The Lord of the Rings TV Show Akan Jadi TV Show Termahal Di Dunia?

3 months ago
Sumber: TheVerge

Serial trilogi petualangan yang sangat terkenal di dunia ini merupakan  karya penulis berkebangsaan Inggris, J.R.R. Tolkien yang dirilis ke publik tahun 1954. The Lord of the Rings tercipta sebagai sekuel dari novel Tolkien sebelumnya yang berjudul “The Hobbit”. The Hobbit sendiri diciptakan oleh Tolkien dan dirilis pada tahun 1937 sebagai novel fantasi untuk anak-anak (kira-kira sama seperti halnya novel Harry Potter karya J.K. Rowling di era modern).

Novel The Hobbit Edisi Ulang Tahun Ke-50. Sumber: TheOneRing

Novel The Hobbit Edisi Ulang Tahun Ke-50. Sumber: TheOneRing

Baik The Hobbit, Lord of the Rings maupun Harry Potter menikmati kesuksesan mereka sebagai novel karya sastra dan juga film bioskop. Film-film yang dibuat semuanya memakai fondasi dari novel masing-masing. Sebagai film yang berasal dari novel fantasi, bisa diharapkan kalau film-film ini sarat dengan berbagai efek spesial yang bertugas memvisualkan isi novel ke dalam format gambar bergerak.

Yang juga berarti biaya pembuatan film-film dari novel fantasi ini pasti mahal sekali.

Syuting dilakukan di New Zealand dan ditambah efek digital. Sumber: GuideAdvisor

Syuting dilakukan di New Zealand dan ditambah efek digital. Sumber: GuideAdvisor

Memang benar, Trilogi film Lord of the Rings membutuhkan modal pembuatan senilai total sekitar US$281 Juta. Cukup besar bukan? Tapi itu tidak sebanding dengan total keuntungan yang didapatkan oleh film trilogi epik ini; yang nyaris mencapai 3 Milyar Dollar. Jelas bukan jumlah uang yang sedikit! Sebagian biaya modal film digunakan untuk mewujudkan visual keren seperti yang dinarasikan dalam novel Tolkien. Hasilnya memang memukau.

Suasana epik Middle Earth di-visualisasikan dengan keren. Sumber: Pinterest

Suasana epik Middle Earth di-visualisasikan dengan keren. Sumber: Pinterest

Dengan berbagai reputasi yang dimiliki, jelas trilogi film Lord of the Rings merupakan judul bergengsi di ranah perfilman dunia. Jadi bagaimana jika trilogi fenomenal dan berpengaruh di jagad perfilman ini kemudian di transfer ke layar yang lebih kecil alias televisi?

Mungkin bukan ide bagus. Walau bantahan soal ini bisa dilakukan dengan menyebut kesuksesan serial bertema fantasi epik lain yang lahir di TV: “Game of Thrones”. Serial HBO itu membuktikan kalau serial fantasi epik punya pangsa pasar bagus di televisi. Jadi berdasarkan fakta tersebut, serial televisi bertema Lord of the Rings jadi terasa masuk di akal untuk sukses. Tapi bagaimana soal pembiayaan?

Game of Thrones termasuk serial TV dengan pembiayaan yang tinggi. Sumber: Variety

Game of Thrones termasuk serial TV dengan pembiayaan yang tinggi. Sumber: Variety

Saat ide serial televisi Lord of the Rings mulai bergulir, kasak-kusuk tentang siapa yang akan memenangkan hak pembuatan & penyiarannya sudah mulai terlihat di berbagai forum internet; kemudian mengerucut ke dua nama besar terlibat dalam perebutan hak. Amazon dan Netflix. Pada akhirnya Amazon yang memenangkan persaingan tersebut. Dengan biaya yang fantastis: Amazon harus keluar uang tidak kurang dari US$250 Juta.

Meme lucu soal Amazon yang memenangkan hak pembuatan serial TV Lord of the Rings. Sumber: YourStory

Meme lucu soal Amazon yang memenangkan hak pembuatan serial TV Lord of the Rings. Sumber: YourStory

Itu baru biaya hak pembuatan saja! Beberapa analisa memprediksi kalau serial ini akan memakan biaya tidak kurang dari US$1 Milyar untuk hal-hal seperti pemilihan pemeran, biaya produksi serta efek visual yang akan digunakan. Karena hey… Ini kisah Lord of the Rings! Salah satu aspek mengapa film trilogi Lord of the Rings besutan sutradara Peter Jackson begitu melegenda adalah karena keindahan special effects yang ada di film-film itu. Walaupun nanti ditujukan untuk layar yang lebih kecil namun fans dan penonton tentu menginginkan kualitas visual yang mendekati versi layar lebar alias film bioskop.

Sutradara Peter Jackson mengarahkan aktornya. Sumber: Inverse

Sutradara Peter Jackson mengarahkan aktornya. Sumber: Inverse

Tapi mungkin tidak perlu terlalu kuatir soal pembiayaan karena Boss dari Amazon, Jeff Bezos, baru-baru ini dinobatkan sebagai orang terkaya di planet Bumi ini lewat berbagai jenis perusahaannya; mengalahkan Bill Gates dari Microsoft yang sudah berkali-kali menyandang gelar tersebut.

Bill Gates (Microsoft) & Jeff Bezos (Amazon). Dua pria terkaya di planet Bumi. Sumber: Unilad

Bill Gates (Microsoft) & Jeff Bezos (Amazon). Dua pria terkaya di planet Bumi. Sumber: Unilad

Serial televisi Lord of the Rings direncanakan akan dibuat sebanyak lima season. Proses produksi seharusnya sudah dimulai karena Amazon punya kewajiban memulai project ini selambat-lambatnya dua tahun setelah kontrak antara Amazon, New Line (pemegang hak film Lord of the Rings), ahli waris J.R.R. Tolkien dan publisher novel HarperCollins sebagai pemegang hak novel Lord of the Rings di tanda tangani.

Apakah serial televisi Lord of the Rings nanti akan sebagus Game of Thrones? Atau malah lebih bagus? Saya sendiri sulit memprediksi karena masih bingung bagaimana cara mereka menciptakan serial televisi Lord of the Rings. Bagaimana membangun ceritanya? Apakah akan jadi spin-off? Sekuel? Semua masih serba misterius. Tapi kita tunggu saja berita selanjutnya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-d-ennichisai-2018

Ennichisai 2018 Peringati 60 Tahun Hubungan Jepang-Indonesia

Event Jejepangan terbesar Ennichisai kembali lagi. Ennichisai 2018 diadakan memperingati 60 tahun hubungan Jepang dan In.. more

Sumber: playstation.com

Spin-Off Game Persona: Dari RPG Ke Fighting Game Dan Dance

Persona. Atau juga dikenal dengan judul “Shin Megami Tensei: Persona” awalnya adalah sebuah game spin-off dari game .. more

Ketagihan main Games? Hati-hati, Itu Termasuk Gangguan Mental loh!

Nah, sebelum kamu parno, apalah kamu mengidap gaming disorder atau engga. Yuk, kenali dulu gejalanya. .. more

Yuk Kenali Kepribadianmu Dari Gaya Penulisanmu!

Sejak kecil, seorang anak normalnya mulai belajar menulis dengan tangan. Nah, di saat itu lah, setiap anak mulai mempuny.. more

Sumber: www.thedailybeast.com

Pesona Novel-Novel Haruki Murakami yang Aneh, Getir, dan Sepi

Tahun 2017 kemarin mungkin saja menjadi tahun yang sangat besar bagi hidup Haruki Murakami, karena pertanda bahwa diriny.. more