Kontroversi Logan Paul: Sebuah Kebablasan Berekspresi Di Era Internet dan Media Sosial

10 months ago
Sumber gambar: money.cnn.com

Beberapa hari terakhir ini internet diributkan oleh aksi tidak etis yang dilakukan oleh seorang YouTuber bernama Logan Paul pada korban/pelaku bunuh diri di Jepang; tepatnya di wilayah yang sudah terkenal sebagai tempat bunuh diri bernama Hutan Aokigahara yang berada di kaki Gunung Fuji.

Bagian depan Aokigahara. Sumber gambar: iostream.info

Bagian depan Aokigahara. Sumber gambar: iostream.info

Aksi tersebut menuai kecaman keras dari berbagai penjuru dunia karena terkesan membuat sebuah kejadian bunuh diri sebagai sesuatu yang komedik serta “bernilai jual” alias dapat di monetasi melalui view di YouTube.

Seperti yang banyak diketahui, seseorang bisa mendapatkan uang dari konten yang mereka buat/muat di channel YouTube mereka. Orang-orang ini (sering disebut sebagai “YouTuber”) membuat channel di YouTube, kemudian mengisi channel tersebut dengan video sesuai dengan kemauan/tujuan mereka. Ada channel yang berisikan hal-hal mengenai video game dan entertainment (seperti misalnya channel Egie Fourze 212). Atau ada pula channel yang memiliki topik seputar cosplay dan kegiatan cosplayer professional seperti yang dilakukan oleh cosplayer internasional seksi terkenal Jessica Nigri.

Para YouTuber ini, termasuk Logan Paul, mengandalkan konten yang mereka ciptakan dan sebar melalui channel masing-masing sebagai sumber pendapatan. Dari setiap iklan, view, like dan subscribe di channel mereka, mereka akan mendapatkan sejumlah uang dari Google (sebagai pemilik dan pengelola website YouTube). Jadi sebagai pemilik channel, para YouTubers ini harus jeli dan kreatif dalam mengelola channel mereka agar selalu menarik dan seru sehingga fans lama tetap loyal dan fans baru berdatangan.

Nah. Kembali ke Logan Paul tadi. Channel YouTube dia tentang apa?

Menurut deskripsi di channel dia (yang terlihat memiliki subscribers lebih dari 15 juta), Logan Paul adalah “22 year old kid in Hollywood making crazy daily Vlogs! Join the movement and Be A Maverick”. Alias bocah berusia 22 tahun di Hollywood membuat vlog harian yang gila.

Dan jika melihat isi konten channel-nya, Logan Paul memang memenuhi apa yang jadi deskripsi channel tadi.

Tapi apa yang dilakukan Logan Paul di akhir tahun 2017 untuk konten channel YouTube dia melewati apa yang disebut “crazy daily vlogs” yang dibanggakannya.

Bersama teman-temannya (crew channel?), Logan Paul memasuki hutan angker Jepang, Aokigahara, yang sudah terkenal sebagai tempat orang Jepang untuk mengakhiri hidupnya sendiri alias bunuh diri.

Bersama melakukan kebodohan untuk kemudian dipamerkan. Sumber gambar: globalnews.ca

Bersama melakukan kebodohan untuk kemudian dipamerkan. Sumber gambar: globalnews.ca

Bunuh diri adalah sebuah masalah kejiwaan yang berasal dari banyak faktor, namun penyebab utama adalah kondisi depresi. Saya tidak punya kompetensi maupun pengalaman untuk mengulas soal ini secara keilmuan (ataupun keagamaan), tapi saya pikir saya bisa katakan kalau bunuh diri adalah persoalan serius. Dan tidak punya porsi untuk dijadikan sebuah situasi komedi, ataupun profit-taking. Tapi itu pula yang dilakukan Logan Paul di hutan Aokigahara.

Paul bersama team-nya menemukan sosok yang tergantung di pohon; yang jelas sebagai korban/pelaku bunuh diri. Walaupun hutan Aokigahara sudah terkenal sebagai lokasi untuk bunuh diri, namun alangkah baiknya Paul tidak melontarkan lelucon di momen tersebut.

Menemukan pelaku/korban bunuh diri, apa yang seharusnya dilakukan? Sumber gambar: dailymail.co.uk

Menemukan pelaku/korban bunuh diri, apa yang seharusnya dilakukan? Sumber gambar: dailymail.co.uk

Sambil tetap merekam kegiatan mereka di hutan Aokigahara, kamera juga menyoroti berbagai bagian tubuh dari korban/pelaku bunuh diri tersebut. Sesekali terdengar Logan Paul melontarkan candaan dan tawa di sela-sela perkataannya soal bagaimana bunuh diri itu adalah persoalan serius yang harus ditangani. Salah satu kalimat di video tersebut (yang sudah dihapusnya sendiri dari channel-nya) berbunyi: “Aku rasa ini jadi penanda momen historis dalam sejarah YouTube”.

