Mahoutsukai no Yome: Kehidupan Sehari-hari Seorang Magus dan Murid yang Dicintainya

8 months ago
Sumber: youtube.com

Para penikmat anime musiman, terutama yang mengikuti anime musim gugur 2017 dan musim dingin 2018 ini, pasti pernah mendengar judul “Mahoutsukai no Yome”. Anime dengan judul lain “The Ancient Magus’ Bride” ini sempat mendapat rating tertinggi di salah satu situs untuk anime baru yang ditayangkan di musim gugur 2017.

Dari segi cerita, anime ini menawarkan kisah slice of life berbalut fantasi, dua genre yang sebenarnya minim titik temu. Namun kali ini berhasil diramu dengan pas lantaran mengambil sudut pandang kehidupan sehari-hari seorang magus.

Dikisahkan, Chise Hatori, gadis Jepang yatim piatu berusia 15 tahun, dikucilkan oleh orang-orang sekitarnya karena memiliki perilaku yang tidak biasa, yaitu bisa melihat makhluk lain. Chise, yang pasrah akan hidupnya dan akan mendedikasikan dirinya kepada orang yang membelinya, memutuskan untuk menjual dirinya dalam pelelangan gelap. Dia pun berharap bertemu dengan orang yang benar-benar menginginkan dirinya. Sesosok pria tinggi bertopeng berhasil memenangkan pelelangan atas diri Chise dengan harga 5 juta pounds.

Pertemuan pertama Chise dan Elias (Sumber: youtube.com)

Pertemuan pertama Chise dan Elias (Sumber: youtube.com)

Chise mendengar gosip dari beberapa makhluk yang iri akan pria bertopeng yang berhasil membeli dirinya. Karena dirinya memiliki kemampuan aneh, yang dinamakan “Sleigh Beggy.” Namun, pria misterius itu tidak menghiraukan omongan mereka. Pria itu membawa Chise ke suatu ruangan, kemudian memperkenalkan dirinya. Elias Ainsworth, begitu nama pria yang mengaku sebagai magus. Elias kemudian mengeluarkan kemampuan teleportasi dan membawa mereka berdua ke rumah Elias yang terletak di suatu pedesaan di wilayah Inggris.

Suasana tempat tinggal Elias (Sumber: youtube.com)

Suasana tempat tinggal Elias (Sumber: youtube.com)

Mendapat ucapan selamat datang dari para peri dan dikelilingi oleh makhluk aneh, Chise memulai kisahnya sebagai murid magus dan juga calon istri dari Elias. Kemampuan Sleigh Beggy miliknya menimbulkan ketertarikan dari makhluk lain, mulai dari peri yang berniat menculiknya, diajak ke tanah yang dihuni para naga, di mana dia mendapatkan tongkat sihir pertamanya, hingga mendapat siluman anjing yang diberi nama Ruth sebagai peliharaan yang memiliki hubungan mental dengannya.

Keseharian Chise sebagai seorang murid magus tentunya tak lepas dari pengawasan Elias, sang guru. Terlebih kekuatan Sleigh Beggy itu sebenarnya menggerogoti kehidupan Chise secara perlahan. Diramalkan, Chise hanya mampu bertahan paling lama tiga tahun. Namun, Chise tak mengindahkan hal itu dan terus menggunakan kekuatannya untuk menolong makhluk lain, sehingga kematiannya bisa terjadi lebih cepat.

Chise mempelajari ilmu yang diajarkan oleh Elias (Sumber: youtube.com)

Chise mempelajari ilmu yang diajarkan oleh Elias (Sumber: youtube.com)

Anime yang berasal dari manga ini mendapat rating yang sangat tinggi. Dari segi cerita, Mahoutsukai no Yome lebih membahas keseharian Chise yang senang membantu orang di sekitarnya, hingga terkadang merepotkan Elias.

Masa lalu Chise juga dibahas, mulai dari Ayahnya yang pergi meninggalkan keluarganya dengan membawa adiknya. Ibunya yang juga bisa melihat makhluk lain, harus pontang panting menghidupi Chise. Ibunya akhirnya bunuh diri dan meninggalkan Chise sendirian, sehingga dia merasa kurang percaya diri lantaran selalu ditinggal orang-orang di sekitarnya.

Lindel dan para naga (Sumber: youtube.com)

Lindel dan para naga (Sumber: youtube.com)

Masa lalu Elias pun tak luput dibahas, dari pertemuannya dengan Lindel, yang menjadi pengasuhnya di waktu kecil. Sampai kekuatannya yang bisa menyamar menjadi bayangan lantaran dia seorang yang pemalu. Elias ingin memahami sifat manusia, karena dia tidak bisa mengalami yang dirasakan oleh manusia.

Lindel, yang memelihara Elias sejak kecil, adalah seorang master magician yang hidup di tanah tempat hidup para naga. Kekuatannya terletak pada suaranya, yang mampu membangkitkan roh-roh dari alam, terutama pepohonan dan bunga-bunga. Dia tinggal di tanah yang di huni para naga supaya bisa melindungi mereka dari perburuan liar para penyihir jahat yang hanya ingin mengambil keuntungan dari penjualan naga di pelelangan gelap.

