Anime Mahou Shoujo Site: Magical Girl Berlatar Suram yang Menimbulkan Kontroversi

4 months ago
mahou shoujo site desk

Di antara beberapa anime tentang magical girl yang tayang pada musim semi 2018 ini, mana yang paling menarik perhatian? Jika beberapa penggemar anime melihat Mahou Shoujo Ore sebagai anime magical girl yang absurd di musim ini, tapi menurut beberapa penggemar anime bergenre psychological thriller, Mahou Shoujo Site lebih dinanti.

Poster Mahou Shoujo Site (Sumber: myanimelist.net)

Poster Mahou Shoujo Site (Sumber: myanimelist.net)

Film tentang magical girl biasanya bergenre komedi dengan tokoh utama yang ceria. Sedikit sekali yang ceritanya suram. Dari yang sedikit itu, Magical Girl Madoka menempati peringkat teratas dari anime magical girl yang ceritanya sangat serius dan jauh dari kesan ceria, sehingga meninggalkan kesan mendalam bagi para penontonnya. Maka pantas jika harapan untuk meraih kesan mendalam kini disematkan pada Mahou Shoujo Site.

Dikisahkan, seorang siswa SMP bernama Aya Asagiri menjadi korban bully di sekolahnya oleh teman-teman sekelasnya. Tak hanya itu, dia pun mengalami kekerasan fisik ketika di rumah. Kaname Asagiri—kakaknya yang memiliki prestasi bagus—menjadikannya pelampiasan karena Kaname harus memenuhi ekspektasi orangtuanya dan tidak bisa bebas. Aya pun berulangkali berpikir untuk bunuhdiri.

Aya, ingin bunuhdiri dengan menabrakkan diri ke kereta api (Sumber: youtube.com)

Aya, ingin bunuhdiri dengan menabrakkan diri ke kereta api (Sumber: youtube.com)

Suatu malam setelah kakaknya menyiksanya, sebuah pop up muncul di komputernya dan menampilkan sosok berwajah mengerikan. Sosok itu bernama Nana, yang kasihan kepada Aya dan memberikan kekuatan dan senjata kepada Aya sehingga gadis itu bisa menjadi magical girl. Keesokan paginya, Aya menemukan senjata berupa pistol dan sepucuk surat di loker sepatunya. Surat itu berisi pemberitahuan kalau pistol itu adalah senjata magical girl milik Aya, disertai petunjuk penggunaan pistolnya.

Meja belajar Aya yang dicorat-coret (Sumber: youtube.com)

Meja belajar Aya yang dicorat-coret (Sumber: youtube.com)

Tak ingin berpikir terlalu dalam, Aya memasukkan pistol ke dalam tasnya. Sampai ketika dia dibully sepulang sekolah, beberapa gadis yang biasa melakukan tindak kekerasan padanya mulai merasa bosan dan memanggil kakak kelas pria berandalan untuk memperkosa Aya. Jelas saja gadis berambut hitam itu melawan dan melarikan diri. Aya bersembunyi di lahan parkir yang sepi, berharap tidak ditemukan oleh para pengejarnya.

Kursi Aya yang diberi lem (Sumber: youtube.com)

Kursi Aya yang diberi lem (Sumber: youtube.com)

Tak disangka, kakak kelas itu menemukannya dan langsung mencoba memperkosanya saat itu juga, disaksikan oleh salah seorang gadis yang biasa menyiksanya. Saat itulah Aya mengeluarkan senjata dan menembak ke arah dua sosok yang ada di depannya. Mereka berdua pun menghilang tanpa Aya ketahui. Aya lega dan berniat untuk pulang, tapi pintu kereta api yang biasa dilaluinya mendadak ramai kerumunan warga. Mencoba melihat pusat kerumunan itu, Aya terkejut ketika mengetahui kalau kakak kelas pria beserta gadis yang biasa menyiksanya itu terkapar dengan tubuh bersimbah darah. Para saksi mengatakan, kedua orang itu mendadak muncul di hadapan kereta yang berjalan kencang dan tertabrak. Aya syok ketika membayangkan kalau dia sudah membunuh kedua orang itu secara tidak langsung. Apalagi begitu dia mengetahui kalau ada konsekuensi lain di balik kekuatan magical girl yang diterimanya.

