dari film anime Akira ini adalah sepeda motor milik Kaneda yang unik. Sepeda motor ini muncul di trailer film “Ready Player One” yang akan rilis tahun 2018.

Film anime 1988 yang tetap dihargai tinggi. Sumber gambar: filmonpaper.com

Film anime 1988 yang tetap dihargai tinggi. Sumber gambar: filmonpaper.com

Trailer:

nRs

Kimi no Na wa / 君の名 / Your Name (2016)

Inilah film anime paling happening di tahun 2016 kemarin. Film buatan Studio CoMix Wave Films dengan sutradara berbakat Makoto Shinkai ini bahkan sudah dibeli hak pembuatan live action-nya oleh Hollywood, yang artinya Your Name memikat sineas Hollywood untuk dibuat versi mereka sendiri.

Tema film anime ini adalah tentang seorang gadis desa bernama Mitsuha yang merasa bosan dengan kehidupannya. Suatu hari dia berteriak kesal dan berkata kalau dia ingin jadi seorang anak cowok tampan dari Tokyo saja daripada hidup bosan seperti biasanya. Dan keesokan harinya dia terbangun dalam tubuh seorang pemuda Tokyo, seperti keinginan ngawurnya semalam. Kisah bergulir antara Mitsuha dan Taki, bocah yang tubuhnya tertukar dengan Mitsuha itu hingga akhirnya mereka jatuh cinta. Dan cinta mereka diuji dengan berbagai kejadian hingga klimaks ending film yang menyentuh serta romantis.

Film anime bagus dari Makoto Shinkai. Sumber gambar: news.abs-cbn.com

Film anime bagus dari Makoto Shinkai. Sumber gambar: news.abs-cbn.com

Nah.. apa bro sis sudah melihat semua film anime keren ini? Walau bukan buatan Studio Ghibli namun film-film anime ini tidak kalah keren dibandingkan film Ghibli. Atau bro sis punya rekomendasi film anime lain? Bisa ditulis di bawah ya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Merayakan 30 Tahun Usia Mega Man Capcom Mengumumkan Mega Man 11

Tapi walaupun popularitas Mega Man tinggi dan terbukti menjual, perlakuan Capcom pada IP mereka yang satu itu di era mod.. more

5 Gaya Vlog Kids Zaman Now Ini Dijamin Bakal Bikin Ngakak!

Kesuksesan para Vloggers sepertinya berhasil menginspirasi para Kids Zaman Now untuk membuat Vlog juga. Jenis videonya p.. more

Datang Lebih Awal, Kereta di Jepang Meminta Maaf

Kereta Tsukuba Express yang menghubungkan kota Tokyo ke daerah bagian utara Jepang memohon maaf ke penumpang karena data.. more

Sumber : Steamcommunity.com

10 Game Pilihan Dibawah 100 Ribu Rupiah Selama Steam Winter Sale!!

Setiap akhir tahun, Steam sebagai digital game distributor terbesar selalu memberikan diskon besar-besaran pada hampir s.. more

(from : hdbackgroundpictures.com)

[DISTURBING KONTEN, KHUSUS 21+] 9 Serial Anime Tersadis Sepanjang Masa

Genre gore dalam anime memang tidak terlalu banyak disukai oleh para anime lovers. Namun tidak sedikit pula yang menyuka.. more