Peri Hutan yang dikelilingi penjaga dan penghuni hutan (Sumber: youtube.com)

Peri Hutan yang dikelilingi penjaga dan penghuni hutan (Sumber: youtube.com)

Tak hanya makhluk makhluk mitologi seperti naga dan peri yang mendapat porsinya di anime ini, orang-orang yang memiliki kemampuan tidak biasa seperti sorcerer ataupun witch pun ,bergantian mengisi peran sebagai karakter pendukung tokoh utama, baik menjadi peran protagonis ataupun antagonis.

Seperti film bertema fantasi lainnya, tak lengkap apabila tidak menghadirkan karakter antagonis. Cartaphilus, seorang sorcerer yang sudah berumur ribuan tahun, hadir sebagai musuh bebuyutan Chise dan Elias. Apabila Chise mendapat kekuatan yang menggerogoti tubuhnya hingga dia mati, Cartaphilus justru mendapat kutukan yang membuat tubuhnya tidak bisa mati. Salah satu alasan mengapa dia mengejar-ngejar Chise adalah dia ingin menukar tubuhnya dengan tubuh Chise supaya dia bisa merasakan kematian.

Poster promosi Mahoutsukai no Yome (Sumber: myanimelist.net)

Poster promosi Mahoutsukai no Yome (Sumber: myanimelist.net)

Dari segi visual, anime sejumlah 24-episode ini menyuguhkan penggambaran yang memuaskan mata penontonnya. Salah satu yang menjadi daya tarik anime ini. Seperti pada penggambaran di tanah tempat tinggal Elias, ataupun di wilayah para naga. Pemandangan dari atas awan sewaktu Chise terbang di atas naga pun tergambar dengan begitu memukau. Wajar jika banyak pula yang mengomentari kalau rating tinggi anime ini diperoleh dari detail background yang cukup sempurna.

Penggambaran yang memanjakan mata penonton (Sumber: youtube.com)

Penggambaran yang memanjakan mata penonton (Sumber: youtube.com)

Dari segi lagu tema, banyak yang menyukai lagu pembuka pertama, yang dinyanyikan oleh JUNNA. Sedangkan untuk lagu penutup, Wa-cycle yang dinyanyikan oleh Hana Itoki maupun Tsuki no mou Hanbun yang dinyanyikan Aiki dan Akino dari Bless4 menjadi penutup yang pas di 23 episodenya. Ditambah The Legend of “The Ancient Magus Bride” yang dinyanyikan Jessica sebagai penutup anime pun dianggap cukup memuaskan penonton.

Kritik justru muncul untuk lagu pembuka kedua yang berjudul “You” yang dinyanyikan oleh May’n. Lagu itu dianggap tidak bisa menggantikan lagu pembuka pertama, yang sudah mendapat tempat cukup dalam di hati penggemarnya.

Penulis pribadi berpendapat kalau lagu ini hanya mengeksploitasi suara May’n yang powerful namun kurang memberikan kesan mendalam bagi yang mendengarkan. Apalagi jika dibandingkan dengan lagu-lagu yang dinyanyikan May’n untuk soundtrack anime lainnya, lagu “You” terkesan biasa saja.

Secara keseluruhan, anime “Mahoutsukai no Yome” layak ditonton untuk para penggemar anime yang menginginkan visualisasi memukau namun segi cerita tidak terlalu berat ke fantasi. Untuk yang ingin mendalami sisi keseharian seorang magus pun bisa mencoba menonton film ini.

Kalian juga bisa loh buat komik sendiri di CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Yuk, tantan diri dan eksplor kemampuan kalian. Siapa tau bisa jadi salah satu pemenangnya.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Laporan CES 2018: VR Headset Terbaru Kerjasama Google & Lenovo

Laporan CES 2018: VR Headset Terbaru Kerjasama Google & Lenovo

Di CES 2018 ini, beberapa items yang dipajang memang termasuk ‘stand out’ sehingga menarik perhatian pengunjung. Sal.. more

komik-online-komedi-00-d

Hati-hati! Jangan Sampai Lupa Waktu Ketika Baca 9 Komik Online Kocak Berikut

Lagi ada sedikit waktu luang, tapi bingung mau ngapain? Nikmati saja hiburan singkat nan kocak dari 9 komik online berik.. more

(Sumber gambar: BGR)

Siapa Best Selling Games & Game Consoles di Jepang Tahun 2017 ?

Jepang memang terkenal dengan video gamesnya. Gak meherankan kalau penjualan video games di Jepang sangat tinggi. Teruta.. more

00-d film dengan satu aktor

10 Film Ini Hanya Diperankan Satu Aktor Saja!

Film dengan satu aktor ini sukses memukau meski tanpa dihadiri berbagai karakter pendukung dan antagonis!.. more

Hatsune Miku Menjelma Menjadi Boneka pada Hina Matsuri di Jepang

Hmm, karakter anime dipadukan ke dalam festival tradisional, yes or no?.. more