Blur itu bukan dibuat oleh channel Logan Paul, btw. Sumber gambar: youtube.com

Blur itu bukan dibuat oleh channel Logan Paul, btw. Sumber gambar: youtube.com

Segera setelah video tersebut dirilis, kritikan dan hujatan menyerbu Logan Paul. Mulai dari media, selebritis, hingga sesama YouTuber mengecam tindakannya yang dianggap disrespecful atau tidak menghargai korban serta menjadikan hal itu sebagai sebuah show komedik.

Salah satu tweet yang mengecam Logan Paul. Sumber gambar: twitter.com/aaronpaul_8

Salah satu tweet yang mengecam Logan Paul. Sumber gambar: twitter.com/aaronpaul_8

Dan sebelum situasi semakin tak terkendali, Logan Paul segera menghapus video tersebut dan membuat pernyataan maaf melalui channel YouTube serta akun media sosialnya. Paul meng-klaim kalau tujuan dia bukanlah untuk kesenangan atau uang saat meng-upload video itu, namun untuk menumbuhkan awareness akan bunuh diri dan pencegahan bunuh diri. Tapi sepertinya publik masih dalam kondisi marah pada tindakannya yang dianggap gila tersebut, sehingga sampai saat ini kecaman dan hujatan masih mampir ke Logan Paul.

Tweet pembelaan diri Logan Paul. Sumber gambar: twitter.com/LoganPaul

Tweet pembelaan diri Logan Paul. Sumber gambar: twitter.com/LoganPaul

Sebelum keributan ini, Logan Paul memang sudah dikenal dengan kelakuan-kelakuan gilanya. Tapi kali ini level kekacauan yang dia buat sudah melewati batas toleransi sehingga dunia bergerak bersama melawannya. Dan sepertinya dia sadar kalau percuma untuk melawan sehingga dia terlihat ‘pasrah’ pada semua kecaman dan hujatan yang datang.

Walaupun banyak seruan di Twitter yang mendesak agar YouTube mem-ban Logan Paul akibat situasi ini, tapi hal itu sepertinya percuma saja. Menurut teman Logan Paul sesama YouTuber, Philip DeFranco, YouTube memang mengeluarkan statement ‘lunak’ yang menyatakan kalau creator di YouTube “harus mengikuti kebijakan general YouTube akan konten sensasional ataupun tidak menghargai”. YouTube juga menekankan adanya kerjasama mereka dengan badan nasional pencegahan bunuh diri Amerika, yaitu National Suicide Prevention Lifeline.

Tapi masih menurut DeFranco: “His core audience doesn’t give a f******ck. Unless youtube does something, this doesn’t hurt him”. Yang dapat diartikan: “Pemirsa utama dia tidak peduli akan hujatan dan kecaman yang dia dapatkan. Kecuali YouTube melakukan sesuatu, kejadian ini sama sekali tidak merusak apapun dari channel dia”.

Miris. Tapi bisnis YouTube memang berdasarkan views dan traffics, terlepas se-kontroversi apapun konten video yang ditampilkan creator channel YouTube tersebut.

Apa bro sis sudah melihat videonya sebelum dihapus? Apa pendapat bro sis? Bisa komen jika punya pendapat.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: myanimelist.net

Ingin Tahu Tentang Kehidupan Para NEET Dan Hikikomori? Simak Berbagai Anime Di Daftar Ini!

Apa yang bro sis pikirkan ketika mendengar istilah NEET? Ada yang menganggap NEET adalah seseorang yang hanya leyeh-leye.. more

                                                          Sumber: Threevenue.com                        

Gara-Gara Belanja di Changi Airport, Pria Asal Purwakarta Ini Memenangkan 10 Milliar Rupiah!

tanggal 21 kemarin, pria asal Purwakarta, Jawa Barat ini berhasil memenangkan undian sebesar 10 miliar rupiah lho!.. more

(from : wccftech.com)

Visceral Games Ditutup, Proyek Game Star Wars Tetap Jalan

Electronic Arts (EA) telah menutup studio Visceral Games-nya dan membuat perubahan besar pada proyek Star Wars, khususny.. more

(Sumber gambar: digitaltrends.com)

Plants vs Zombies: Garden Warfare 3 untuk PlayStation 4 Segera Hadir

Terkini, Garden Warfare 3 dikabarkan akan segera dirilis untuk PlayStation 4. Berita ini bocor dari komik “Plants vs Z.. more

Sumber: tripzilla.com

Permasalahan Sajaegi dalam Industri Musik Korea

Kalau musimnya boyband dan girlband di Korea Selatan sedang comeback atau merilis lagu baru, muncul deh kesempatan skand.. more