“Made By Google, Google Pixel Event”: Event Tandingan Dari Google Untuk Apple

4 days ago
Deretan produk di event Google San Francisco 2017. Sumber gambar: bgr.com

Google dan Apple bersaing ketat, itu bukan hal baru di jagat teknologi dunia. Walaupun kita tidak sempat menyaksikan ‘perang termonuklir’ seperti yang Steve Jobs janjikan, namun kita bisa lihat kalau Google dan Apple saling kejar dan saling sikut di persaingan smartphone dunia, dengan Google memimpin marketshare karena adopsi Android yang lebih banyak digunakan.

Apple mengadakan event peluncuran smartphone terkini mereka, iPhone X beserta iPhone 8 dan 8 Plus, yang dikritik fans Android karena tidak memberikan sesuatu yang spesial. Tak lama kemudian, Google memberikan undangan pada insan pers teknologi informasi untuk menghadiri event mereka. Walau awalnya dirahasiakan, namun event yang dikenal sebagai Made by Google/Google Pixel itu jelas akan menampilkan produk-produk baru Google. Dan terutama sebagai pengumuman resmi rilis smartphone flagship mereka (oleh fans Google disebut sebagai ‘iPhone X Killer’) yang digosipkan bernama Pixel 2.

Bertempat di San Francisco JAZZ Center Amerika Serikat, acara dibuka oleh Sundar Pichai yang merupakan Boss dari Google (seperti halnya Tim Cook dari Apple).

Dari keynote yang dia berikan terlihat kalau Google sedang/akan fokus di pengembangan AI alias Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) pada layanan mereka seperti Google Translate serta Google Maps, yang memang merupakan hal esensial di era sekarang. Saya rasa bro sis at some point pernah menggunakan Google Maps ataupun Google Translate, bukan?

Google Home Mini diperkenalkan. Google Home sudah dikenal sebagai perangkat cerdas untuk asistensi digital rumah dimana kita dapat mengendalikan banyak hal (mulai dari menyalakan lampu, mengatur volume speaker dan berbagai fungsi digital lain) di dalam rumah yang terintegrasi Google Home. Google memperkenalkan versi mini dari Google Home tersebut seharga $49.

Asisten rumah tangga digital kecil imut. Sumber gambar: theverge.com

Asisten rumah tangga digital kecil imut. Sumber gambar: theverge.com

Bersama itu juga diperkenalkan speaker Google Home Max, yang disebut memiliki kekuatan suara 20 kali lipat dibandingkan speaker bawaan Google Home. Google Home Max dibandrol dengan harga $399.

Speaker pintar Google. Sumber gambar: cnbc.com

Speaker pintar Google. Sumber gambar: cnbc.com

Satu yang ditunggu-tunggu adalah Google Chromebook terbaru. Chromebook adalah laptop Google yang fokus pada internet. Kali ini Google memperkenalkan Pixelbook, seharga $999. Dengan Chrome OS dan Google Assistant terintegrasi, ketebalan 10 milimeter, engsel 360 derajat serta berat hanya 1 kg rasanya akan membuat fans Chromebook sebelumnya langsung jatuh hati.

Laptop Google yang ringan serta modern. Sumber gambar: blog.google.com

Laptop Google yang ringan serta modern. Sumber gambar: blog.google.com

Jika iPad Pro dari Apple punya ‘Apple Pencil’ maka Google Pixelbook punya ‘Pixelbook Pen’ yang dihargai $99 serta dijual terpisah.

Stylus pesaing Apple Pencil yang sama harganya. Sumber gambar: cnet.com

Stylus pesaing Apple Pencil yang sama harganya. Sumber gambar: cnet.com

Selain Chromebook terbaru (alias Pixelbook), tentu saja yang ditunggu lainnya adalah bintang utama acara ini: Google Pixel.

Perkenalkan Google Pixel 2. Smartphone Android yang langsung dibesut oleh Google sendiri.

Smartphone flagship Google. Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Sumber gambar: androidcentral.com

Smartphone flagship Google. Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Sumber gambar: androidcentral.com

Dengan jargon “What if smartphones got smarter and simpler”, Google memperkenalkan Pixel 2 mereka.

Google Pixel 2 dirilis dalam dua ukuran: 5 inchi dan 6 ichi, atau Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL. Berbalut body all-aluminium, Pixel 2 mengulang langkah yang dulu dilakukan oleh Apple pada iPhone hingga dihujat habis oleh fans Android: menghilangkan slot audio jack 3.5” standard (walau disertakan converter di dalam paket penjualan). Ini sebuah ironi, menurut saya. Membuktikan kalau Apple sering radikal dengan visi mereka. Sesuatu yang radikal memang rentan celaan.

