Lord El-Melloi II Case Files: Drama Misteri Yang Hubungkan Serial Fate

4 months ago
Lord El-Melloi II Case Files

Serial Fate bisa dibilang merupakan salah satu franchise raksasa di Jepang saat ini. Seperti Avengers, tetapi ganti para superhero dengan pahlawan-pahlawan legendaris dari sejarah dan mitologi dunia. Dalam dunia Fate, para pahlawan ini saling bertarung melayani para Magus atau penyihir demi mendapatkan hadiah Cawan Suci pengabul permintaan.

Ada banyak sekali cerita dari serial Fate, seperti serial utamanya Fate/stay night, cerita prekuel Fate/Zero, hingga cerita spinoff Fate/Apocrypha. Ketiga serial itu memang terhubung erat, namun dengan hadirnya serial novel dan anime Lord El-Melloi II Case Files, ketiganya semakin terhubung dan menciptakan dunia yang sangat menarik.

Lord El-Melloi II Case Files bercerita tentang sang Lord El-Melloi II itu sendiri, seorang Magus yang mengajar ilmu sihir modern di akademi sihir Clock Tower di London. Di masa lalu, Lord El-Melloi II adalah Waver Velvet, murid Clock Tower dengan kemampuan sihir payah namun menjadi peserta Perang Cawan Suci dengan memanggil roh pahlawan Iskandar.

Waver kalah dalam Perang Cawan Suci, namun ia berhasil bertahan hidup. Setelah perang tersebut, ia berkeliling dunia untuk lebih memahami sosok Iskandar yang jadi idolanya. Kemudian Waver kembali ke London dan menjadi guru di kelas sihir modern yang ditinggalkan gurunya, Lord El-Melloi pertama yang juga menjadi lawannya di Perang Cawan Suci.

Lord El Melloi II. Sumber: QooApp
Lord El-Melloi II. Sumber: QooApp

Karena Lord El-Melloi tewas mengenaskan di Perang Cawan Suci, keluarga El-Melloi tidak punya penerus yang pantas. Reines El-Melloi Archisorte, keponakan Lord El-Melloi yang masih berusia muda, menuntut Waver memimpin keluarga El-Melloi sampai Reines cukup dewasa untuk memimpin sendiri. Waver setuju dengan syarat ia mengubah namanya menjadi Lord El-Melloi II.

Selama menjadi guru di kelas sihir modern, Lord El-Melloi II mengangkat seorang murid agar ia didik secara pribadi. Murid perempuan bernama Gray itu berasal dari desa yang memanfaatkan Gray sebagai tumbal untuk mendatangkan Artoria Pendragon alias Raja Arthur. Berkat ritual tersebut Gray bisa menggunakan tombak suci Rhongomyniad, namun wajahnya berubah menjadi seperti Artoria. Hal ini membuat Lord El-Melloi II merasa tidak nyaman, karena saat Perang Cawan Suci ia bertemu langsung dengan roh pahlawan Artoria Pendragon.

Gray. Sumber: Youtube
Gray. Sumber: Youtube

Di samping mengajar murid-murid Clock Tower, Lord El-Melloi II juga menyelidiki berbagai fenomena sihir yang terjadi di penjuru Inggris. Biasanya Lord ia mendapatkan permintaan untuk menyelidiki kejanggalan tersebut dari Reines atau orang lain dari kalangan sihir, lalu meminta solusi dari sudut pandang sihir modern. Selain itu, Lord El-Melloi II juga tidak lupa dengan kewajibannya memimpin keluarga El-Melloi. Ia harus hadir dalam rapat para petinggi Clock Tower dan terlibat dalam konspirasi politik yang membelit para anggotanya.

Namun di balik semua itu, Lord El-Melloi II mencoba untuk tetap tabah menghadapi segala problematika di hidupnya. Ia mengatasi masalah di depannya satu per satu, dengan harapan akan terbuka jalan baginya untuk kembali terjun dalam Perang Cawan Suci dan bertemu Iskandar untuk satu kesempatan lagi.

Murid Lord El Melloi II sering dilibatkan dalam kasus gurunya. Sumber: Angry Anime B*tches
Murid Lord El-Melloi II sering dilibatkan dalam kasus gurunya. Sumber: Angry Anime B*tches

Diproduksi studio anime Troyca yang memproduksi anime Aldnoah.Zero dan Beautiful Bones, Lord El-Melloi II Case Files menyajikan warna baru dalam cerita di dunia Fate. Meskipun esensi utama serial Fate adalah kisah aksi fantasi dengan bumbu pahlawan masa lalu, anime ini membuang semua pakem tersebut dan lebih menonjolkan elemen drama thriller serta misteri kriminal. Buat kamu yang suka nonton Detektif Conan pasti sudah akrab dong dengan format ceritanya. Lord El-Melloi II menyelidiki lokasi misteri, mengambil keterangan dan alibi saksi, dan kemudian mengambil kesimpulan dari kasus tersebut.

