Liputan: Pakoban (Pasar Komik Bandung) 6

5 months ago
Pasar Komik Bandung 6. (Fanpage Pakoban)

Tanggal 13-14 Mei 2017 jadi tanggal yang sangat berkesan di dunia komik Indonesia. Yup, di tanggal inilah acara Pasar Komik Bandung 6 kemarin diadakan. Para praktisi dan pecinta komik lokal pastinya sudah akrab dengan acara yang akrab disebut Pakoban ini. Semakin menggeliatnya skena komik tanah air, semakin marak juga event-event serupa.

Tapi, hal itu tidak praktis membuat Pakoban dilupakan. Bisa jadi Pakoban menjadi salah satu event yang paling ditunggu. Kok bisa? Ayo kita kupas.

Sebagai latar belakang, kalau Kamu mengira acara ini cuma sekadar acara komik biasa, Kamu salah. Memasuki tahun ke-6 penyelenggaraannya, Pakoban masih memegang teguh konsep acara yang dari awal sudah diperkenalkan ke komunitas komik lokal. Ya, konsepnya cukup sederhana: pasar! Konsep ini membuat para peserta merasa sama rata dan sama rasa dengan peserta lain. Semua berbaur dan saling interaksi satu sama lain.

Victorio Primadi, Borton Liew, dan Awe dari CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Victorio Primadi, Borton Liew, dan Awe dari CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Semua peserta event Pakoban diberikan booth yang sama dan serupa, jadi sama sekali tidak ada pihak yang diistimewakan di acara ini. Tidak ada booth-booth besar yang membuat peserta baru dengan booth kecilnya merasa terkucil. Aroma persaudaraan tercium pekat di Braga Citywalk yang menjadi lokasi perhelatan Pakoban 6.

Yuk masuk ke dalam Pasar Komik Bandung 6! (CIAYO Pictures)

Yuk, masuk ke dalam Pasar Komik Bandung 6! (CIAYO Pictures)

Ini karena Pakoban ingin supaya semua komikus di tanah air memiliki kesempatan yang adil dalam berjualan komik. Hal ini membuat para komikus indie tidak merasa terkucilkan dan bisa berbaur dengan semua komikus lain. Jadi, bisa dibilang seperti pasar tradisionalnya komik lokal. Keren ya?

Pengunjung dan pengisi acara Pakoban. Ramai! (CIAYO Pictures)

Pengunjung dan pengisi acara Pakoban. Ramai! (CIAYO Pictures)

Ajang ini juga jadi kesempatan bagus buat para komikus kawakan untuk bagi-bagi ilmu di panggung Pakoban secara gratis. Ada Sweta Kartika, Beny Maulana, sampai Faza Meonk yang ngejabarin tips dan triknya bikin komik dengan lebih baik.

Pihak CIAYO Comics yang mengisi acara talkshow di Pakoban 6. (CIAYO Pictures)

Pihak CIAYO Comics yang mengisi acara talkshow di Pakoban 6. (CIAYO Pictures)

Karena itulah, Pasar Komik Bandung tidak hanya sekadar acara komik biasa tapi sudah menjelma jadi wadah nasional tempat berkumpulnya komikus-komikus se-Indonesia. Dengar-dengar, banyak komikus yang datang jauh-jauh dari luar pulau, lho. Semuanya datang ke Pakoban untuk unjuk gigi dan memasyarakatkan komik untuk orang banyak.

Sebagai salah satu penerbit komik digital Indonesia, CIAYO Comics berkesempatan untuk hadir di acara yang bertempat di Braga City Walk, Bandung ini sebagai peserta booth dan acara talkshow.

CIAYO Comics sendiri, kemarin di Pakoban ngapain nih? Dan di mana?

Seperti yang sudah di-post di sini, CIAYO Comics hadir di booth No. 52 dengan beragam kegiatan menarik dan pastinya asik. Di pasar komik keren ini kami pun ikut berjualan beberapa judul komik yang sesuai dengan tema Pakoban di tahun ini, yaitu DIVERSITY.

Wazzap! Selamat datang di Booth CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Wazzap! Selamat datang di Booth CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Pengunjung juga bisa menguji keberuntungan mereka dengan fishbowl prize yang dibawakan oleh CIAYO Comics untuk event Pakoban. Kalau sudah mengunduh aplikasi CIAYO Comics dan menunjukkan username ke kami, mereka bisa dapat satu undian gratis. Baca: iya, ini gacha!!

Para pemenang gacha—eh, fishbowl prizes dari CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Para pemenang gacha—eh, fishbowl prizes dari CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Jangan khawatir, ga perlu sembah sujud kasih sesajen ke dewa gacha karena CIAYO Comics berbaik hati kasih hadiah gacha yang oke-oke. Para pengunjung yang sudah memenuhi kriteria bisa mengambil satu undian untuk mendapatkan free merch mulai dari t-shirt, tote bag, kipas, pin, sampai beanie hat favorit yang selalu ditunggu-tunggu.

Kesenangan pengunjung ketika mendapat hadiah dari CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Kesenangan pengunjung ketika mendapat hadiah dari CIAYO Comics. (CIAYO Pictures)

Ada lagi? Ada dong. Di event Pakoban 6 ini kami juga datang dengan pengumuman seru, yaitu CIAYO Comics One-shot Challenge Vol. 2! Be one of a kind—jadilah yang paling berbeda. Ya, tema kali ini nggak kalah seru dengan tema komik One-shot Challenge yang pertama: EXTRAORDINARY.