Pixel 2 memiliki layar OLED 1080p dengan pilihan warna body biru, hitam dan putih (biru tidak tersedia untuk Pixel 2 XL). Pixel 2 mengusung fitur ‘Always On’ dimana layar akan selalu menampilkan notifikasi seperti pop up message ataupun jam walau dalam keadaan terkunci. Layar OLED rendah daya memungkinkan hal ini. Ada pula fitur bernama ‘Active Edge’ dimana pengguna dapat meremas body Pixel 2 untuk mengaktifkan Google Assistant (untuk bagian ini Apple kalah inovatif karena pastinya bakal keren membangunkan Siri dengan meremas iPhone hehehe).

Itu display dalam kondisi layar terkunci. Keren juga ya? Sumber gambar: engadget.com

Itu display dalam kondisi layar terkunci. Keren juga ya? Sumber gambar: engadget.com

Fitur AR / Augmented Reality ikut disematkan di kamera Pixel 2. Ini akan membuat smartphone tersebut semakin seru karena AR, jika di-aplikasikan dengan benar, merupakan fitur yang menarik. Nama-nama seperti NBA, SNL hingga film Star Wars Episode 8 akan mendukung fitur ini di Pixel 2. Fasilitas Fast Charging alias pengisian daya secara cepat serta dukungan Waterproof tentu saja juga hadir di Pixel 2.

Fitur Augmented Reality yang menambah seru Pixel 2. Sumber gambar: engadget.com

Fitur Augmented Reality yang menambah seru Pixel 2. Sumber gambar: engadget.com

Harga yang ditawarkan oleh Google untuk Pixel 2 64GB adalah $649 serta $849 untuk Pixel 2 XL ukuran yang sama. Karena Pixel series adalah smartphone flagship, harga ini sudah di-prediksi sebelumnya.

Google juga mengenalkan headset Google Daydream View seharga $99 untuk pengalaman menonton tayangan VR lewat Pixel 2.

Rasanya gimana ya kalau pakai itu? Sumber gambar: madeby.google.com

Rasanya gimana ya kalau pakai itu? Sumber gambar: madeby.google.com

Ada pula headset wireless Google Pixel Buds, yang selain berfungsi untuk headphone standard juga dapat berfungsi sebagai translator bahasa! Sederhananya, bro sis bisa berbicara dengan seseorang yang menggunakan bahasa asing dan Pixel Buds akan langsung men-translasikannya secara real time. Menarik untuk dilihat apakah janji Google akan Pixel Buds sesuai kenyataan saat benda ini dirilis ke pasar dengan harga $159.

Earphone dan translator bahasa real-time? Sold! Sumber gambar: phonearena.com

Earphone dan translator bahasa real-time? Sold! Sumber gambar: phonearena.com

Sebelum menutup acara, Google memperkenalkan Google Clips; sebuah kamera model action cam. Selain dapat mengambil foto, Clips juga akan mampu merekam video pendek. Harga yang ditawarkan Google untuk produk ini adalah $249.

Kecil, hands-free dan wireless action cam. Sumber gambar: thenextweb.com

Kecil, hands-free dan wireless action cam. Sumber gambar: thenextweb.com

Dengan sederet hardware baru yang mereka perkenalkan hari itu, Google jelas memberikan sinyal kuat kalau mereka masih tetap memimpin pasar dengan beragam produk smart appliance yang terintegrasi satu dengan lainnya. Mulai dari asisten digital di dalam rumah hingga telepon pintar yang kita gunakan setiap hari. Akan sulit untuk siapapun, bahkan Apple sekalipun, untuk mematahkan dominasi Google dengan approach mass market yang mereka lakukan.

Bro sis berminat membeli yang mana nih? Komen ya, produk Google mana yang menarik buat bro sis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Canti Clarinta. Sumber: Canti Clarinta

Canti Clarita, Illustrator Fan art Kpop Dengan Kearifan Budaya Lokal

Pernah melihat fan art buatan fans kpop? Mungkin kamu sudah biasa. Nah, gimana kalau melihat fan art kpop dengan kearifa.. more

James & Martha Season 2 (CIAYO Comics)

James & Martha Season 2: Munculnya Sosok Masa Lalu James

Komik romantis "James & Martha" yang bernuansa Retro Amerika ini sudah memasuki season 2. Pada season 2 kali ini, sang a.. more

(CIAYO Comics)

Yuk, Kenalan Sama Warga di Komplek yang Satu Ini!

Gimana ya rasanya kalau tinggal di tengah-tengah lingkungan yang warganya sangat santai. Semua urusan kayaknya gak dipus.. more

Sumber: Gamerant

Pokemon GO Genap Satu Tahun, Habis Ini Apa?

Pasti bro sis salah satunya yang pernah keranjingan muter-muter komplek buat main Pokemon GO kan? Game ini memang cukup .. more

Sumber: ciayo.com

Serem Nggak Sih, Kalo Mimpi Kamu Jadi Kenyataan?

Pernah nggak bro sis mimpi, terus beberapa waktu kemudian mimpi pas tidur itu jadi kenyataan... more