Meski demikian, elemen aksi juga tidak diabaikan begitu saja. Dalam satu-dua kesempatan, tokoh utama kita diserang oleh kekuatan supranatural. Di titik inilah kekuatan sihir para karakternya ditampilkan. Baik Lord El-Melloi II dengan kemampuan sihir modernnya, atau Gray yang memanggul tombak Rhongomyniad. Intensitas aksi dalam anime ini cukup menegangkan, namun porsinya yang sedikit mungkin bisa membuat penontonnya ngantuk sebelum adegan itu tiba.

Luvia Edelfelt, salah satu karakter sampingan favorit fans dari serial Fate. Sumber: Random Curiosity
Luvia Edelfelt, salah satu karakter sampingan favorit fans dari serial Fate. Sumber: Random Curiosity

Kisah Lord El-Melloi II Case Files masuk di antara Fate/Zero dan Fate/stay night, sehingga memberikan penonton pendalaman yang lebih oke tentang dunia Fate. Kemunculan berbagai tokoh yang familiar bagi penggemar Fate seperti Luviagelita Edelfelt dan Shishigo Kairi, hingga referensi ke event-event penting dalam dunia Fate membuat anime ini terasa sangat spesial bagi fans Fate.

Selain alasan di atas, hal spesial lain yang bakal ditemukan oleh fans adalah bagaimana berkembangnya karakter Lord El-Melloi II alias Waver Velvet. Di Fate/Zero, Waver adalah sosok remaja naif yang ingin mencari perhatian teman-teman penyihir dan gurunya yang lebih berbakat darinya. Selama cerita Fate/Zero, Waver pun belajar bagaimana perbuatannya yang nekat dan egois itu membawa malapetaka bagi dirinya sendiri dan juga orang lain. Beruntung Waver berpasangan dengan Iskandar yang mengajarinya banyak hal. Lord El-Melloi II Case Files menjadi penanda transisi dari sosok Waver yang kekanakan menjadi Lord El-Melloi II yang lebih dewasa.

Baca Juga: Fate Series: Dari Game PC Hingga Smartphone

Lord El Melloi II dan para muridnya. Sumber: Ramblings N’ Scribbles
Lord El-Melloi II dan para muridnya. Sumber: Ramblings N’ Scribbles

Anime Lord El-Melloi II Case Files yang tayang di musim Summer 2019 ini mengangkat plot utama “Rail Zeppelin Grace Note,” dimana Lord El-Melloi II menyelidiki organisasi gelap Rail Zeppelin yang memperdagangkan Mystic Eyes, yaitu mata ajaib dengan kemampuan sihir. Kira-kira bagaimana kasus-kasus yang ditangani Lord El-Melloi II akan membawanya pada Rail Zeppelin?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: comicvine.com

Benarkah Hawkeye Akan Berubah Menjadi Ronin di Avengers: Infinity War?

Belakangan ini kita sering kali melihat meme-meme yang menyindir Hawkeye karena dia tidak terlihat di poster Avengers: I.. more

Sumber: japan-academy-prize.jp

Berikut 5 Anime Nominasi Japan Academy Prize Awards 2018!

Jika tahun lalu 'Your Name' berhasil memenangkan penghargaan Animasi terbaik 2017, Kira-kira film apa ya yang berhasil m.. more

Komik Lieur-Bolon

Sagus: “Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil”

Kalau di suruh nostalgia masa kecil, bro sis milih pas zaman apa? Kali ini Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama a.. more

Sumber gambar: nickelodeonafrica.com

Film Live Action Resmi ‘Dora the Explorer’ Beneran Dibuat – Segera Rilis di Musim Panas 2018

Jadi bagaimana jika kartun berkonsep edutainment seperti Dora The Explorer di-adaptasi ke film live action Hollywood?.. more

00-d-report-comic-frontier-11

Meski Sedang Asian Games, Comic Frontier 11 Tetap Ramai

Kemeriahan Asian Games tak menghalangi pecinta pop culture untuk belanja dan berbagi di Comic Frontier 11... more