Apa sih yang extra dari extraordinary? Apa itu artinya anti-mainstream, jadi unik sendiri, dan paling berbeda? Apakah jadi berbeda itu baik? Atau malah ada sisi gelap yang mau diungkap oleh para challenger?

Poster CIAYO Comics One-shot Challenge Vol. 2. (CIAYO Pictures)

Poster CIAYO Comics One-shot Challenge Vol. 2. (CIAYO Pictures)

Kami semua ingin melihat seberapa jauh para challenger bisa membawakan tema ini dengan kreatifitas mereka masing-masing. Dengan sistem penjurian transparan, juri yang oke punya dan hadiah yang makin gila, CIAYO Comics One-shot Challenge Vol. 2 pasti makin besar dan menggila! Tungguin aja tanggal mainnya.

Setelah berkunjung ke booth CIAYO Comics, kita simak yuk acara panggung Pakoban 6. Banyak acara-acara Pakoban yang berlangsung di panggung, salah satunya adalah ajang paling faedah selain berjualan komik… RECEH WARS! Konon di sini Sweta Kartika jadi bahan recehan paling laris sepanjang Pakoban 6 berlangsung. Beberapa berlian yang sudah ditemukan dan diketawain bersama:

  1. Komikus lokal yang sering berkeringat: Sweat a Kartika
  2. Komikus lokal yang sering marah: Sewot Kartika
  3. Komikus lokal yang selalu jadi kalimat pembuka: Pada Sweta Ketika (pada suatu ketika)
  4. Komikus lokal yang bisa dimakan: Swike Kartika

Kzl ga? Yang nulis aja kzl sih.

Tapi acara Pakoban di panggung tidak hanya receh, pastinya. Talkshow dan tanya jawab tentang komik juga berlangsung seru di panggung Braga kemarin. CIAYO Comics sendiri diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan membicarakan CIAYO Comics One-shot Challenge Vol. 2 mendatang dengan temanya yang menantang.

Dari kiri-kanan Tonny Hanggoro, Ingo Adityawanda, Beny Maulana, Alie Fachri, dan Aji Mahendra. (CIAYO Pictures)

Dari kiri-kanan Tonny Hanggoro, Ingo Adityawanda, Beny Maulana, Alie Fachri, dan Aji Mahendra. (CIAYO Pictures)

Selain itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pakoban Award masih eksis. Penghargaan ini selalu menjadi acara penutup yang paling dinanti, baik oleh peserta maupun pengunjung. Dengan meningkatnya peserta Pakoban tiap tahunnya, jumlah kategori award dan jumlah komik untuk masing-masing award pun bertambah. Jelas ini tidak mempermudah pekerjaan para juri.

Bayangkan, untuk menjadi peserta Pakoban saja harus melewati tahap seleksi oleh pihak penyelenggara. Tentunya kualitas para peserta yang ambil bagian di Pakoban sudah pasti bagus-bagus. Terus sekarang, para juri harus menilai dan memutuskan siapa yang paling bagus dari yang bagus-bagus. Kebayang kan riweuhnya?

Pemenang Pakoban Award. (Fanpage Pakoban)

Pemenang Pakoban Award. (Fanpage Pakoban)

Dengan berbagai macam sajian acara dalam Pakoban, diharapkan hasil akhir dari gelaran ini menjadi semacam stimulan untuk para komikus dan komunitas komik tanah air untuk lebih aktif dan produktif. Semoga nantinya komik dan komikus Indonesia jadi lebih maju dan menelurkan banyak karya yang makin dikenal masyarakat. Maju terus!

About Author

Inri

Inri

Writer, musician, and a certified procrastinator, Inri is an elusive creature who writes once in a blue moon. The only known way to summon this mystical being is to call its name three times in front of a pizza. No one would come, but at least you have a pizza.

Comments

Most
Popular

Mobil-Mobil Populer Pop Culture, Dari Mobil Donald Bebek Hingga Batman

Dalam pop culture, ada beberapa mobil terkenal di kalangan penggemarnya. Mobil-mobil ikonik tersebut ada yang memang ber.. more

Sumber: park-harajuku.com

Kenalan sama Mugi Tanaka, Anime Creator yang Menginspirasi

Punya cita-cita sebagai Anime Creator? Kenalan sama Mugi Tanaka yuk! Cewek berumur 26 tahun ini bakal menginspirasi kamu.. more

(media.idownloadblog.com)

Ini Dia 5 Fitur Canggih di Android 8.0 Oreo

Penantian panjang pecinta android mengenai apa nama android 8.0 yang kerap juga dipanggil android O terjawab sudah. Bert.. more

Chammyland Diserang Monster! Ayo Bantu Chips, Crocket, dan Coco dengan Main CHIPS: Monster Tap!

Monster-monster menyerang Chammyland! Bantu Chips, Crocket, dan Coco untuk merakit Robot dan melawan monster-monster itu.. more

(japanesesearch.com)

Konsep Gacha dalam Mobile Game Online

Guys, pernahkah kalian bermain game gashapon? Sebenarnya di antara kalian pasti banyak yang udah pernah maen game ini, t.. more