Sepatu yang diberi silet dan paku payung (Sumber: youtube.com)

Sepatu yang diberi silet dan paku payung (Sumber: youtube.com)

Sampai saat ini anime ini masih tayang, terlepas dari segala kontroversi yang menyertainya. Dikabarkan kalau anime yang diadaptasi dari manga ini menjadi target keluhan grup pengawas tayangan televisi di Jepang. Hal ini dikarenakan banyak adegan yang tidak pantas ditujukan untuk anak-anak seusia para tokoh itu. Padahal jika dilihat dari jam tayang yaitu jam 01:55 pagi waktu Jepang, anime ini memang bukan ditujukan untuk penonton anak-anak.

Penampakan Nana, pemberi kekuatan pada Aya (Sumber: youtube.com)

Penampakan Nana, pemberi kekuatan pada Aya (Sumber: youtube.com)

Anime ini awalnya mendapat banyak perhatian lantaran adanya virtual youtuber populer bernama Kizuna Ai yang mengisi suara salah satu karakter pendukung. Ada pula Lynn, pengisi suara handal yang sudah banyak mengisi suara karakter-karakter anime terkenal, yang turut mengisi suara salah satu karakternya. Lagu pembuka dan penutup yang disajikan pun cukup baik, meskipun visualisasi lagu penutupnya dianggap kurang pantas oleh beberapa penggemar.

Aya dan pistolnya (Sumber: youtube.com)

Aya dan pistolnya (Sumber: youtube.com)

Secara singkat, Mahou Shoujo Site menampilkan adegan penyiksaan, pemerkosaan, kekerasan dalam keluarga, bully di wilayah sekolah, tokoh utama yang depresi hingga ingin bunuh diri, dan banyak tema lain seiring dengan penayangan tiap episodenya. Namun, terlepas dari segala kontroversi yang dituainya, anime ini dianggap mampu memuaskan penggemar anime yang bisa menolerir segala adegan tersebut dan suka akan anime yang memiliki latar belakang penokohan karakter yang kuat. Bagi yang ingin mencari referensi pun bisa membaca manganya terlebih dahulu. Tapi ingat, jangan menonton Mahou Shoujo Site bersama anak dibawah umur, ya!

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

(from : riaunews.com)

Bagaimana Nasib BBM Webcomics Setelah Terancam Diblokir Kemkominfo?

Bro and Sis yang suka baca komik online, pasti tahu dong kalau bulan Agustus 2017 lalu, BBM meluncurkan Webcomics milikn.. more

Sumber: kpopexpose.com

Good Deeds Fans Kpop Lakukan Untuk Idol

Ada banyak kegiatan yang fans lakukan biar bisa di-notice oleh idol mereka. Walaupun sering kali muncul berita negatif s.. more

Sumber: Eze Nkiri

Uwe Boll, Tersangka Utama Gagalnya Adaptasi Film Video Game

Kenapa ada anggapan kalau film adaptasi dari video game selalu jelek? Mungkin alasannya bisa ditanyakan ke sutradara yan.. more

The Kasuaris – Episode 3: Ranjau di Rumah

Sampe rumah, masih ada rintangan yang kudu dihadepin sebelum santai-santai di kamar. Nggak cuman satu, tapi ada beberapa.. more

Sumber: netdna-cdn

[Review] The Post, Skandal Perang Vietnam yang Membungkam Kebebasan Jurnalistik

Nah, melihat kesamaan yang ada tersebut, apakah di penghargaan 90th Academy Awards tanggal 4 Maret 2018 mendatang, film .. more